Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan perwilayahan formal dan fungsional!

Jelaskan perbedaan perwilayahan formal dan fungsional!space 

Iklan

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perwilayahan merupakan kegiatan mengelompokkan permukaan bumi menjadi bagian tertentu berdasarkan suatu kriteria dan tujuan. Perwilayahan dapat menghasilkan wilayah formal dan fungsional. Perbedaan wilayah formal dan fungsional adalah sebagai berikut. Wilayah formal dibedakan melalui ciri khasnya baik dari aspek fisik maupun sosial, sedangkan wilayah fungsional dibedakan dari ciri kegiatannya yang saling berhubungan. Wilayah formal dicirikan berdasarkan homogenitas atau kesamaan tertentu, sedangkan wilayah fungsional biasanya memiliki karakteristik yang heterogen atau beragam. Wilayah formal memiliki batasan-batasan yang jelas karena memiliki ciri yang mudah dibedakan dan cenderung statis, sedangkan batasan wilayah fungsional kurang jelas karena dapat berubah-ubah (dinamis).

Perwilayahan merupakan kegiatan mengelompokkan permukaan bumi menjadi bagian tertentu berdasarkan suatu kriteria dan tujuan. Perwilayahan dapat menghasilkan wilayah formal dan fungsional. Perbedaan wilayah formal dan fungsional adalah sebagai berikut.

  1. Wilayah formal dibedakan melalui ciri khasnya baik dari aspek fisik maupun sosial, sedangkan wilayah fungsional dibedakan dari ciri kegiatannya yang saling berhubungan.
  2. Wilayah formal dicirikan berdasarkan homogenitas atau kesamaan tertentu, sedangkan wilayah fungsional biasanya memiliki karakteristik yang heterogen atau beragam.
  3. Wilayah formal memiliki batasan-batasan yang jelas karena memiliki ciri yang mudah dibedakan dan cenderung statis, sedangkan batasan wilayah fungsional kurang jelas karena dapat berubah-ubah (dinamis).space 

Latihan Bab

Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Pembangunan dan Pertumbuhan Wilayah

Perencanaan Tata Ruang

Permasalahan Tata Ruang Wilayah

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

990

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Wilayah formal lebih mudah diamati dibandingkan dengan wilayah fungsional. SEBAB Wilayah ini dibentuk berdasarkan homogenitas fenomena dalam kriteria tertentu.

123

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia