Roboguru

Jelaskan perbedaan ketiga sifat stratifikasi sosial dan berikan masing-masing contohnya!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan ketiga sifat stratifikasi sosial dan berikan masing-masing contohnya! 

Pembahasan Soal:

Secara umum, stratifikasi sosial dapat diartikan sebagai penggolongan masyarakat terhadap pola-pola yang bertingkat ditandai dengan adanya hierarki vertikal. Ada seseorang yang menduduki lapisan atas, menengah dan bawah. Stratifikasi sosial dibedakan berdasarkan sifatnya, yaitu sebagai berikut : 

  • Stratifikasi sosial tertutup : sistem stratifikasi sosial ini membatasi seseorang berpindah dari lapisan satu ke lapisan yang lain. Seseorang akan masuk ke penggolongan stratifikasi sosial tertutup ini berdasarkan kelahiran. Stratifikasi ini dapat kita jumpai bagi masyarakat yang masih memegang teguh sistem kasta. Contoh ini dapat kita jumpai di sistem kasta India, kasta brahmana (pendeta), ksatria (bangsawan dan raja), waisya (pedagang dan pegawai pemerintah), dan sudra (petani). Kasta ini tidak akan berubah, maka dari itu pola dari sistem stratifikasi sosial ini berputar di tempat saja. 
  • Stratifikasi sosial terbuka : pada sistem stratifikasi sosial terbuka, cenderung dinamis. Yakni, setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk naik ke lapisan sosial yang lebih tinggi ataupun sebaliknya. Misalnya, anak seorang pedagang kaki lima dengan kesungguhannya belajar Ia mampu meraih beasiswa dan berkesempatan kuliah di luar negeri, setelah lulus dia menjadi CEO.
  • Stratifikasi sosial campuran : Stratifikasi sosial ini merupakan perpaduan antara stratifikasi sosial tertutup dan stratifikasi sosial terbuka. Individu harus berpindah dari lapisan sosial tertutup ke lapisan sosial terbuka. Misalnya pada sistem kasta itu, Ia harus keluar dari daerahnya. Ketika di India kasatanya Sudra, untuk lapisan sosial lebih tinggi Ia harus berpindah ke masyarakat yang tidak mengenal sistem kasta.
     

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan penyataan berikut. Stratifikasi seluruhnya Stratifikasi terbuka Stratifikasi tertutup Stratifikasi peran Stratifikasi campuran Stratifikasi sebagian Sifat-sifat stratifikasi atau ...

Pembahasan Soal:

Stratifikasi memiliki sifat-sifat di masyarakat seperti yang dikemukakan oleh seorang sosiolog dari Indonesia, yaitu Soerjono Soekanto. Ia mengatakan bahwa terdapat tiga sifat stratifikasi atau pelapisan di masyarakat. Sifat-sifat tersebut adalah stratifikasi sosial terbuka, stratifikasi sosial tertutup dan stratifikasi sosial campuran. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara stratifikasi sosial terbuka dan stratifikasi sosial tertutup!.

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah sifat  stratifikasi sosial 

Perbedaan antara stratifikasi sosial terbuka dengan tertutup terletak pada mobilitas sosial individunya. Pada stratifikasi sosial terbuka maka individu diizinkan untuk berpindah lapisan sosial sehingga mobilitas sosial berlangsung secara vertikal, tetapi pada stratifikasi sosial tertutup individu tidak diizinkan berpindah lapisan sosial sehingga bersifat horizontal.space space

Roboguru

Fungsi stratifikasi sosial berkaitan dengan sifat stratifikasi yang dianut oleh suatu masyarakat adalah ....

Pembahasan Soal:

Salah satu fungsi stratifikasi adalah memberikan dorongan atau rangsangan kepada warga masyarakat, individu, maupun kelompok untuk berusaha lebih baik lagi sehingga mempercepat tingkat perubahan sosial ke arah yang lebih baik.Dengan adanya pembeda status masyarakat berdasarkan kelas/lapisannya, akan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk melakukan mobilitas sosial ke arah yang lebih baik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jelaskan sifat-sifat stratifikasi sosial!

Pembahasan Soal:

undefinedSifat-sifat stratifikasi sosial ada 3 yaitu :

  1. Stratifikasi sosial terbuka yaitu dimana anggota kelas sosial pada lapisan sosial dapat berpindah tempat atas usaha yang yang dilakukannya.

  2. Stratifikasi sosial tertutup,dimana anggota kelas sosial tidak bisa berpindah lapisan sosial

 3. Stratifikasi sosial campuran  yaiut bentuk pelapisan yang terjadi dalam masyarakat yang memungkinkan terjadi suatu perpindahan atau mobilitas antar kelas pada batas-batas kelas tertentu.undefined

Roboguru

Menurut Soerjono Soekanto, dilihat dari sifatnya pelapisan sosial dibedakan menjadi sistem pelapisan sosial tertutup, sistem pelapisan sosial terbuka, dan sistem pelapisan sosial campuran. SEBAB Pel...

Pembahasan Soal:

Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial menurut Soerjono Soekanto ada 3 jenis yaitu stratifikasi terbuka, tertutup dan campuran.Startifikasi campuran merupakan kombinasi antara stratifikasi tertutup dan terbuka. Misalnya, seorang yang dari Bali berkasta Brahmana mempunyai kedudukanterhormat di Bali, namun apabila ia pindah ke Jakarta menjadi buruh, ia memperolehkedudukan rendah. Maka, ia harus menyesuaikan diri dengan aturan kelompokmasyarakat di Jakarta.Jadi, pelapisan sosial campuran merupakan pengelompokan masyarakat secara vertikal, bukan merupakan diferensiasi secara horizontal.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved