Roboguru

Jelaskan perbedaan kehidupan ekonomi masa prasejarah food gathering dan food producing!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan kehidupan ekonomi masa prasejarah food gathering dan food producing!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Food gathering berbeda dengan kehidupan food producing. Pada zaman, food gathering kehidupan manusia untuk berburu untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Namun, food producing adalah kehidupan manusia untuk mengusahakan setiap sumber kekayaan alam yang ada. Manusia mengolah tumbuhan dan hewan. Kemudian juga pada masa ini manusia mengusahakan alam dengan cara bercocok tanam, membersihkan hutan dan kemudian menanam bibit – bibit tanaman tersebut akan di tanam di daerah yang memiliki tanah yang subur.

Dengan demikian, perbedaan kehidupan ekonomi food gathering dan food producing terletak pada bagaimana cara memperoleh makanan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masa bercocok tanam merupakan tonggak kemajuan bidang kehidupan manusia, hal ini disebabkan ...

Pembahasan Soal:

Masa bercocok tanam merupakan tonggak kemajuan bidang kehidupan manusia, hal ini disebabkan adanya peningkatan taraf kehidupan dan peningkatan kemampuan hidup (life skill) dari manusia pra aksara yang menjadi pendukung kebudayaan tersebut. Peningkatan kemampuan ini berdampak pada terjadinya perubahan yang cepat dan mendasar dalam kehidupan Manusia pra aksara pada masa itu. Terjadi perubahan dalam bidang pemenuhan kebutuhan hidup yang sebelumnya dilakukan dengan cara berburu (Food Gathering) menjadi bertani dan berternak baik tingkat awal maupun lanjut atau yang dikenal dengan sebutan Food Producing. Kegiatan Food Producing ini juga mengubah kebiasaan masyarakat yang sebelumnya berpindah-pindah untuk mencari sumber pangan atau yang biasa disebut dengan nomaden ke tahap menetap pada suatu daerah atau yang dikenal dengan sebutan sedenter.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar adalah C.   

0

Roboguru

Buatlah matrik perkembangan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat praaksara? (masa berburu, masa peralihan, masa bercocok tanam, dan masa perundagian: sistem sosial, peralatan hidup, sistem mata pen...

Pembahasan Soal:

Sebelum menjalani kehidupan modern, manusia telah menjalani masa praaksara terlebih dulu. Masa tersebut dimulai sejak manusia purba ada di permukaan Bumi. Masa praaksara dijalankan dengan alat-alat primitif dan sederhana. 

Matrik perkembangan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat praaksara.

Dengan demikian, kehidupan sosial dan ekonomi manusia purba selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, yang dimulai dari masa berburu dan meramu tingkat awal sampai masa perundagian.

0

Roboguru

Manusia yang sudah mulai hidup menetap terdapat pada masa ....

Pembahasan Soal:

Perkembangan kehidupan manusia pada masa pra aksara dimulai dari hidup berpindah-pindah atau nomaden. Kehidupan manusia yang berpindah-pindah disebabkan ketersediaan makanan di alam (food gathering). Kehidupan manusia yang berpindah-pindah terjadi pada masa paleolithikum hingga pertengahan masa mesolithikum. Menjelang berakhirnya masa mesolithikum dan awal masa neolithikum, kehidupan manusia sudah mulai menetap dengan tinggal di gua dan membangun pemukiman yang masuh sederhana bersama komunitasnya. Pada masa neolithikum, manusia juga sudah mulai memproduksi makanannya sendiri (food producing)/tidak bergantung pada alam. Hal tersebut ditandai dengan dikembangkannya sistem bercocok tanam dan beternak.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Salah satu masa dalam periodisasi berdasarkan corak kehidupan adalah masa bercocok tanam. Masa ini menandai kemajuan kehidupan manusia karena ....

Pembahasan Soal:

Pada masa  bercocok tanam kehidupan awal manusia sudah tidak tergantung dari alam. Pada masa ini kehidupan manusia berkembang, pada masa sebelumnya manusia memperoleh makanan dengan cara mengumpulkan makanan (food gathering). Pada masa bercocok tanam, manusia mulai mengolah makanannya dengan cara bercocok tanam (food producing). Karena manusia sudah beralih pada tingkat kehidupan bercocok tanam, maka pola hidupnya tidak lagi nomaden atau berpindah-pindah. Manusia sudah mulai menetap di suatu tempat, yang dekat dengan alam yang diolahnya. Binatang buruan pun sudah ada yang mulai dipelihara. Dengan demikian, bercocok tanam dan beternak sudah berkembang pada masa ini. Alam yang dipakai untuk bercocok tanam adalah hutan-hutan yang ditebang, dibersihkan, kemudian ditanami dengan tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, atau pepohonan lainnya yang dibutuhkan oleh manusia atau masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Perhatikan cara kehidupan manusia praaksara berikut ini: kehidupan manusianya sudah menetap dapat bercocok tanam-tanaman padi membuat rumah sebagai tempat tinggal memelihara hewan untuk diternak...

Pembahasan Soal:

Setelah masa peralihan atau mesolitikum perubahan-perubahan besar terjadi pada manusia saat itu, karena manusia mulai hidup berkelompok kemudian menetap dan tinggal bersama dalam kampung. Berarti pembentukan suatu masyarakat yang memerlukan segala peraturan kerja sama. Pembagian kerja memungkinkan perkembangan berbagai macam dan cara penghidupan di dalam ikatan kerjasama itu. Masa ini disebut dengan masa Neolitikum.

Dengan demikian dapat dikatakan cara kehidupan manusia berdasarkan data ialah menunjukan kehidupan manusia praaksara pada masa Neolitikum. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved