Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan kedua persamaan termokimia berikut! Zn ( s ) + 3 O 2 ​ ( g ) → 2 ZnO ( s ) + 2 SO 2 ​ ( g ) △ H = − 879 kJ P 4 ​ O 10 ​ ( s ) → P 4 ​ ( s ) + 5 O 2 ​ ( g ) △ H = + 2.970 kJ

Jelaskan perbedaan kedua persamaan termokimia berikut!

  1. space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan kedua reaksi tersebut adalahbahwa reaksi A merupakan reaksi eksoterm dan reaksi B reaksi endoterm.

perbedaan kedua reaksi tersebut adalah bahwa reaksi A merupakan reaksi eksoterm dan reaksi B reaksi endoterm.space

Iklan

Pembahasan

Reaksi Endoterm merupakan suatu reaksi kimia yang memerlukan tambahan energi dari lingkungan sekitar agar bisa berlangsung sehingga akan terjadi aliran energi dari lingkungan ke sistem, dimana energi yang diserap berupa kalor. Pada reaksi endoterm akan ditandai dengan nilai selisih entalpi dari produk dan pereaksi yang bernilai positif (+). Reaksi Eksoterm merupakan kebalikan dari reaksi endoterm, yaitu suatu reaksi kimia yang melepaskan energi ke lingkungan sekitar sebagai hasil samping dari reaksi yang berlangsung sehingga akan terjadi aliran energi dari sistem ke lingkungan, dimana energi yang dilepas berupa kalor. Pada reaksi eksoterm akan ditandai dengan nilai selisih entalpi dari produk dan pereaksi yang bernilai negatif (-). Berdasarkan uraian di atas maka : (reaksi eksoterm) (reaksi endoterm) Jadi, perbedaan kedua reaksi tersebut adalahbahwa reaksi A merupakan reaksi eksoterm dan reaksi B reaksi endoterm.

Reaksi Endoterm merupakan suatu reaksi kimia yang memerlukan tambahan energi dari lingkungan sekitar agar bisa berlangsung sehingga akan terjadi aliran energi dari lingkungan ke sistem, dimana energi yang diserap berupa kalor. Pada reaksi endoterm akan ditandai dengan nilai selisih entalpi open parentheses ΔH close parentheses dari produk dan pereaksi yang bernilai positif (+).

Reaksi Eksoterm merupakan kebalikan dari reaksi endoterm, yaitu suatu reaksi kimia yang melepaskan energi ke lingkungan sekitar sebagai hasil samping dari reaksi yang berlangsung sehingga akan terjadi aliran energi dari sistem ke lingkungan, dimana energi yang dilepas berupa kalor. Pada reaksi eksoterm akan ditandai dengan nilai selisih entalpi open parentheses ΔH close parentheses dari produk dan pereaksi yang bernilai negatif (-).

Berdasarkan uraian di atas maka :

  1. Zn open parentheses italic s close parentheses and 3 O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields 2 Zn O open parentheses italic s close parentheses and 2 S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses space space space increment H equals minus sign 879 space kJ (reaksi eksoterm)
  2. P subscript 4 O subscript 10 open parentheses italic s close parentheses yields P subscript 4 open parentheses italic s close parentheses and 5 O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses space space space increment H equals plus 2.970 space kJ (reaksi endoterm)

Jadi, perbedaan kedua reaksi tersebut adalah bahwa reaksi A merupakan reaksi eksoterm dan reaksi B reaksi endoterm.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan reaksi berikut endoterm atau eksoterm, berikan juga penjelasan jawabmu. CO 2 ​ + H 2 ​ O → CH 3 ​ OH + 2 3 ​ O 2 ​ ΔH = + 160 kkal CH 4 ​ + 2 O 2 ​ → CO 2 ​ + 2 H 2 ​ O ΔH = − 900 kkal

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia