Roboguru

Jelaskan perbedaan ekspor dan impor!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan ekspor dan impor! undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ekspor merupakan perpindahan suatu barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Impor merupakan suatu kegiatan masuknya barang dari luar negeri ke dalam negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. 

Perbedaan antara ekspor dan impor diantaranya adalah:

  • Pelaku ekspor: pelaku ekspor disebut juga dengan eksportir. Pelaku ekspor bisa dilakukan oleh siapa saja yang mampu memperdagangkan barang ke luar negeri. Pelaku ekspor bisa dari kalangan individu, perusahaan, maupun industri kecil di dalam negeri.
  • Pelaku impor: pelaku impor disebut juga dengan importir. Biasanya mereka yang memiliki kewenangan melakukan impor yang tujuannya adalah demi memenuhi kebutuhan di dalam negeri. 
  • Pengiriman barang: sebagai contoh perusahaan Indonesia mengirim karet ke Singapura. Hal ini karet merupakan barang ekspor bagi Indonesia, sedangkan karet tersebut disebut barang impor oleh Singapura.
  • Pemeriksaan barang: barang yang akan diekspor maupun diimpor harus melewati tahap pemeriksaan fisik terhadap barang tersebut maupun dokumen barang tersebut. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved