Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan ekspor dan impor!

Jelaskan perbedaan ekspor dan impor! undefined 

Iklan

D. Priaji

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ekspor merupakan perpindahan suatu barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Impor merupakan suatu kegiatan masuknya barang dari luar negeri ke dalam negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Perbedaan antara ekspor dan impor diantaranya adalah: Pelaku ekspor: pelaku ekspor disebut juga dengan eksportir. Pelaku ekspor bisa dilakukan oleh siapa saja yang mampu memperdagangkan barang ke luar negeri. Pelaku ekspor bisa dari kalangan individu, perusahaan, maupun industri kecil di dalam negeri. Pelaku impor: pelaku impor disebut juga dengan importir. Biasanya mereka yang memiliki kewenangan melakukan impor yang tujuannya adalah demi memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Pengiriman barang: sebagai contoh perusahaan Indonesia mengirim karet ke Singapura. Hal ini karet merupakan barang ekspor bagi Indonesia, sedangkan karet tersebut disebut barang impor oleh Singapura.

Ekspor merupakan perpindahan suatu barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Impor merupakan suatu kegiatan masuknya barang dari luar negeri ke dalam negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. 

Perbedaan antara ekspor dan impor diantaranya adalah:

  • Pelaku ekspor: pelaku ekspor disebut juga dengan eksportir. Pelaku ekspor bisa dilakukan oleh siapa saja yang mampu memperdagangkan barang ke luar negeri. Pelaku ekspor bisa dari kalangan individu, perusahaan, maupun industri kecil di dalam negeri.
  • Pelaku impor: pelaku impor disebut juga dengan importir. Biasanya mereka yang memiliki kewenangan melakukan impor yang tujuannya adalah demi memenuhi kebutuhan di dalam negeri. 
  • Pengiriman barang: sebagai contoh perusahaan Indonesia mengirim karet ke Singapura. Hal ini karet merupakan barang ekspor bagi Indonesia, sedangkan karet tersebut disebut barang impor oleh Singapura. undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

nazwa ramadhani

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Nong Legor

Pembahasan lengkap banget Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa Yang dimaksud dengan Importir dan Exportir, Jelaskan !

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia