Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan ekosistem air tawar lotik dan lentik!

Jelaskan perbedaan ekosistem air tawar lotik dan lentik! 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Iklan

P. Data

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ekosistem air tawar umumnya dibagi menjadi dua kelompok yaitu lentik dan lotik . 1. Lentik merupakan habitat air yang tidak terdapat arus air yang mengalir terus, contohnya adalah danau. Danau memiliki ciri khas air yang tenang sehingga kondisi biotik dan abiotiknya relatif stabil. Daerah yang dapat ditembus cahaya matahari memungkinkan terjadinya fotosintesis disebut daerah fotik. Adapun daerah yang tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari disebut daerah afotik. Pada umumnya, danau memiliki tiga zona, yaitu zona litoral, zona limnetik, dan zona profundal berdasarkan intensitas cahaya yang masuk ke dalamnya. Zona litoral merupakan daerah dangkal berdekatan dengan tepi danau dan dapat ditembus cahaya dengan optimal Zona limnetik merupakan daerah yang jauh dari tepi danau, namun masih dapat ditembus cahaya. Zona profundal merupakan daerah yang tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari (afotik). 2. Lotik adalah habitat air yang mengalir, contohnya adalah sungai. Sungai merupakan air yang mengalir searah dari hulu menuju hilir. Aliran air yang konstan, mengikis tanah dan membentuk habitat unik yang menjadi penunjang kehidupan beberapa organisme. Selan itu, aliran sungai memengaruhi penumpukan sedimen, suplai oksigen, dan nutrisi. Terdapat beberapa faktor yang membedakan ekosistem air lotik dan ekosistem air lentik, yaitu: Adanya arus (baik arus kuat atau lemah) Pertukaran antara permukaan dan dasar air lebih intensif Kadar oksigen yang lebih tinggi Keadaan suhu dan kandungan zat dalam perairan lebih merata

Ekosistem air tawar umumnya dibagi menjadi dua kelompok yaitu lentik dan lotik.

1. Lentik merupakan habitat air yang tidak terdapat arus air yang mengalir terus, contohnya adalah danau. Danau memiliki ciri khas air yang tenang sehingga kondisi biotik dan abiotiknya relatif stabil. Daerah yang dapat ditembus cahaya matahari memungkinkan terjadinya fotosintesis disebut daerah fotik. Adapun daerah yang tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari disebut daerah afotik. Pada umumnya, danau memiliki tiga zona, yaitu zona litoral, zona limnetik, dan zona profundal berdasarkan intensitas cahaya yang masuk ke dalamnya.

  • Zona litoral merupakan daerah dangkal berdekatan dengan tepi danau dan dapat ditembus cahaya dengan optimal
  • Zona limnetik merupakan daerah yang jauh dari tepi danau, namun masih dapat ditembus cahaya.
  • Zona profundal merupakan daerah yang tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari (afotik).

2. Lotik adalah habitat air yang mengalir, contohnya adalah sungai. Sungai merupakan air yang mengalir searah dari hulu menuju hilir. Aliran air yang konstan, mengikis tanah dan membentuk habitat unik yang menjadi penunjang kehidupan beberapa organisme. Selan itu, aliran sungai memengaruhi penumpukan sedimen, suplai oksigen, dan nutrisi.

Terdapat beberapa faktor yang membedakan ekosistem air lotik dan ekosistem air lentik, yaitu:

  • Adanya arus (baik arus kuat atau lemah)
  • Pertukaran antara permukaan dan dasar air lebih intensif
  • Kadar oksigen yang lebih tinggi
  • Keadaan suhu dan kandungan zat dalam perairan lebih merata

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

22

Syandana A.

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan komponen ekosistem berikut. Padi Wereng Tanah Jamur atau bakteri Batu Tuliskan tiga interaksi yang dapat terjadi pada komponen-komponen ekosistem tersebut!

13

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia