Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan dari kelompok primer dan kelompok sekunder!

Jelaskan perbedaan dari kelompok primer dan kelompok sekunder!space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Soal menanyakan mengenai perbedaan kelompok sosial terstruktur menurut Charles H. Cooley , yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder. Kelompok primer merupakan kelompok sosial terkecil dan paling sederhana dengan hubungan antaranggota saling mengenal dan memiliki kerja sama yang erat. Hubungan antaranggota kelompok terjalin erat, intim, dan penuh kasih sayang. Contoh dari kelompok primer adalah keluarga. Kelompok sekunder merupakan kelompok sosial yang terdiri atas banyak individu, sifat hubungan antaranggota tidak saling mengenal secara pribadi, dan kelangsungan kelompok cenderung tidak langgeng. Kelompok sekunder terbentuk karena adanya tujuan dan kepentingan tertentu. Contoh kelompok sekunder antara lain para pedagang di pasar, perhimpunan serikat pekerja, koperasi, dan partai politik. Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan perbedaan dari kelompok primer dan sekunder, antara lain: Sifat hubungan kelompok primer adalah informal, akrab, serta personal. Sementara sifat hubungan kelompok sekunder adalah formal, kurang akrab, dan impersonal. Orientasi kelompok primer adalah hubungan sosial yang bersifat langgeng . Sebaliknya, orientasi kelompok sekunder berdasarkan asas manfaat dan bersifat tidak langgeng. Tujuan hubungan kelompok primer adalah manusiawi (intim, keakraban, memiliki rasa simpatik, dan kebersamaan) , sedangkan pada kelompok sekunder adalah efisiensi (ada perhitungan untung dan rugi). Jumlah individu pada kelompok primer kecil dan sedikit, sedangkan pada kelompok sekunder besar serta banyak.

Soal menanyakan mengenai perbedaan kelompok sosial terstruktur menurut Charles H. Cooley, yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.

Kelompok primer merupakan kelompok sosial terkecil dan paling sederhana dengan hubungan antaranggota saling mengenal dan memiliki kerja sama yang erat. Hubungan antaranggota kelompok terjalin erat, intim, dan penuh kasih sayang. Contoh dari kelompok primer adalah keluarga.

Kelompok sekunder merupakan kelompok sosial yang terdiri atas banyak individu, sifat hubungan antaranggota tidak saling mengenal secara pribadi, dan kelangsungan kelompok cenderung tidak langgeng. Kelompok sekunder terbentuk karena adanya tujuan dan kepentingan tertentu. Contoh kelompok sekunder antara lain para pedagang di pasar, perhimpunan serikat pekerja, koperasi, dan partai politik.

Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan perbedaan dari kelompok primer dan sekunder, antara lain:

  1. Sifat hubungan kelompok primer adalah informal, akrab, serta personal. Sementara sifat hubungan kelompok sekunder adalah formal, kurang akrab, dan impersonal.
  2. Orientasi kelompok primer adalah hubungan sosial yang bersifat langgeng. Sebaliknya, orientasi kelompok sekunder berdasarkan asas manfaat dan bersifat tidak langgeng.
  3. Tujuan hubungan kelompok primer adalah manusiawi (intim, keakraban, memiliki rasa simpatik, dan kebersamaan), sedangkan pada kelompok sekunder adalah efisiensi (ada perhitungan untung dan rugi).
  4. Jumlah individu pada kelompok primer kecil dan sedikit, sedangkan pada kelompok sekunder besar serta banyak.space 

Latihan Bab

Dasar-dasar Pembentukan Kelompok

Ciri-ciri Kelompok Sosial

Bentuk Kelompok Terstruktur

Bentuk Kelompok Tidak Terstruktur

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pengklasifikasian kelompok sosial yang didasarkan pada tingkat atau intensitas interaksi yang terjadi adalah . ...

992

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia