Roboguru

Jelaskan perbedaan antara teori cardinal utility dan teori ordinal utility !

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara teori cardinal utility dan teori ordinal utility !space 

Pembahasan Soal:

Teori perilaku konsumen pada dasarnya menjelaskan bagaimana konsumen mendayagunakan sumber daya yang ada (uang) dalam rangka memuaskan keinginan atau kebutuhan dari satu atau beberapa produk. Terdapat dua teori perilaku konsumen yaitu teori cardinal utility dan ordinal utility.

 

  1. Teori Cardinal Utility menganggap bahwa kepuasan seseorang dapat diukur secara kuantitatif. Ada pun satuan ukur kepuasannya adalah util yang diambil dari kata utility. Kepuasan konsumen menurut teori ini bersifat cardinal.
  2. Teori Ordinal Utility adalah teori yang menganggap kepuasan konsumen tidak dapat diukur secara kuantitatif, melainkan hanya dapat diperbandingkan, artinya bahwa hanya dapat diperbadingkan mana yang lebih tinggi dan mana yang lebih rendah tingkat kepuasannya. Konsumen cukup membandingkan urutan barang dan jasa mana yang lebih tinggi kepuasannya dan mana yang lebih rendah tanpa menyebutkan berapa kepuasan tersebut.
     

Perbedaan lainnya dengan teori kardinal adalah jika dalam teori nilai guna kardinal kepuasan bernilai subjektif sedangkan dalam teori nilai guna ordinal tingkat kepuasan diurutkan dalam tingkatan tertentu misalnya rendah, sedang dan tinggi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved