Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara tatanama trivial dan tatanama sistematik.

Jelaskan perbedaan antara tatanama trivial dan tatanama sistematik.  space 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perbedaan antara tatanama trivial dan tatanama sistematik yaitu, tata nama trivialdigunakan untuk memudahkan penyebutan nama senyawa, sering juga disebut sebagai nama dagang, umumnya lebih pendek dibanding nama sistematik sehingga lebih mudah diingat. Sementara nama sistematikmerupakan nama yang diberikan oleh IUPACdan lebih bersifat akademik. Dalam penamaansenyawa kimia pada umumnya terdapat dua macam tatanama/sistem penamaanyaitu tatanama trivial dan tatanama sistematik (IUPAC). Nama trivial /nama umum merupakan nama yang dikenal dari suatu zat sebelum dilakukan standarisasi oleh IUPAC atau nama yang diberikan untuk memudahkan penyebutan dan sering juga dikenal sebagai nama dagang . Sementara nama sistematik merupakan nama yang diberikan oleh IUPAC ( International Union Pure and Applied Chemistry ), yaitu ahli kimiawan dunia,dan mengacu pada gugus fungsional yang diakui . Nama sistematik lebih bersifat akademik dan dibuat untuk memudahkan orang mengenal rumus bangun dari suatu zat yang dimaksudkan. Umumnya nama sistematik lebih panjang dibandingkan nama trivial sehingga nama trivial lebih mudah diingat. Contoh pada senyawa CH 3 ​ COOH , nama trivialnya adalah cuka/asam asetat sementara nama sistematiknya adalah asam etanoat.

Perbedaan antara tatanama trivial dan tatanama sistematik yaitu, tata nama trivial digunakan untuk memudahkan penyebutan nama senyawa, sering juga disebut sebagai nama dagang, umumnya lebih pendek dibanding nama sistematik sehingga lebih mudah diingat. Sementara nama sistematik merupakan nama yang diberikan oleh IUPAC dan lebih bersifat akademik.

Dalam penamaan senyawa kimia pada umumnya terdapat dua macam tatanama/sistem penamaan yaitu tatanama trivial dan tatanama sistematik (IUPAC). Nama trivial/nama umum merupakan nama yang dikenal dari suatu zat sebelum dilakukan standarisasi oleh IUPAC atau nama yang diberikan untuk memudahkan penyebutan dan sering juga dikenal sebagai nama dagang. Sementara nama sistematik merupakan nama yang diberikan oleh IUPAC (International Union Pure and Applied Chemistry), yaitu ahli kimiawan dunia, dan mengacu pada gugus fungsional yang diakui. Nama sistematik lebih bersifat akademik dan dibuat untuk memudahkan orang mengenal rumus bangun dari suatu zat yang dimaksudkan. Umumnya nama sistematik lebih panjang dibandingkan nama trivial sehingga nama trivial lebih mudah diingat. Contoh pada senyawa , nama trivialnya adalah cuka/asam asetat sementara nama sistematiknya adalah asam etanoat.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

65

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Golongankanlah senyawa berikut berdasarkan jenisnya dengan cara menuliskan namanya pada kolom di sebelah kanan dalam tabel di bawah ini.

23

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia