Roboguru

Jelaskan perbedaan antara penanggulangan pencemaran secara administratif dengan secara edukatif. Buatlah salah satu contoh tindakan edukatif tersebut.

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara penanggulangan pencemaran secara administratif dengan secara edukatif. Buatlah salah satu contoh tindakan edukatif tersebut.space space

Pembahasan Soal:

Pencemaran merupakan masuknya bahan pencemar (polutan) ke dalam lingkungan sehingga mengganggu keseimbangan lingkungan. Pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip dasar yaitu penanggulangan secara administratif, penanggulangan secara teknologis, dan penanggulangan secara edukatif. Perbedaan penanggulangan secara administratif dan edukatif adalah :

  1. Penanggulangan secara administratif dilakukan dengan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sebelum membangun pabrik atau proyek lain. Jika dampak negatif lebih besar daripada dampak positifnya, maka pemerintah tidak mengeluarkan izin untuk melanjutkan proyek.
  2. Penanggulangan secara edukatif dilakukan atas dasar kesadaran masing-masing individu. Setiap individu hendaknya tidak mencemari lingkungan, misalnya tidak membuang limbah rumah tangga ke sembarang tempat.

Contoh tindakan edukatif terhadap penanggulangan pencemaran yaitu tidak membuang limbah rumah tangga sembarangan dan memasukkan bungkus permen terlebih dahulu ke dalam tas atau saku sebelum menemukan tempat sampah.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimanakah cara Anda berpartisipasi mencegah timbulnya lubang pada lapisan ozon di stratosfer?

Pembahasan Soal:

Lubang pada lapisan ozon timbul akibat adanya emisi Bahan Perusak Ozon (BPO) yang tinggi sehingga ozon yang merupakan senyawa tidak stabil akan pecah dan berikatan denga senyawa BPO. Partisipasi yang dapat dilakukan untuk mencegah itu terjadi adalah mengurangi penggunaan alat yang mengeluarkan BPO seperti freon, halon, karbon tetraklorida, metil cloroform, dan lainnya.undefined 

0

Roboguru

Limbah padat merupakan salah satu hasil kegiatan manusia sehari-hari. Salah satu cara mengurangi limbah padat adalah replacement.  Jelaskan arti dari replacement dan berikan 1 contoh!

Pembahasan Soal:

Replacement adalah kegiatan mengurangi limbah padat dengan cara mengganti sesuatu yang lebih hemat atau aman untuk digunakan. Contohnya, menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan untuk mengganti plastik dan sterofoamspace 

0

Roboguru

Pencemaran air sungai dan danau sangatlah merugikan karena dapat memusnahkan sumber daya alam biotik yang ada di dalamnya. Salah satu sumber pencemaran air berasal dari limbah rumah tangga, seperti pl...

Pembahasan Soal:

Daur ulang adalah proses penggunaan kembali material menjadi produk yang berbeda. Daur ulang limbah rumah tangga berguna untuk mengurangi jumlah limbah rumah tangga yang dapat mencemari lingkungan. Material seperti plastik, karet dan kaleng merupakan material yang sulit terurai di alam. Untuk itu, perlunya mendaur ulang limbah tersebut dan tidak mengubur, membakar atau membuangnya ke laut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Limbah cair yang tidak dapat digunakan untuk menyiram tanaman adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Air bekas mencuci baju mengandung deterjen yang merupakan polutan bagi air dan juga tanah. Air yang mengandung polutan tidak baik bagi pertumbuhan tanaman. Apabila air bekas mencuci baju disiram ke tanaman maka tanaman tersebut akan mati.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Prinsip kerja instalasi pengolahan limbah cair domestik (IPLCD) secara berurutan adalah . . . .

Pembahasan Soal:

IPLCD ( Instalasi Pengoalahan Limbah Cair Domestik) adalah pengolahan limbah yang biasanya di kantor, restoran, rumah sakit, juga hotel. 
Tiga proses utama dalam pengolahan limbah ini, yaitu, fisik, kimiawi dan biologis. Urutannya berupa penyaringan benda kasar pada limbah cair, lalu pengendapan pasir dan partikel lainnya, kemudian pengolahan berupa proses biologis dengan membunuh kuman penyakit, dan yang terakhir adalah pengolahan lumpur mengurangi kadar air pada lumpur.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved