Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara negara maju dan negara berkembang !

Jelaskan perbedaan antara negara maju dan negara berkembang !

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Negara berkembang adalahnegarayang memiliki taraf kehidupan dan kesejahteraan tinggi. Sedangkan negara maju merupakannegarayang memiliki taraf kehidupan dan kesejahteraan rendah. Selain itu, perbedaan antara negara maju dan berkembang dapat dilihat berdasarkan beberapa aspek berikut ini: Pada negara maju, sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa dengan orientasi kegiatan ekspor. Sedangkan negara berkembang cenderung bergerak pada sektor pertanian maupun industri yang berlatar belakang agraris. Laju pertumbuhan ekonomi pada negara maju lebih pesat dibandingkan negara berkembang. Hal tersebut disebabkan oleh faktor industrialisasi pada negara maju sudah besar. Sedangkan negara berkembang sedang berusaha mengaplikasikan teknologi pada pengembangan ekonomi, sehingga laju pertumbuhan ekonominya lambat. Penduduk di negara maju memiliki tingkat pendapatan perkapita rata-rata yang tinggi. Sedangkan pada negara berkembang, penduduk memiliki pendapatan yang tergolong rendah dan belum merata. Negara maju cenderung memiliki laju pertumbuhan penduduk yang rendah. Sedangkan laju pertumbuhan penduduk di negara berkembang cenderung tinggi.Hal tersebut berpengaruh terhadap angka beban ketergantungan usia produktif pada negara berkembang yang juga tinggi. Kualitas sumber daya manusia (SDM) di negara maju lebih berkualitas dari segi pendidikan, kesehatan, maupun kesejahteraan. Sedangkan pada negara berkembang, kualitas pendidikan masih rendah dan belum merata dan kondisi kesehatan masyarakat rendah, sehingga mempengaruhi kualitas SDM yang rendah dan berdampak pada rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai ukuran capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidupmenjadi isuutama pada negara berkembang yang mana masih rendah dibandingkan dengan negara maju. Berdasarkan penjelasan di atas, maka perbedaan mendasar dari kedua negara tersebutadalah kemampuan dalam memenuhi kebutuhan yang mana negara maju lebih mandiri dengan kondisi sosial-ekonomi yang sudah stabil melalui pengaplikasian teknologi.Sedangkan negara berkembang sedang berada pada fase menuju negara maju.

Negara berkembang adalah negara yang memiliki taraf kehidupan dan kesejahteraan tinggi. Sedangkan negara maju merupakan negara yang memiliki taraf kehidupan dan kesejahteraan rendah.  Selain itu, perbedaan antara negara maju dan berkembang dapat dilihat berdasarkan beberapa aspek berikut ini:

  1. Pada negara maju, sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa dengan orientasi kegiatan ekspor. Sedangkan negara berkembang cenderung bergerak pada sektor pertanian maupun industri yang berlatar belakang agraris.
  2. Laju pertumbuhan ekonomi pada negara maju lebih pesat dibandingkan negara berkembang. Hal tersebut disebabkan oleh faktor industrialisasi pada negara maju sudah besar. Sedangkan negara berkembang sedang berusaha mengaplikasikan teknologi pada pengembangan ekonomi, sehingga laju pertumbuhan ekonominya lambat.
  3. Penduduk di negara maju memiliki tingkat pendapatan perkapita rata-rata yang tinggi. Sedangkan pada negara berkembang, penduduk memiliki pendapatan yang tergolong rendah dan belum merata.
  4. Negara maju cenderung memiliki laju pertumbuhan penduduk yang rendah. Sedangkan laju pertumbuhan penduduk di negara berkembang cenderung tinggi. Hal tersebut berpengaruh terhadap angka beban ketergantungan usia produktif pada negara berkembang yang juga tinggi.
  5. Kualitas sumber daya manusia (SDM) di negara maju lebih berkualitas dari segi pendidikan, kesehatan, maupun kesejahteraan. Sedangkan pada negara berkembang, kualitas pendidikan masih rendah dan belum merata dan kondisi kesehatan masyarakat rendah, sehingga mempengaruhi kualitas SDM yang rendah dan berdampak pada rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat.
  6. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai ukuran capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup menjadi isu utama pada negara berkembang yang mana masih rendah dibandingkan dengan negara maju.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka perbedaan mendasar dari kedua negara tersebut adalah kemampuan dalam memenuhi kebutuhan yang mana negara maju lebih mandiri dengan kondisi sosial-ekonomi yang sudah stabil melalui pengaplikasian teknologi. Sedangkan negara berkembang sedang berada pada fase menuju negara maju.

4rb+

5.0 (4 rating)

Azza Ahtarisa Putri

Pembahasan tidak menjawab soal Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan karakteristik negara maju dan berkembang !

757

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia