Roboguru

Jelaskan peranan mikroorganisme dalam proses pemisahan logam dari bijihnya!

Pertanyaan

Jelaskan peranan mikroorganisme dalam proses pemisahan logam dari bijihnya! undefined

  1. undefined

  2. undefined

Pembahasan Soal:

Biometalurgi adalah pemanfaatan mikroorganisme untuk proses pemisahan logam dari bijihnya. Teknik pemisahan logam seperti tembaga, emas dan uranium dari bijinya dengan menggunakan jasa bakteri. Bakteri yang dapat memisahkan logam dari bijinya ialah Thiobacillus ferooxidans, bakteri ini termasuk jenis bakteri kemolitotrop atau bakteri pemakan batuan. Bakteri khemolitotrop tumbuh subur pada lingkungan yang miskin senyawa organik, karena mampu mengekstrak karbon langsung dari CO2 di atmosfer.

Kehadiran bakteri secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan proses pencucian (leaching). Thiobacillus ferrooxidans akan mengoksidasi senyawa besi belerang (besi sulfida) di sekelilingya. Proses ini membebaskan sejumlah energi yang akan digunakan untuk membentuk senyawa yang diperlukan dan menghasilkan senyawa asam sulfat dan besi sulfat. Kedua senyawa ini akan menghancukan bebatuan di sekitar tembaga sehingga dapat lepas dari bijinya.

Thiobacillus ferrooxidans akan mengubah tembaga sulfida yang tidak larut dalam air menjadi tembaga sulfat yang larut dalam air. Ketika air mengalir melalui batuan, senyawa tembaga sulfat akan ikut terbawa. Thiobacillus dapat membantu produsen logam menghemat energi, mengurangi polusi dan menekan biaya produksi.

Dengan demikian, peranan mikroorganisme dalam proses pertambangan adalah untuk menghancurkan batuan yang menempel pada bijih logam.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved