Roboguru

Jelaskan peranan Biologi dalam kehidupan manusia!

Pertanyaan

Jelaskan peranan Biologi dalam kehidupan manusia!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Biologi sebagai cabang ilmu yang mempelajari sistem-sistem kehidupan tentu memiliki peran penting dalam kehidupan manusia itu sendiri. Secara langsung, ilmu biologi dapat diaplikasikan di bidang kesehatan manusia itu sendiri (ilmu kedokteran). Selain untuk melakukan pengobatan, ilmu biologi dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit di masyarakat dengan ilmu gizi, parasitologi, epidemiologi, dan bioteknologi pangan. Ilmu biologi secara tidak langsung dimanfaatkan dalam bioteknologi modern, ilmu lingkungan dan konservasi, dan berbagai macam bidang industri.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penambahan jumlah penduduk yang sangat cepat akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia, terutama pemenuhan kebutuhan sandang,pangan dan papan yang meningkat untuk menyelesaikan masalah tersebut, And...

Pembahasan Soal:

Dalam masalah tersebut, solusi yang tepat dengan memanfaatkan ilmu biologi, yaitu misalnya untuk kebutuhan pangan/makanan dapat digunakan prinsip biologi, yaitu pupuk untuk menambah hasil pertanian sehingga cukup dan pembuatan bahan pangan dengan proses bioteknologi. Sedangkan untuk kebutuhan sandang dan papan dapat ditingkatkan melalui barang yang diambil melalui peternakan ulat bulu yang menggunakan ilmu biologi untuk menambah peranakan ulat itu sendiri, dan papan dapat ditingkatkan melalui ilmu biologi yang mencakup tentang pembangunan. 

Roboguru

Jelaskan manfaat dari mempelajari ilmu biologi!

Pembahasan Soal:

Biologi merupakan ilmu yang sangat bermanfaat pada berbagai bidang kehidupan. Manfaat mempelajari biologi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mengajarkan konsep tentang kehidupan dasar. Biologi mengajarkan kita bagaimana cara bercocok tanam dan tanaman apa yang baik untuk memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu, biologi juga mengajarkan kita bagaimana cara berternak yang baik. Lebih jauh lagi, biologi juga memberi pengetahuan kepada kita mengenai nilai gizi suatu bahan makanan. 
  • Dapat memberikan solusi pada berbagai permasalahan. Misalnya, penemuan bibit ungul pada bidang pertanian yang dapat menghasilkan lebih banyak sumber pangan untuk menopang kehidupan. Contoh lainnya adalah penemuan obat-obatan, vaksin, dan antibiotik pada bidang kedokteran untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
  • Menjawab permasalahan fundamental seperti bagaimana dan dimana kehidupan pertama kali lahir? Darimana manusia muncul? dan lain sebagainya.
  • Sarana investigasi ilmiah biologi membuka jalan bagi manusia untuk melakukan penyelidikan ilmiah yang sangat bermanfaat dalam penemuan-penemuan baru.
Roboguru

Bagaimana manfaat manusia mempelajari biologi?

Pembahasan Soal:

Biologi merupakan ilmu yang sangat bermanfaat pada berbagai bidang kehidupan. Dengan mempelajari biologi, manusia mendapatkan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengerti konsep tentang kehidupan dasar. Biologi mengajarkan kita bagaimana cara bercocok tanam dan tanaman apa yang baik untuk memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu, biologi juga mengajarkan kita bagaimana cara berternak yang baik. Lebih jauh lagi, biologi juga memberi pengetahuan kepada kita mengenai nilai gizi suatu bahan makanan. 
  • Mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan. Misalnya, penemuan bibit ungul pada bidang pertanian yang dapat menghasilkan lebih banyak sumber pangan untuk menopang kehidupan. Contoh lainnya adalah penemuan obat-obatan, vaksin, dan antibiotik pada bidang kedokteran untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
  • Mendapat jawaban dari permasalahan fundamental seperti bagaimana dan dimana kehidupan pertama kali lahir? Darimana manusia muncul? dan lain sebagainya.
  • Dapat melakukan investigasi ilmiah biologi membuka jalan bagi manusia untuk melakukan penyelidikan ilmiah yang sangat bermanfaat dalam penemuan-penemuan baru.
Roboguru

Manfaat mempelajari biologi untuk dunia pertanian berikut ini yang benar adalah....

Pembahasan Soal:

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup. Biologi telah membantu manusia dalam berbagai bidang, salah satunya adalah pertanian. Pemanfaatan biologi pada bidang pertanian adalah dengan adanya proses kultur jaringan. Kultur jaringan akan menggunakan tanaman yang sudah diketahui berkhasiat sebagai obat, atau pun tanaman budi daya yang sudah diketahui keunggulan mutunya, sehingga dapat diproduksi dengan waktu singkat, dalam jumlah yang banyak, tanpa memerlukan lahan yang luas, dan dengan kondisi steril. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Apakah manfaat dan bahaya yang ditimbulkan akibat perkembangan ilmu biologi dalam kehidupan manusia saat ini? Jelaskan menurut pendapat anda!

Pembahasan Soal:

Biologi membawa banyak sekali manfaat bagi kehidupan. Di sisi lain, ada pula bahaya yang harus disadari.

1. Manfaat dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi dalam kehidupan manusia

  • Ilmu biologi memberikan pemahaman bagaimana tubuh bekerja, sehingga kita dapat memeliharanya dengan baik.
  • Pada bidang pangan, rekayasa genetika ilmu biologi berguna untuk membuat tanaman sumber makanan yang lebih kuat terhadap hama, menghasilkan produk yang bagus, dan juga meningkatkan produktivitas untuk menghindari krisis pangan.
  • Dalam bidang kesehatan, ilmu biologi dapat membantu pemahaman tentang tubuh makhluk hidup juga pengobatan saat tubuh tersebut sakit. Ilmu biologi mengahsilkan berbagai obat dan vaksin. Penyakit yang dulunya mematikan seperti cacar dan pes, dapat dicegah dan diperingan gejalanya dengan keberadaan obat-obatan juga vaksin, menurunkan angka kematian pada manusia dengan sangat signifikan.
  • Di bidang perkebunan dan pertanian, biologi memberikan cara untuk menanam, merawat, dan memanen hasil Bumi. Biologi memberikan cara bagi petani untuk mengembangkan kebun dan pertaniannya sehingga mampu menggerakan bidang ekonomi. 
  • Di bidang peternakan ilmu biologi memungkinkan peternak mengembangbiakan hewan dengan cara yang baik dan benar. Juga menunjukkan bagaimana cara merawat hewan agar tetap sehat dan tumbuh besar. 
  • Di bidang lingkungan, biologi membantu kita untuk memahami mana lingkungan yang baik dan lingkungan yang tercemar. Biologi juga mengajari kita tetang keseimbangan alam dan bagaimana cara memeliharanya.
  • Di bidang energi, ilmu biologi melahirkan energi alternatif seperti biogas yang dapat menggantikan energi konvensional.

2. Bahaya yang mungkin terjadi dalam mempelajari ilmu biologi dalam kehidupan manusia

  • Melemahkan ketahanan. Makanan hasil rekayasa genetika untuk meningkatakan produktivitas pangan, dapat menyebabkan kekebalan antibiotik pada manusia. Sehingga jika terjadi infeksi, akan sulit disembuhkan oleh antibiotik.
  • Pelanggaran hukum dan nilai-nilai masyarakat Penelitian biologi sering dianggap tidak etis oleh norma masyarakat misalkan menyilangkan gen hewan dan tumbuhan atau bahkan menyilangkan gen mansia dengan gen hewan.
  • Pada bidang ekonomi, bibit tumbuhan unggul didapat dengan harga mahal yang tidak bisa dijangkau petani kecil. Munculnya bibit unggul akan menyingkirkan petani dengan tanaman biasa sehingga mengalami kerugian.
  • Kerusakan ekosistem. Kerusakan pada bidang ekonomi tersebut berujung pada kerusakan ekosistem. Bibit unggul akan lebih banyak dikembangkan, menggeser tanaman biasa hingga akhirnya punah dan menghilang. Ekosistem lama akan rusak, digantikan ekosistem dari tanaman hasil rekayasa genetika hal ini tentu saja menghilangkan keberagaman.
  • Menyebabkan alergi dan racun. Tanaman hasil rekayasa genetika bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang, dan juga dapat beracun pada beberapa hewan.
  • Senjata perang. Perkembangan ilmu biologi juga dapat melahirkan senjata biologis. Dilansir dari World Health Organization, senjata biologis adalah miikroorganisme seperti virus dan bakteri ataupun racun yang dilepaskan secara sengaja untuk menyebabkan hama penyakit dan kematian pada hewan, manusa, dan tumbuhan. Penggunaan senjata biologis sangatlah berbahaya karena penyebarannya sulit untuk dikendalikan.  
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved