Roboguru

Jelaskan peran Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ?

Pertanyaan

Jelaskan peran Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ?

Pembahasan Soal:

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA di Batavia pada tanggal 20 Mei 1908 atas ide dr. Wahidin Sudirohusodo yang sebelumnya telah berkeliling Jawa untuk menawarkan idenya membentuk Studiefounds. Organisasi ini bergerak dibidang sosial, ekonomi, dan budaya dan bertujuan untuk memajukan pengajaran, pertanian, teknik, industri dan menghidupkan kebudayaan. Budi utomo mengalami pergantian pemimpin pada 10 tahun pertama, pada masa pemerintahan Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman, organisasi Budi Utomo mengalami perkembangan yang baik. Namun, semakin lama, organisasi ini bergeser pada bidang politik, dan pada tahun 1928 organisasi Budi Utomo menjadi anggota PPPKI (Pemufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Kebangsaan Indonesia) yang merupakan partai politik yang terbentuk atas prakasa PNI Soekarno. Namun demikian, Budi Utomo tetap mempunyai andil dan jasa yang besar dalam sejarah pergerakan nasional, yakni telah membuka jalan dan memelopori gerakan kebangsaan Indonesia. Itulah sebabnya tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai hari Kebangkitan Nasional.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Purnasih

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Siapa organisasi nasional pertama meletakkan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan ?

Pembahasan Soal:

Kebangkitan nasional adalah masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ditandai dengan lahirnya organisasi-organisasi modern yang dapat menghimpun massa dan aspirasi rakyat yang sadar akan sebuah kebangsaan. Organisasi-organisasi tersebut lahir dalam kurun waktu antara tahun 1908 hingga 1942.  Organisasi pergerakan pertama dalam sejarah Indonesia ialah Budi Utomo yang didirikan pada 20 Mei 1908 Dr. Soetomo, Soeradji, dan Goenawan Mangoenkoesoemo serta digagas oleh oleh Dr. Dr. Wahidin Soedirohoesodo. Organisasi ini menjadi organisasi modern pertama yang menjadi pelopor bagi gerakan kebangsaan Indonesia. Tangga lahirnya Budi Utomi dijadikan sebagai peringatan Hari Kebangkitan Nasional. 

Dengan demikian organisasi nasional pertama ialah Budi Utomo yang lahir pada 20 Mei 1908 dan dijadikan sebagai momentum kebangkitan nasional bagi perjuangan meraih kemerdekaan.

0

Roboguru

Di bawah ini adalah nama-nama pendiri Budi Utomo, kecuali....

Pembahasan Soal:

Budi Utomo menjadi sebuah organisasi awal dari pergerakan nasional di Indonesia. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 dan menjadi organisasi modern pertama di Indonesia. Budi Utomo diambil dari bahasa Sansekerta bodhi atau budhi yang berarti keterbukaan jiwa, pikiran, akal, atau pengadilan. Beberapa pendiri Budi Utomo merupakan pelajar dari School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA). Berikut tokoh pendiri Budi Utomo: Dokter Wahidin Sudirohusodo, Dokter Sutomo, Soeradji, Gunawan Mangunkusumo, Goembrek.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Sebutkan organisasi yang muncul setelah kebangkitan nasional....

Pembahasan Soal:

Tahun 1908 merupakan titik awal bangkitnya kesadaran nasional dengan era kebangkitan nasional. Dimulai pada tahun 1908 organisasi pergerakan nasional yang pertama Boedi Oetomo dibentuk 20 Mei 1908, yang kemudian disusul oleh organisasi-organisasi lainnya seperti Sarekat Islam yang merupakan metamorfosa dari organisasi Sarekat Dagang Islamiyah yang berdiri tahun 1905, yang dimana pada saat itu masih berbentuk sarekat dagang yang hanya mengayomi para pedagang Islam. Sarekat Islam kemudian mengubah orientasi gerakannya menjadi politik pada tahun 1915 dibawah kepemimpinan H.O.S Tjokroaminoto. Pada tahun 1912 juga dibentuk Indsiche Partij, organisasi pergerakan nasional yang berorientasi politik yang didirikan oleh tiga serangkai, yaitu,, Tjipto Mangoenkoesoemo, Soewadi Soerdjaningrat, dan Douwes Dekker. 

0

Roboguru

Ide awal pendirian budi utomo berasal dari salah satu pelajar STOVIA, yaitu....

Pembahasan Soal:

Budi Utomo ialah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan para pelajar mahasiswa STOVIA diantaranya yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Ide ini digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Dr. Wahidin menamatkan sekolah kedokteran di STOVIA bersama dengan Soetomo. Dirinyalah yang memberikan saran kepada Soetomo untuk mendirikan Budi Utomo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa. Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

0

Roboguru

Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) dibentuk dengan tujuan untuk....

Pembahasan Soal:

Organisasi Perhimpoenan Peladjar Peladjar Indonesia lahir pada bulan September 1926 di Jakarta. Para pendirinya mempunyai tujuan Indonesia merdeka dengan mempersatukan gerakan perjuangan sehingga tidak ada perbedaan antara penjajah dan terjajah Perjuangan PPPI juga ingin mencapai kemakmuran bangsa melalui pemerataan hak dan ekonomi. PPPI dalam melaksanakan kegiatannya banyak bergerak di bidang politik, salah satunya ialah dalam Kongres Pemuda II dimana pada akhirnya terkenal dengan sumpah pemuda. Selain di bidang politik PPPI juga bergerak lapangan, sosial budaya dan juga ekonomi. Kegiatan yang mereka lakukan ini pada dasarnya demi kemajuan bangsa Indonesia, agar tujuan akhir kemerdekaan bangsa dan kemakmuran dapat tercapai serta hapusnya penjajahan dari Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved