Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan penyebab terjadinya banjir di daerah kota dan desa!

Jelaskan penyebab terjadinya banjir di daerah kota dan desa!

Iklan

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Banjir adalah bencana alam yang menyebabkan tertutupnya sebagian wilayah daratan karena pengaruh volume air yang meningkat dan telah melewati batas normal (pintu air). Banjir di wilayah perkotaan dan pedesaan dapat terjadi karena beberapa hal , yaitu: T erganggunya daerah resapan air , hal ini dipengaruhi oleh kondisi vegetasi yang gundul sehingga fungsi akar tanaman sebagai penyerap air permukaan ke dalam tanah akan terganggu dan menyebabkan tergenangnya daerah permukaan. Kebiasaan manusia yang membuang sampah secara sembarangan , kerap ditemui masyarakat baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan yang membuang sampah ke daerah aliran air sehingga mengganggu aliran karena terhambat sampah, dan membuat kenaikan volume air pada daerah terhambat. Pembangunan bangunan atau pemukiman di sepanjang kawasan aliran air, sehingga ketika terjadi kenaikan volume air, daerah pemukiman terdekatnya akan berpengaruh dan terjadi genangan bahkan banjir.

Banjir adalah bencana alam yang menyebabkan tertutupnya sebagian wilayah daratan karena pengaruh volume air yang meningkat dan telah melewati batas normal (pintu air). Banjir di wilayah perkotaan dan pedesaan dapat terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  1. Terganggunya daerah resapan air, hal ini dipengaruhi oleh kondisi vegetasi yang gundul sehingga fungsi akar tanaman sebagai penyerap air permukaan ke dalam tanah akan terganggu dan menyebabkan tergenangnya daerah permukaan.
  2. Kebiasaan manusia yang membuang sampah secara sembarangan, kerap ditemui masyarakat baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan yang membuang sampah ke daerah aliran air sehingga mengganggu aliran karena terhambat sampah, dan membuat kenaikan volume air pada daerah terhambat.
  3. Pembangunan bangunan atau pemukiman di sepanjang kawasan aliran air, sehingga ketika terjadi kenaikan volume air, daerah pemukiman terdekatnya akan berpengaruh dan terjadi genangan bahkan banjir.

Latihan Bab

Pengantar Bencana

Jenis-Jenis Bencana

Siklus Manajemen Bencana

Manajemen Bencana di Indonesia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

348

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan banjir dan untuk kelestarian lingkungan hidup adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia