Roboguru

Jelaskan penggambaran tokoh Ibu dalarn kutipan cerpen tersebut!

Pertanyaan

Jelaskan penggambaran tokoh Ibu dalarn kutipan cerpen tersebut!undefined 

Pembahasan Soal:

Tokoh adalah orang atau pelaku dalam cerita. Tokoh diartikan oleh pembaca memiliki watak dan karakter yang menunjuk pada kualitas pribadinya. Tokoh Ibu dalarn kutipan cerpen tersebut berwatak baik. Hal ini bisa kita buktikan bahwa tokoh ibu sangat ramah, penyayang terhadap suami dan anaknya. Penggambaran tokoh Ibu pada cerpen di atas diketahui melalui perlilaku tokoh.

Dengan demikian, dapat disimpulkan penggambaran tokoh Ibu pada cerita di atas diketahui melalui perilaku tokoh.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kejadian yang mustahil dalam kutipan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kejadian yang mustahil terjadi adalah dua serigala yang digambarkan bersifat bijaksana. Dalam cerita tersebut binatang digambarkan bersifat seperti manusia dan dapat berbicara. Buktinya ada pada paragraf 1 pada kalimat ''...apa sebabnya, maka raja kita kelihatan berduka cita tidak keluar-keluar dari tempat seperti sehari-hari?"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Bukti tokoh Ani rajin ditandai dengan nomor....

Pembahasan Soal:

Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakukan dalam berbagai peristiwa cerita. Pada umumnya tokoh berwujud manusia, dapat pula berwujud binatang atau benda yang diinsankan.

Berdasarkan kutipan cerpen di atas, bukti tokoh Ani rajin ditandai dengan nomor (2) dan (3). Berikut kalimatnya:

2) Ani sangat gesit membantu ibu merapikan dagangan di meja depan rumah. (3) Menyapu halaman, mengepel lantai, dan mengelap meja serta kaca agar terlihat bersih.

Pada kalimat (2), Ani membantu ibu merapikan dagangan di meja depan rumah, hal ini menunjukkan bahwa Ani merupakan anak yang rajin membantu ibunya. Begitu juga pada kalimat (3), Ani menyapu halaman, mengepel lantai, dan mengelap meja serta kaca.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Watak tokoh sering disebut juga dengan penokohan. Penokohan merupakan gambaran watak atau karakter yang diberikan oleh pengarang terhadap tokoh-tokoh dalam cerita. Penokohan ini berkaitan dengan sikap, keinginan, ketertarikan, emosi, dan prinsip moral yang dimiliki tokoh-tokoh dalam cerita.

Watak permaisuri dalam kutipan tersebut adalah taat beribadah. Hal ini dapat dilihat dari isi teks yang memaparkan bahwa permaisuri ingin memiliki anak, lalu dia mengajak suaminya untuk berdoa kepada Dewadewa. Ini menunjukkan bahwa sang permaisuri memiliki watak yaitu taat beribadah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Kalimat pada paragraf pertama yang membuktikan watak tokoh aku yang tidak peduli dengan kondisi keluarganya adalah kalimat ....

Pembahasan Soal:

Menyimpulkan isi karya sastra adalah memaknai apa yang secara jelas atau eksplisit pada kalimat-kalimat dalam teks sastra. lsi karya sastra dapat dilihat dari unsur-unsur pembangunnya, salah satunya adalah perwatakan, yaitu cara pengarang menggambarkan watak tokoh. Oleh karena itu, kalimat pada paragraf pertama yang membuktikan watak tokoh aku yang tidak peduli dengan kondisi keluarganya adalah kalimat "Aku pun tidak pernah berhasrat menanyakan perihal ayah kepadanya," yang ditandai oleh nomor (5).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) Setiap pagi dari jendela kendaraan Papa, Rani selalu megucapkan terima kasih dan berpesan agar Papa tidak mengebut dan tidak lupa makan siang. (2) Pap...

Pembahasan Soal:

Watak adalah sifat-sifat yang ditampilkan oleh penulis dalam sebuah karya. Dalam kutipan cerpen di atas, sifat penyayang dari tokoh Rani tampak pada kalimat nomor satu. Kalimat tersebut mengindikasikan rasa peduli Rani terhadap ayahnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved