Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan pengertian humus!

Jelaskan pengertian humus!space 

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan ataupun tumbuhan yang mati, dan yang gugur, atau kotoran hewan yang dilakukan oleh bakteri dan jamur.

humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan ataupun tumbuhan yang mati, dan yang gugur, atau kotoran hewan yang dilakukan oleh bakteri dan jamur.undefined 

Iklan

Pembahasan

Sebagai media tumbuh berbagai organisme, tanah terdiri atas berbagai bahan atau komponen penyusun tanah. Komponen tanah tersusun dari humus, air dan mineral. Humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan ataupun tumbuhan yang mati, dan yang gugur, atau kotoran hewan yang dilakukan oleh bakteri dan jamur. Humus merupakan tanah yang subur karena mengandung mineral dan nutrisi yang penting bai pertumbuhan tanaman. Air diperlukan oleh makhluk hidup di bumi begitupun mikroorganisme yang ada di dalam tanah. Mineral digunakan sebaai nutrisi bagi tumbuhan yang diserap melalui akar. Kandungan mineral setiap tanah berbeda-beda sesuai dengan sifat dan karakter suatu tanah. Jadi, humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan ataupun tumbuhan yang mati, dan yang gugur, atau kotoran hewan yang dilakukan oleh bakteri dan jamur.

Sebagai media tumbuh berbagai organisme, tanah terdiri atas berbagai bahan atau komponen penyusun tanah. Komponen tanah tersusun dari humus, air dan mineral. Humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan ataupun tumbuhan yang mati, dan yang gugur, atau kotoran hewan yang dilakukan oleh bakteri dan jamur. Humus merupakan tanah yang subur karena mengandung mineral dan nutrisi yang penting bai pertumbuhan tanaman. Air diperlukan oleh makhluk hidup di bumi begitupun mikroorganisme yang ada di dalam tanah. Mineral digunakan sebaai nutrisi bagi tumbuhan yang diserap melalui akar. Kandungan mineral setiap tanah berbeda-beda sesuai dengan sifat dan karakter suatu tanah.

Jadi, humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan ataupun tumbuhan yang mati, dan yang gugur, atau kotoran hewan yang dilakukan oleh bakteri dan jamur.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu komponenpenyusun tanah yaitu humus. Humus terbentuk dari proses . . . .

12

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia