Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan pengertian gotong royong!

Jelaskan pengertian gotong royong! 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Gotong royong adalahsuatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam pancasila yaitu sila ke 3 yang berbunyi persatuan Indonesia. Perilaku gotong royong yang dimiliki Bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Gotong royong merupakan kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Pengertian Gotong Royong Menurut Para Ahli : Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo. Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo mengemukakan gotong royong merupakan adat istiadat tolong menolong antara warga dalam berbagai macam lapangan aktivitas sosial, baik berdasarkan hubungan tetangga kekerabatan yang berdasarkan efisien yang sifatnya praktis dan ada pula aktifitas kerja sama yang lain. Koenjaraningrat.Pengertian gotong royong menurutKoenjaraningrat, yakni gotong royong merupakan suatu konsep yang erat sangkut pautnya dengan kehidupan masyarakat sebagai petani pada masyarakat agraris. Gotong royong merupakan suatu sistem pengarahan tenaga tambahan dari luar keluarga untuk mengisi kekurangan dalam rangka aktifitas produksi bercocok tanam. Mubyarto.Gotong Royong menurut Mubyartoadalah kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam pancasila yaitu sila ke 3 yang berbunyi persatuan Indonesia. Perilaku gotong royong yang dimiliki Bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Gotong royong merupakan kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Gotong Royong Menurut Para Ahli :

 

  1. Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo. Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo mengemukakan gotong royong merupakan adat istiadat tolong menolong antara warga dalam berbagai macam lapangan aktivitas sosial, baik berdasarkan hubungan tetangga kekerabatan yang berdasarkan  efisien yang sifatnya praktis dan ada pula aktifitas kerja sama yang lain.
  2. Koenjaraningrat. Pengertian gotong royong menurut Koenjaraningrat, yakni gotong royong merupakan suatu konsep yang erat sangkut pautnya dengan kehidupan masyarakat sebagai petani pada masyarakat agraris. Gotong royong merupakan suatu sistem pengarahan tenaga tambahan dari luar keluarga untuk mengisi kekurangan dalam rangka aktifitas produksi bercocok tanam.
  3. Mubyarto. Gotong Royong menurut Mubyarto adalah kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama.space space 

1rb+

Suhartin pawiro

Makasih ❤️ Mudah dimengerti Bantu banget Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pertumbuhan individualisasi di berbagai bidang kehidupan dapat menambah jumlah industri di seluruh dunia merupakan dampak positif modernisasi yang terkait dengan...

581

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia