Roboguru

Jelaskan pengertian dari generalisasi wilayah dan berikan masing-masing contohnya !

Pertanyaan

Jelaskan pengertian dari generalisasi wilayah dan berikan masing-masing contohnya !

Pembahasan Soal:

Generalisasi wilayah (region generalization) yaitu golongan beberapa wilayah ke dalam satu bagian wilayah dengan cara menghilangkan faktor-faktor tertentu yang dianggap kurang penting. Sebagai contoh, Indonesia terkenal sebagai wilayah yang beriklim tropis tetapi sebenarnya sebagian kecil wilayah indonesia ada yang beriklim sabana dan muson tropis sehingga lebih kering. Faktor iklim sabana dan muson tersebut dihilangkan untuk menonjolkan iklim tropis yang lebih dominan di indonesia atau di Generalisasi kan menjadi indonesia beriklim tropis.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Segala kegiatan manusia, kehidupan makhluk hidup, pemanfaatan lahan, dan aktivitas lainnya terjadi dalam suatu wadah yang disebut dengan ....

Pembahasan Soal:

Setiap kehidupan makhluk hidup dan segala aktivitas manusia terjadi di dalam ruang. Menurut UU No. 26 Tahun 2007, ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut ini! Perbedaan antara daerah dengan kawasan yang tepat ditunjukkan oleh nomor .…

Pembahasan Soal:

Daerah merupakan sebuah wilayah teritorial yang memiliki batas administratif. Sementara itu, kawasan merupakan wilayah yang dibentuk dengan tujuan tertentu. Berdasarkan definisi tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah E.

0

Roboguru

Kota diarahkan sebagai pusat pelayanan wilayah belakang, merupakan perwujudan fungsi salah satu wilayah, yaitu fungsi....

Pembahasan Soal:

Kota diarahkan sebagai pusat pelayanan wilayah belakang, merupakan perwujudan fungsi salah satu wilayah, yaitu fungsi pelayananan. Pada fungsi pelayanan, kota diarahkan sebagai pusat pelayanan wilayah belakang, pusat komunikasi antar wilayah, pusat kegiatan industri dan jasa, serta pusat pemukiman.

0

Roboguru

Penggolongan wilayah berdasarkan kepada unit alamiah, disebut ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, wilayah adalah ruang yan merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkaan administratif dan/ aspek fungsional. Wilayah dapat digolongkan menjadi beberapa macam, yaitu:

  1. Natural region (wilayah alamiah), yaitu wilayah yang berdasarkan pada unit alamiah, seperti provinsi dan distrik.
  2. Single feature region (wilayah kenampakan tunggal), yaitu wilayah yang didasarkan pada kenampakan tunggal, seperti kenampakan iklim, vegetasi, dan hewan.
  3. Generic region (menurut jenisnya), yaitu wilayah menurut jenisnya yang menekankan pada jenis sesuatu di wilayah tersebut, seperti wilayah pertanian.
  4. Specific region (wilayah khusus), yaitu wilayah yang mempunyai ciri-ciri geografi khusus yang ditentukan oleh lokasi berkaitan dengan daerah lain, seperti wilayah khusus masyarakat suku baduy.
  5. Uniform region (wilayah seragam), yaitu wilayah yang mempunyai keseragaman atau kesamaan dalam kriteria tertentu, seperti wilayah pertanian karena banyak masyarakat berprofesi petani.
  6. Nodal region (wilayah nodus), nodus berarti tonjol atau tombol, yaitu wilayah yang diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang saling dihubungkan dengan garis melingkar.
  7. Factor analysis (wilayah analisis faktor), yaitu wilayah yang dalam klasifikasinya menggunakan metode statistik deskriptif dan metode statistik analitik, terutama analisis faktor. Contohnya adalah Pulau Jawa adalah wilayah yang cocok untuk bercocok tanam.
  8. Formal region (wilayah formal), yaitu wilayah yang diidentifikasikan karena mempunyai objek objek tertentu, baik secara fisik maupun sosial-budaya masyarakat. Contohnya adalah wilayah Priangan, Kasunanan Surakarta, wilayah kebudayaan Betawi (Sosial-Budaya).

Dari penjelasan di atas, maka jawaban untuk soal di atas adalah natural region.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Setiap wilayah memiliki perbedaan karakteristik, dari perbedaan itulah maka diantara wilayah satu dengan wilayah lainnya terjalin hubungan....

Pembahasan Soal:

Setiap wilayah memiliki perbedaan karakteristik, dari perbedaan itulah maka diantara wilayah satu dengan wilayah lainnya terjalin hubungan interaksi. Interaksi wilayah atau disebut juga interaksi keruangan merupakan suatu hubungan timbal balik antara dua wilayah atau lebih yang dapat menyebabkan gejala, kenampakan, atau permasalahan baru.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved