Roboguru

Jelaskan pengertian dari Diameter, jari-jari, juring, dan apotema.

Pertanyaan

Jelaskan pengertian dari Diameter, jari-jari, juring, dan apotema.

Pembahasan Soal:

Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Diameter merupakan garis lurus yang menghubungkan dua titik di lengkungan lingkaran dengan melalui titik pusat, contoh pada gambar adalah garis AB.

Jari-jari lingkaran merupakan garis dari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran, contoh pada gambar adalah garis AO.

Juring merupakan luas daerah di dalam lingkaran, dengan dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut sebagai batasnya, contoh pada gambar adalah daerah BOC.

Apotema ialah garis tinggi terhadap segitiga batas juring dan tembereng, contoh pada gambar adalah garis OE.

Dengan demikian, penjelasan seperti uraian di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 04 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan dan jelaskan unsur-unsur dari lingkaran?

Pembahasan Soal:

Ada beberapa unsur dalam lingkaran yaitu, antara lain titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, tembereng, dan apotema.

  • Titik Pusat

Titik pusat lingkaran merupakan titik yang terletak tepat di bagian tengah lingkaran. Jarak antara titik pusat dengan semua titik pada lingkaran selalu sama. Titik pusat disimbolkan dengan huruf kapital seperti O, A, P, Q dan sebagainya.

  • Jari-jari

Jari-jari merupakan jarak antara titik pusat lingkaran dengan titik pada lingkaran. Karena jarak antara titik pusat dengan semua titik pada lingkaran selalu sama, maka panjang jari-jari pada sebuah lingkaran selalu sama.

  • Diameter

Diameter lingkaran adalah panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran. Dimana, nilai diameter lingkaran merupakan dua kali nilai jari-jari lingkaran sebaliknya jari-jari lingkaran memiliki nilai setengah dari diameter.

  • Busur

Busur lingkaran adalah bagian lingkaran yang berbentuk garis lengkung. Biasanya, ada dua jenis busur dalam lingkaran yaitu busur besar dan busur kecil. Busur besar merupakan busur yang panjangnya lebih dari setengah keliling lingkaran, sedangkan busur kecil adalah busur yang panjang kurang dari setengah keliling lingkaran.

  • Tali Busur

Tali busur merupakan garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.

  • Juring

Juring merupakan daerah yang diapit oleh dua jari-jari dan busur lingkaran. Juring terbagi menjadi dua yaitu juring besar dan juring kecil, dimana juring besar merupakan daerah dalam lingkaran yang dibatasi jari-jari dan busur besar lingkaran, sedangkan juring kecil merupakan daerah dalam lingkaran yang dibatasi jari-jari dan busur kecil.

  • Tembereng

Tembereng merupakan daerah yang diapit oleh tali busur dan busur lingkaran. Tembereng juga terbagi menjadi dua jenis yaitu tembereng besar dan tembereng kecil. Tembereng besar merupakan daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur besar lingkaran, sedangkan tembereng kecil merupakan daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur kecil lingkaran.

  • Apotema

Apotema adalah ruas garis tegak lurus yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran.

0

Roboguru

Gambar dan sebutkanlah bagian-bagian lingkaran!

Pembahasan Soal:

Perhatikan gambar lingkaran berikut!

Bagian-bagian lingkaran tersebut antara lain:

1. Titik O adalah titik pusat lingkaran.

2. OA,OB,OC adalah jari-jari lingkaran.

3. AB adalah diameter lingkaran.

4. Daerah D merupakan juring lingkaran (juring minor).

5. AB,BC,CA adalah busur lingkaran.

6. BC adalah tali busur.

7. Daerah E merupakan tembereng lingkaran.

8. Garis tegak lurus dari titik pusat O ke tali busur BC adalah apotema.

0

Roboguru

6. Sebutkan unsur-unsur lingkaran pada gambar di bawah ini

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur lingkaran

1. Titik pusat yaitu titik yang berada di tengah lingkaran. Pada gambar tersebut yang merupakan titik pusat lingkaran yaitu titik O.

2. Jari-jari lingkaran yaitu ruas garis yang menghubungkan titik pusat dengan sisi pada lingkaran. Pada gambar tersebut yang merupakan jari-jari lingkaran yaitu OP, OQ, OR, dan OT.

3. Diameter lingkaran yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi lingkaran dengan melalui titik pusat. Pada gambar tersebut yang merupakan diameter lingkaran yaitu PR.

4. Tali busur yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada sisi lingkaran. Pada gambar tersebut yang merupakan tali busur lingkaran yaitu US.

5. Apotema yaitu ruas garis terpendek yang menghubungkan titik pusat dengan titik tengah tali busur yang tegak lurus terhadap tali busur. Pada gambar tersebut yang merupakan apotema yaitu OV.

6. Busur yaitu kurva lengkung yang berimpit dengan lingkaran. Pada gambar tersebut yang merupakan busur lingkaran yaitu begin mathsize 14px style QR with overparenthesis on top comma space SU with overparenthesis on top end style

7. Juring yaitu daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur yang menghubungkan ujung kedua jari-jari tersebut. Pada gambar tersebut yang merupakan juring yaitu daerah yang dibatasi oleh jari-jari OR dan OQ serta busur begin mathsize 14px style stack QR. with overparenthesis on top end style 

8. Tembereng yaitu daerah yang di dalam lingkaran yang di batasi oleh busur dan tali busur. Pada gambar tersebut yang merupakan tembereng yaitu daerah yang dibatasi oleh tali busur SU serta busur begin mathsize 14px style SU with overparenthesis on top. end style undefined     undefined    

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Sebutkan unsur-unsur lingkaran berikut yang ada pada gambar. a. Jari-jari b. Diameter c. Busur d. Tali busur e. Apotema f. Juring g. Tembereng h. Sudut pusat

Pembahasan Soal:

a. Jari-jari adalah ruas garis yang menghubungkan titik pada lingkaran dengan titik pusat. Jari-jari yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style OA with bar on top end stylesize 14px OB with size 14px bar on top, dan size 14px OC with size 14px bar on top.
b. Diameter adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran dan melalui titlk pusat. Diameter yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style AC with bar on top end style.
c. Busur adalah himpunan titik-titik yang berupa kurva lengkung (baik terbuka maupun tertutup) yang berimpit dengan keliling lingkaran. Busur yang ada pada gambar adalah size 14px AB with size 14px overparenthesis on topsize 14px AC with size 14px overparenthesis on topsize 14px AD with size 14px overparenthesis on topsize 14px AE with size 14px overparenthesis on topsize 14px BC with size 14px overparenthesis on topsize 14px BD with size 14px overparenthesis on topsize 14px BE with size 14px overparenthesis on topsize 14px CD with size 14px overparenthesis on topsize 14px CE with size 14px overparenthesis on top, dan size 14px DE with size 14px overparenthesis on top.
d. Tali busur adalah ruas garis yang menghubtingkan dua titik pada lingkaran. Tali busur yang ada pada gambar adalah undefinedsize 14px BC with size 14px bar on top, dan size 14px DE with size 14px bar on top.
e. Apotema adalah ruas garis terpendek yang menghubungkan titik pusat dengan titik pada tali busur sedemikian hingga tegak lurus terhadap tali busurnya. Apotema yang ada pada gambar adalah size 14px OP with size 14px bar on top dan size 14px OQ with size 14px bar on top.
f. Juring adalah daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan dua jari-jari. Juring yang ada pada gambar adalah daerah tertutup AOB yang dibatasi oleh jari-jari size 14px OA with size 14px bar on top dan undefined dan tali busur size 14px AB with size 14px overparenthesis on top.
g. Tembereng adalah daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busurnya. Tembereng pada gambar ada dua, yaitu daerah tertutup yang dibatasi oleh busur size 14px DE with size 14px overparenthesis on top dan tali busur size 14px DE with size 14px bar on top serta daerah tertutup yang dibatasi oleh busur size 14px BC with size 14px overparenthesis on top dan tali busur size 14px BC with size 14px bar on top.
h. Sudut pusat adalah sudut yang titik sudutnya di titik pusat lingkaran dan kedua kaki sudutnya berimpit dengan jari-jari lingkaran. Sudut pusat yang ada pada gambar adalah begin mathsize 14px style angle AOB end stylesize 14px angle size 14px AOC, dan size 14px angle size 14px BOC.

0

Roboguru

Tuliskan unsur-unsur lingkaran !

Pembahasan Soal:

Perhatikan unsur-unsur lingkaran pada gambar berikut!
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved