Roboguru

Jelaskan pengertian bentuk perubahan sosial secara difusi!

Pertanyaan

Jelaskan pengertian bentuk perubahan sosial secara difusi! 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah penger.tian bentuk perubahan sosial secara difusi

Perubahan sosial secara difusi yaitu proses terjadinya perubahan pada masyarakat akibat terjadinya penyebaran unsur-unsur kebudayaan lain dari satu lingkup ke kebudayaan lainnya. Hal ini disebarkan dari individu ke individu yang lain, atau bahkan lebih luas dari pada itu. Difusi dibedakan menjadi dua macam yakni difusi intramasyarakat dan difusi antarmasyarakat. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebuah perubahan sosial dikatakan besar jika ....

Pembahasan Soal:

Perubahan besar adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang memberi pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Contohnya, pengelolaan pertanian dengan pemakaian alat pertanian dari mesin (traktor) pada masyarakat agraris merupakan perubahan yang membawa pengaruh besar.undefined

0

Roboguru

Jika suatu perubahan sosial menimbulkan konflik maka yang diperlukan adalah proses ….

Pembahasan Soal:

Dalam perubahan sosial akan selalu diiringi dengan perbahan-perubahan yang mendasar dalam kehidupan sosial, karena perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya,termasuk nilai,sikap-sikap sosial,dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Dalam perubahan sosial tentu akan ada banyak sekali pertentangan atau konflik karena keadaan sosial yang cukup berbeda. terkadang membuat masyarakat sulit untuk menyesuaikan perubahan tersebut, biasanya pada pola interaksi, sistem sosial dan juga pola kehidupan. Dengan begitu untuk upaya penyelesaian konflik masyarakat karena adanya perubahan sosial yang kita butuhkan adalah akomodasi.

Akomodasi dapat dipahami dalam dua perpektif. Pertama sebagai suatu kondisi, kedua sebagai suatu proses. Sebagai kondisi artinya ada keseimbangan interaksi sosial dengan nilai dan norma sosial. Sebagai proses artinya upaya individu atau kelompok mengurangi atau menyelesaikan ketegangan, konflik atau pertentangan. Dalam penyelesaian konflik dalam akomodasi disesuaikan dengan konflik yang terjadi berdasarkan bentuknya yaitu Kompromi,Abitrasi, Mediasi, Konsiliasi, Toleransi, Ajudikasi, Konversi Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Contoh perubahan yang berbentuk progress berikut ini adalah ....

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas tentang bentuk perubahan.

Soal menanyakan bentuk perubahan sosial berdasarkan sudut pandang arah perubahan. Contoh perubahan yang berbentuk progress adalah penemuan komputer yang dapat memperlancar sistem informasi, perubahan tersebut termasuk arah progress karena mengarah pada kemajuan atau memiliki nilai positif bagi masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Perhatikan beberapa gejala dinamika sosial berikut ! (1) Perubahan penggunaan handphone sesuai trendsetter (2) Peralihan penggunaan identitas KTP menjadi e-KTP (3) Perubahan model fashion yang popu...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial besar adalah perubahan yang berpengaruh terhadap seluruh unsur-unsur struktur sosial seperti lembaga-lembaganya, seperti sistem kerja, hak miliki tanah, hubungan kekeluargaan, dan stratifikasi masyarakat dan membawa pengaruh langsung atau berarti di kehidupan masyarakat. Contohnya, peralihan dari KTP menjadi E-KTP. Fenomena ini jelas merupakan perubahan sosial besar. Di mana fenomena ini mengubah tata cara atau sistem registrasi penduduk di Indonesia. Jika dulu semuanya dilakukan secara manual, kini E-KTP atau KTP elektronik datanya sudah terekan pada sebuah server dengan teknologi tinggi, sehingga data yang ada dapat disimpan selama individu yang bersangkutan masih hidup. Selanjutnya perubahan dari pemerintahan terpusat menjadi tersebar. Fenomena ini juga perubahan sosial besar. Di mana terbitnya otonomi daerah diharapkan bisa membuat daerah-daerah yang jauh dari ibu kota negara bisa berkembang baik secara ekonomi, kesejahteraan pendidikan, maupun kesejahteraan sosial lainnya. Terakhir, pergantian pola pertanian dari tradisional ke modern. Jelas ini adalah perubahan sosial besar berbasis teknologi yang mengubah tata cara pertanian di suatu wilayah. Dengan teknologi, pekerjaan pertanian konvensional berubah menjadi berbasis mesin dan masyarakat pertanian tanpa modal terancam kalah persaingan ekonomi dengan petani yang mampu membeli mesin tani canggih.

0

Roboguru

Perubahan proses merupakan perubahan yang sifatnya tidak mendasar karena ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah hal yang mendasari sifat dari perubahan proses tidak mendasar.

Perubahan proses merupakan salah satu jenis dari perubahan sosial, yang di definisikan sebagai perubahan yang sifatnya tidak mendasar karena hanya menyempurnakan sistem-sistem yang sudah ada atau perubahan yang sebelumnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved