Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan pengertian antropomorfisme dalam fabel modern!space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Fabel merupakan jenis cerita pendek dengan tokoh binatang yang diberi watak dan budi pekerti manusia. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia.

Berdasarkan waktu kemunculannya, fabel dibedakan menjadi fabel klasik dan fabel modern. Fabel klasik merupakan cerita yang telah muncul sejak zaman dahulu dan telah diwarisi secara turun-temurun melalui tradisi lisan. Sementara itu, fabel modern merupakan cerita yang sengaja ditulis dengan maksud bercerita agar tulisan itu dibaca oleh orang lain. Fabel modern memiliki ciri-ciri, antara lain memiliki tema lebih rumit, berupa epik atau saga, karakter setiap tokoh unik.

Fabel modern memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis fabel klasik. Salah satu ciri fabel modern adalah antropomorfisme. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, antropomorfisme merupakan pengenaan ciri-ciri manusia pada binatang, tumbuh-tumbuhan, atau benda mati.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pengertian antropomorfisme dalam fabel modern adalah pengenaan ciri-ciri manusia pada binatang, tumbuh-tumbuhan, atau benda mati.space 

3

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ditinjau dari pemberian watak dan latarnya, fabel dibedakan menjadi....

33

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia