Roboguru

Jelaskan pengertian angket!

Pertanyaan

Jelaskan pengertian angket! space

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian kuantitatif dan poin yang ditanyakan adalah pengertian angket.

Angket merupakan salah satu instrumen pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif. Angket adalah instrumen yang berisi daftar pertanyaan mengenai suatu permasalahan penelitian yang telah disusun peneliti kemudian disebarkan kepada responden untuk  dijawab responden. Dari jawaban responden diperoleh data mengenai sikap atau pendapat responden terhadap permasalahan yang diteliti. Angket yang digunakan haruslah mewakili sesuatu menjadi tujua dari penelitian. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuningsih

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peneliti ingin mengetahui tingkat keberhasilan suatu program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi usaha kecil menengah dengan membuat instrumen wawancara ...

Pembahasan Soal:

Soal tersebut menjelasakan bahwa peneliti datang ke tempat penelitian menemui masyarakat yang melakukan pemberdayaan, sehingga peniliti membutuhkan instrumen penelitian wawancara. Menurut Esterberg dalam Sugiyono, Wawancara adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang untuk bertukar informasi mupun suatu ide dengan cara tanya jawab, sehingga dapat dikerucutkan menjadi sebuah kesimpulan atau makna dalam topik tertentu.

Jadi, jawabannya adalah instrumen wawancara.

Roboguru

Penelitian terhadap kesiapan siswa kelas XII SMA di Jombang dalam menghadapi UN dan SNMPTN dilakukan dengan menyebar angket. Kelemahan dari teknik pengumpulan data tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kelemahan metode angket sebagai berikut.

  1. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas, tidak bisa mendapat keterangan lebih lanjut.
  2. Sulit memberikan jaminan, bahwa semua angket yang telah dikeluarkan itu akan kembali seluruhnya.
  3. Pertanyaan dalam angket biasanya bersifat agak kaku tidak dapat diubah sesuai dengan keadaan sekitarnya.
  4. Validitas jawaban sulit diketahui.
  5. Tidak dapat diketahui kejujurannya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelemahan kuesioner atau angket, yaitu tidak bisa membaca detail kondisi keresahan responden.

Roboguru

Seorang peneliti lebih senang mengumpulkan data dengan menggunakan teknik kuesioner karena dinilai teknik tersebut lebih mudah dan efisien. Berikut ini yang merupakan keunggulan dari metode kuesioner ...

Pembahasan Soal:

Metode kuesioner adalah metode pengumpulan data melalui angket yang disebar peneliti kepada responden yang berjumlah banyak. Keunggulan dari metode ini adalah data lebih mudah didapat dalam jumlah banyak karena dibagi secara langsung dan serentak (D). Adapun kelemahan dari metode ini adalah data yang didapatkan tidak serinci dan tidak mendalam metode lain seperti misalnya metode wawancara.

Roboguru

Teknik pengumpulan data dengan tanya jawab secara lisan harus efektif, artinya ....

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas teknik pengumpulan data dalam penelitian.

Soal menanyakan teknik pengumpulan data primer dengan tanya jawab secara lisan atau wawancara. Proses pengumpulan data secara lisan harus efektif agar hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Wawancara merupakan metode pengumpulan data dalam bentuk komunikasi antara peneliti dan responden, seorang pewawancara yang baik harus memenuhi persyaratan seperti keterampilan dalam proses wawancara, memiliki motivasi yang tinggi, dan rasa aman.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Alat pengumpul data penelitian berbentuk daftar pertanyaan disebut ….

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian kuantitatif dan poin yang ditanyakan dalam soal adalah kuesioner. 

Salah satu alat pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif adalah angket. Angket merupakan instrumen penelitian yang digunakan  oleh peneliti untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan sejumlah pertanyaan kepada responden untuk dijawab kemudian dikembalikan kepada peneliti. Dari jawaban yang diberikan responden, peneliti dapat memperoleh data seperti pendapat, pandangan, maupun sikap responden terhadap permasalahan yang diteliti. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Pilihan jawaban B kurang tepat, karena tabulasi merupakan tabel yang dibuat dengan berisi berbagai data yang sudah diberi kode sesuai dengan analisis yang dibutuhkan.
Pilihan jawaban C kurang tepat, karena statistik merupakan hasil data berupa angka dalam bentuk tabel maupun grafik.
Pilihan jawaban D kurang tepat, karena wawancara teknik pengumpulan data dalam bentuk komunikasi langsung berupa tanya jawab antara peneliti dengan responden.
Pilihan jawaban E kurang tepat, karena data silang merupakan data yang dikumpulkan dalam waktu tertentu. space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved