Roboguru

Jelaskan pengelompokkan dari limbah!

Pertanyaan

Jelaskan pengelompokkan dari limbah! 

  1. .... 

  2. .... 

Pembahasan Soal:

Limbah merupakan zat atau sisa buangan dari kegiatan manusia atau industri. Pengelompokkan limbah adalah sebagai berikut.

  1. Limbah berdasarkan senyawanya, berdasarkan senyawanya, limbah dibedakan menjadi 2, yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik sendiri adalah limbah yang mengandung hidrokarbon dan cenderung mudah terurai serta berasal dari mahkluk hidup (contoh: sisa makanan/ sayuran busuk). Limbah anorganik adalah limbah yang tidak mengandung hidrokarbon dan sulit terurai karena bukan berasal dari mahkluk hidup (contoh: kertas, plastik, kaleng).
  2. Limbah berdasarkan sumbernya, berdasarkan senyawanya, limbah dibedakan menjadi 4, yaitu limbah pertanian (contoh: pupuk dan pestisida), limbah rumah tangga/ domestik (contoh: air sabun, deterjen), limbah industri (contoh: sisa makanan dari industri makanan, logam berat Pb dari industri tekstil), dan limbah pertambangan (contoh: merkuri dari pertambangan emas).
  3. Limbah berdasarkan wujudnya, berdasarkan wujudnya, limbah terdiri dari limbah cair (contoh: air sabun atau deterjen), limbah padat (contoh: kaca, kaleng), limbah gas (contoh: CFC), dan limbah suara (contoh: suara mesin yang terlalu kencang atau peswat terbang).
  4. Limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), limbah B3 mengandung bahan beracun dan berbahaya yang secara langsung atau tidak langsung merusak lingkungan hidup dan kesehatan manusia. Contohnya antara lain aki bekas dan asam sulfat. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved