Roboguru

Jelaskan pengaruh letak astronomis dan geografis pada kondisi iklim Benua Australia!

Pertanyaan

Jelaskan pengaruh letak astronomis dan geografis pada kondisi iklim Benua Australia!space 

Pembahasan Soal:

Benua Australia secara astronomis terletak pada 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS. Dengan kondis ini wilayah Autralia memiliki iklim tropis, subtropis, dan iklim sedang. Secara geografis wilayah Australia terletak dikelilingi oleh Samudera pasifik dan Samudera Hindia. Berdasarkan letak geografisnya wilayah Australia memiliki iklim gurun dan iklim maritim.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. FRANATU

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan mengapa sebagian besar wilayah negara Australia berupa gurun pasir dan semi gurun!

Pembahasan Soal:

Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia dan terletak pada 10º - 43º LS dan 113º - 155º BT. Letak astronomis benua Australia tersebut menyebabkan Australia berada pada zona subsidensi. Zona subsidensi adalah zona turunnya massa udara. Zona ini terletak sekitar 30º LU atau 30º LS. Apabila udara yang naik mengalami proses pembentukan awan, maka yang terjadi di Australia adalah sebaliknya yaitu udara mengalami penurunan sehingga penguapan sangat tinggi, suhu menjadi sangat panas dan terbentuk gurun.  

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh letak astronomis terhadap kondisi iklim  benua : Benua Afrika Benua Amerika  Benua Eropa Benua Australia

Pembahasan Soal:

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis suatu wilayah akan memberikan efek kepada kondisi iklim wilayah tersebut. Untuk mengetahui kondisi iklim masing-masing benua dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Benua Afrika
    Benua Afrika atau dikenal dengan benua hitam, secara astronomis terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Dengan demikian Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa. Wilayah Afrika berdasarkan letak astronomisnya memiliki iklim subtropis dan tropis. Daerah iklim sedang/subtropis, meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan,wilayah selatan, dan garis balik selatan. Daerah yang mengalami musim tropis adalah wilayah Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda. 
  2. Benua Amerika 
    Benua Amerika adalah salah satu benua terpanjang di dunia. Secara astronomis wilayah Amerika terletak pada lintang 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS. Dengan letak astronomis ini wilayah Amerika memiliki kondisi iklim tropis dan subtropis. Untuk wilayah yang mengalami iklim tropis adalah wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Iklim subtropis berada di wilayah Amerika Utara.
  3. Benua Eropa
    Benua Eropa adalah salah satu benua terkecil di dunia. Secara astronomis wilayah Eropa terletak pada Benua Eropa terletak antara 35°LU - 71°06’LU dan 9°27’BB -66°20’BT. Dengan kondisi letak astronomis ini wilayah Eropa memiliki kondisi iklim Subtropis. 
  4. Benua Australia
    Benua Australia secara astronomis terletak pada 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS. Dengan kondis ini wilayah Autralia memiliki iklim tropis, subtropis, dan iklim sedang.

0

Roboguru

Mengapa hutan di Australia ada hubungannya dengan hutan di Indonesia ?

Pembahasan Soal:

Karakteristik hutan di Australia mirip dengan karakteristik hutan di Indonesia. Jenis hutannya antara lain hutan hujan tropis dan hutan musim, sebab kedua wilayah tersebut berdekatan dan mememiliki iklim yang hampir serupa.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Suhu yang tinggi Wilayah Pantai yang strategis Banyak barang tambang Curah hujan tinggi Tanah yang subur Berdasarkan pernyataan tersebut yang menyebabkan w...

Pembahasan Soal:

Kepadatan penduduk Australia berpusat di bagian timur dan selatan karena wilayah bagian timur Australia sangat subur, suhu yang sejuk dan memiliki curah hujan banyak, serta lokasi di pesisir memudahkan transportasi barang. Ini berbeda dengan wilayah di tengah Australia yang kering dan gersang.

Jadi, penyataan 3, 4, dan 5 menjadi pilihan yang tepat.space space 

0

Roboguru

Bagaimana pengaruh letak geografis benua Afrika, Amerika, Eropa, Australia terhadap kondisi iklim ?

Pembahasan Soal:

Letak geografis di berbagai benua menyebabkan perbedaan iklim. Kondisi iklim tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. benua Afrika ; memiliki iklim gurun
  2. benua Amerika ; memiliki iklim gurun dan benua
  3. benua Australia ; memiliki iklim gurun dan benua
  4. benua Eropa ; memiliki iklim sedang dan benua

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved