Roboguru

Jelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap daya lenting dan daya dukung lingkungan.

Pertanyaan

Jelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap daya lenting dan daya dukung lingkungan.space space 

Pembahasan Soal:

Lingkungan yang seimbang memiliki daya lenting dan daya dukung yang tinggi. Daya lenting lingkungan yaitu daya pulih lingkungan untuk kembali ke keadaan seimbang. Sementara itu, daya dukung lingkungan yaitu kemampuan lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan sejumlah makhluk hidup agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar di dalamnya. Aktivitas manusia dapat mempengaruhi daya lenting dan daya dukung lingkungan yaitu sebagai berikut.

  1. Populasi manusia yang semakin bertambah akan mengakibatkan peningkatan kebutuhan hidup seperti sandang, papan, dan pangan sehingga akan terjadi eksploitasi pada sumber daya alam. Jika keadaan ini terjadi secara terus menerus, maka suatu saat lingkungan akan melewati batas daya dukungnya.
  2. Kegiatan manusia yang mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan, kemajuan teknologi, dan industrialisasi dapat mencemari lingkungan sehingga mengganggu keseimbangan lingkungan.
  3. Kegiatan manusia yang merusak lingkungan dapat menyebabkan rendahnya daya dukung lingkungan, menurunnya atau hilangnya daya lenting lingkungan sehingga menyebabkan sulit tercapainya keseimbangan lingkungan.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan pengaruh kegiatan manusia terhadap daya lenting dan daya dukung lingkungan.

Pembahasan Soal:

Seiring berkembangnya teknologi, industri di dunia semakin berkembang dan menyebabkan manusia mengambil sumber daya alam  secara terus menerus dan hanya sedikit manusia yang bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan yang dibuatnya. Selain itu, limbah yang dihasilkan dari industri juga diserahkan ke alam tanpa diolah dengan baik sebelumnya. Semua itu menurunkan daya lenting dan daya dukung lingkungan. Daya lenting lingkungan semakin kecil sehingga waktu yang digunakan oleh lingkungan untuk pulih kembali semakin lama. Kerusakan lingkungan juga menyebabkan daya dukung lingkungan menjadi semakin kecil, sehingga lingkungan tidak mampu lagi menyediakan kebutuhan hidup organisme yang ada di dalamnya. space 

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara daya lenting dan daya dukung lingkungan!

Pembahasan Soal:

Lingkungan memiliki kemampuan daya lenting dan daya dukung. Berikut ini Perbedaan dari keduanya :

  • Daya lenting, yaitu kemampuan lingkungan untuk pulih kembali pada keadaan seimbang jika mengalami perubahan atau gangguan.
  • Daya dukung, yaitu kemampuan Lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan sejumlah makhluk hidup agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar di dalamnya. space 
Roboguru

Lingkungan dapat dikatakan seimbang jika memiliki ....

Pembahasan Soal:

Lingkungan dapat dikatakan seimbang jika memiliki daya lenting dan daya dukung yang tinggi. Sistem Lingkungan memiliki daya lenting, yaitu daya untuk pulih kembali ke keadaan seimbang. Selain itu, sistem Lingkungan juga memiliki daya dukung, yaitu kemampuan Lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan sejumlah makhluk hidup agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar di dalamnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.   space 

Roboguru

Berikut ini yang benar mengenai daya dukung lingkungan adalah .. . .

Pembahasan Soal:

Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan sejumlah makhluk hidup agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar di dalamnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah C. space 

Roboguru

Sebuah ekosistem akan selalu mempertahankan keseimbangannya atau biasa disebut dengan daya lenting lingkungan, yaitu apabila ekosistem mengalami gangguan . . . .

Pembahasan Soal:

Gangguan dari aktivitas manusia atau alam. Daya lenting adalah kemampuan lingkungan untuk pulih kembali setelah mengalami kerusakan. Pemulihan ini tidak terjadi secara langsung tapi memerlukan proses yang lama.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved