Roboguru

Jelaskan pengaruh karakteristik iklim di bidang pe...

Jelaskan pengaruh karakteristik iklim di bidang pertanian, sosial, dan budaya!

Jawaban:

Iklim adalah kebiasaan dan karakter cuaca yang terjadi di suatu tempat atau daerah.  Pembentukan iklim di suatu tempat dipengaruhi oleh letak garis lintang, lereng, ketinggian, jarak dari perairan, serta kondisi air laut. Setiap daerah memiliki iklim yang berbeda. Jenis iklim pada tiap daerah sangat dipengaruhi oleh garis lintang. Iklim sendiri sangat mempengaruhi kehidupan, bebrapa pengaruh iklim bagi kehidupan:

  1. Bidang Pertanian, Karena wilayah Indonesia mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun, itu berarti sangat baik untuk pertanian. Tanaman pertanian pun bisa terus tumbuh tanpa ada gangguan iklim. Bandingkan dengan negara-negara empat musim yang ada musim dinginnya. Salju dan es-es pasti akan menutup dan mematikan pertanian yang ada. Selain dari sisi penyinarannya, curah hujan yang tinggi juga sangat bermanfaat untuk pertanian. manfaat iklim di bidang pertanian, di antaranya adalah untuk menentukan waktu tanam dan jenis tanaman yang sesuai.
  2. Bidang Sosial,  bagi petani, tidak ekonomisnya pertanian akan menyebabkan alih fungsi lahan dan pergantian corak produksi. Bagi nelayan, tidak melaut berarti tidak makan, seiring dengan meningkatnya intensitas badai.
  3. Bidang Budaya, budaya berpakaian dan arsitektur rumah. Bentuk atap rumah yang menyerupai prisma segitiga, terjadi karena curah hujan Indonesia tinggi. Sehingga, kita harus membuat rumah dengan atap yang "tidak menampung air".

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved