Roboguru

Jelaskan pengaruh global warming untuk kawasan ASEAN !

Pertanyaan

Jelaskan pengaruh global warming untuk kawasan ASEAN !

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Pemanasan global mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu yang memiliki dampak diantaranya:

  1. Adanya perubahan pola iklim, (peningkatan suhu yang terjadi mengakibatkan perubahan pola iklim di ASEAN)
  2. Kondisi cuaca yang tidak menentu, (akibat perubahan pola iklim dan peningkatan suhu yang terjadi hal ini tentunya memiliki dampak pada kondisi cuaca yang tidak menentu)
  3. Kebarakan hutan, (karena adanya perubahan pola iklim dan kondisi cuaca yang tidak menentu di ASEAN menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan dan berpotensi terjadi kebakaran)
  4. Gagal panen, (perubahan pola iklim dan cuaca juga mengakibatkan banyaknya terjadi gagal panen di ASEAN)
  5. Ancaman terhadap beberapa jenis flora dan fauna di ASEAN, (kenaikan suhu mempengaruhi ekosistem yang ada di ASEAN, ada beberapa flora dan satwa yang sulit beradaptasi dengan kenaikan suhu yang terjadi sehingga berpotensi menyebabkan kepunahan flora dan satwa di ASEAN)
  6. Kenaikan air permukaan laut (mengancam wilayah pesisir di ASEAN berupa bajir rob dan berkurangnya luas daratan).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perekonomian Singapura bertumpu pada ...

Pembahasan Soal:

Singapura merupakan salah satu negara maju yang terletak di Asia Tenggara. Dari sisi sumber daya alam, negara Singapura tergolong negara miskin. Oleh sebab itu, perekonomian Singapura bertumpu pada industri dan jasa non agraris. Produk ekspor dari negara Singapura antara lain, produk dalam bidang elektronik dan kimia. Selain itu, negara Singapura dikenal dengan pelayanan jasa yang berkualitas, seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pariwisata.undefined

0

Roboguru

Indonesia pada tahun 2018 memiliki pendapatan perkapita $4.284,7 yang berarti termasuk dalam kategori pendapatan perkapita ….

Pembahasan Soal:

PBB telah menetapkan klasifikasi untuk pendapatan perkapita sebagai berikut:

Indonesia memiliki pendapatan perkapita 4.284,7 $ yang berarti termasuk dalam kategori pendapatan perkapita menengah ke atas. Jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Jelaskan transportasi di kawasan ASEAN pada masa kolonialisme sampai masa kemerdekaan negara-negara ASEAN !

Pembahasan Soal:

Transportasi di kawasan ASEAN pada awalnya sangat terpengaruh oleh era kolonialisme. Salah satu cirinya adalah adanya jalur transportasi kereta api. Banyak jalur kereta api yang dibangun oleh penjajah untuk memudahkan tranportasi dan penyaluran hasil-hasil bumi. Jalur kereta kuno tersebut sekarang banyak yang sudah non aktif dan dijadikan cagar budaya, namun ada juga yang masih dipertahankan menjadi jalur kereta utama seperti di negara Indonesia. 

0

Roboguru

Apa mata pencaharian di Timor Leste ?

Pembahasan Soal:

Kondisi topografi Timor Leste menyebabkan sulitnya pengelolaan lahan secara optimal terutama untuk kepentingan pertanian dan akses transportasi antar wilayah. Padahal, lebih dari 90% rumah tangga dan desa di Timor Leste mengandalkan pertanian subsisten sebagai mata pencaharian utama. Selain itu mata pencaharian di Timor Leste juga sebagai nelayan dan penduduk kota sebagai pedagang.undefined  

0

Roboguru

Bagaimana kegiatan ekonomi negara yang memiliki bendera seperti pada gambar?

Pembahasan Soal:

Brunei darussalam adalah sebuah negara Monarki yang terletak di sebelah utara pulau kalimantan. Kegiatan ekonomi Brunei Darussalam antara lain:

  1. Pertanian dan perdagangan, daerahnya yang subur menjadikan banyak masyarakat Brunei yang bekerja di sektor pertanian dan perdagangan. Hasil pertanian di Brunei Darussalam antara lain padi, jagung, kelapa, karet, rotan, dll.
  2. Pertambangan, Brunei Darussalam merupakan negara yang kaya dengan barang tambang, terutama minyak bumi dan gas alam. Ini membuat banyak sekali masyarakat yang bekerja di sektor pertambangan.
  3. Industri dan perkantoran, karena perekonomian di Brunei Darussalam cukup maju, maka sektor industri dan perkantoran juga terus berkembang dan membuat cukup banyak masyarakat yang bekerja di sektor ini.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved