Roboguru

Jelaskan penerapan sosiologi dalam upaya pemberantasan korupsi!

Pertanyaan

Jelaskan penerapan sosiologi dalam upaya pemberantasan korupsi!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi Masalah sosial : Kejahatan korupsi. 

Kejahatan adalah bentuk masalah sosial tertua. Kejahatan timbul karena orang berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara melanggar norma hukum dan moral. Sementara itu, hukum mengatur perilaku orang agar tidak merugikan masyarakat. Sedangkan korupsi sebagai salah satu bentuk kejahatan yang akhirakhir ini menjadi sasaran perhatian pemerintah. Tindakan jahat itu tidak sematamata melanggar hukum, tetapi menurut Selo Soemardjan, juga menyebabkan rusaknya tatanan sosial.

Untuk mengatasi kejahatan seperti ini diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai penyebab, akibat, dan langkah-langkah yang dapat dilakukan. Di sinilah letak penerapan pengetahuan sosiologi dalam mengatasi kejahatan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sosiolog dapat memberikan sumbangan berkaitan dengan cara kerja yang sistematis dalam suatu penelitian sosial maupun pemecahan masalah sosial, sehingga dapat mencapai tujuan sesuai dengan harapan masy...

Pembahasan Soal:

Seorang sosiolog dapat membantu penyelesaian sebuah masalah sosial dengan melakukan penelitian. Penelitian sosial yang dilakukan di lapangan diharapkan mampu menyumbangkan sumbangan-sumbangan solusi untuk pemecahan sebuah masalah di masyarakat. Pada bagian ini, sosiologi berfungsi sebagai penganalisa masalah sosial.

0

Roboguru

Berikut ini adalah pengetahuan sosiologi yang dapat diterapkan dalam mengatasi budaya korupsi, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah fungsi sosiologi dalam memecahkan masalah sosial

Sebagai sebuah ilmu yang mempelajari masyarakat, tentunya sosiologi dapat diterapkan untuk mengatasi masalah sosial. Penerapan ilmu sosiologi untuk mengatasi masalah sosial seperti korupsi yaitu dengan cara melakukan penelitian ilmiah dan pemahaman yang mendalam terhadap masalah sosial tersebut. Dengan pemahaman yang mendalam maka tercipta penerapan kebijakan tepat sasaran. Pemahaman terhadap masalah contohnya adalah menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab korupsi dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memberantas korupsi dengan melakukan sosialisasi hukum tentang korupsi, dan mengkaji dampak buruk korupsi 

Jadi, jawaban yang tepat adalah mengamati setiap perilaku warga masyarakatspace space(E)space space

 

0

Roboguru

Akhir-akhir ini masalah-masalah sosial sering terjadi. Menurut kalian,apakah peran sosiologi dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di lndonesia !

Pembahasan Soal:

Peran sosiologi dalam mengatasi masalah sosial diantaranya dapat berperan untuk membantu pemerintah dalam mencari solusi dan upaya – upaya penyelesaian masalah dengan memberikan data melalui kegiatan riset atau penelitian. 

0

Roboguru

Jelaskan fungsi dan peran sosiologi !

Pembahasan Soal:

  • Fungsi sosiologi :
  1. Pembangunan. Sosiologi berguna memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembangunan.
  2. Penelitian. Hasil penelitian sosiologi dapat dimanfaatkan untuk pemecahan masalah sosial atau menyusun rencana dalam mengambil keputusan.
  • Peran sosiolog :
  1. Ahli riset. Para sosiolog melakukan riset ilmiah untuk mencari data sosial suatu masyarakat.
  2. Konsultan kebijakan. Sosiolog melalui kajian ilmiahnya dapat berperan memberikan pertimbangan - pertimbangan kepada pemerintah sebelum menetapkan suatu kebijakan.
  3. Teknisi. Pada peran ini sosiolog dituntut memberikan solusi atas masalah sosial melalui pandangan - pandangan ilmiahnya.
  4. Guru atau pendidik. Sosiolog menjadi guru atau pendidik bagi masyarakat atas berbagai masalah sosial yang ada. Melalui hasil kajian ilmiahnya sosiolog menjelaskan fenomena sosial sehingga masyarakat bertambah wawasannya.space space space

0

Roboguru

Sebutkan fungsi sosiologi...

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan tentang fungsi sosiologi.

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki dampak dan fungsi terhadap masyarakat. Fungsi tersebut di antaranya; 

  1. Fungsi sosiologi dalam perencanaan sosial, yaitu mengatasi berbagai macam kemungkinan yang nantinya muncul saat masalah terjadi dan dapat mengalami perubahan sosial dalam masyarakat.
  2. Fungsi dalam penelitian, yaitu sosiologi dapat digunakan untuk meningkatkan mutu ilmu itu sendiri atau menemukan ilmu baru.
  3. Fungsi pembangunan. Menyediakan data sosial yang diperlukan untuk pelaksanaan pembangunan.
  4. Fungsi sebagai pemecah masalah sosial. Melalui analisa terhadap data - data sosial, sosiologi dapat memberikan solusi atas suatu masalah sosial.

Berdasarkan uraian diatas, terdapat empat fungsi sosiologi dalam masyarakat yaitu; Sosiologi sebagai alat perencanaan sosial, sebagai alat dalam penelitian, alat dalam pembangunan, dan sebagai alat pemecahan masalah sosial.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved