Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan penerapan sifat koloid dalam mengatasi asap pabrik agar tidak mencemari lingkungan.

Jelaskan penerapan sifat koloid dalam mengatasi asap pabrik agar tidak mencemari lingkungan. 

Iklan

J. Siregar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penerapan sifat koloid dalam mengatasi asap pabrik yakni menggunakan sifat koagulasi (pengendapan asap pabrik).

 penerapan sifat koloid dalam mengatasi asap pabrik yakni menggunakan sifat koagulasi (pengendapan asap pabrik).

Iklan

Pembahasan

Salah satu sifat koloid adalah koagulasi yaitu peristiwa terjadinya pengendapan pada koloid. Penggumpalan partikel terjadi karena adanya kerusakan stabilitas sistem koloid atau karena penggabungan partikel koloid yang berbeda muatan sehingga membentuk partikel yang lebih besar. Sifat koagulasi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asap pabrik yang dapat mencemari lingkungan. Proses penerapan koagulasi pada peristiwa tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Metode pengolahan asap pabrik tersebut merupakan metode yang dikembangkan oleh ilmuwan Amerika Serikatyang bernama Frederick Cottrell (1877-1948) dan dikenal dengan metode Cottrell. Pada prinsipnya asap dari pabrik digumpalkan dengan melewatkannya pada cerobong yang dilengkapi dengan elektrode runcing bertegangan tinggi (20.000-75.000 volt). Ujung elektrode yang runcing menyebabkan molekul yang ada di udara mengalami ionisasi. Ion itu selanjutnya akan adsorpsi oleh partikel asap sehingga menjadi bermuatan listrik. Karena bermuatan listrik, partikel asap tertarik dan diikat oleh elektrode. Akibatnnya, asap dapat diendapkan. PengendapCottrell banyak dipasang dalam cerobong asap pabrik untuk mencegah polusi udara oleh limbah beracun atau memperoleh kembali debu yang berharga, misalnya debu logam. Jadi,penerapan sifat koloid dalam mengatasi asap pabrik yakni menggunakan sifat koagulasi (pengendapan asap pabrik).

Salah satu sifat koloid adalah koagulasi yaitu peristiwa terjadinya pengendapan pada koloid. Penggumpalan partikel terjadi karena adanya kerusakan stabilitas sistem koloid atau karena penggabungan partikel koloid yang berbeda muatan sehingga membentuk partikel yang lebih besar. Sifat koagulasi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asap pabrik yang dapat mencemari lingkungan. Proses penerapan koagulasi pada peristiwa tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

Metode pengolahan asap pabrik tersebut merupakan metode yang dikembangkan oleh ilmuwan Amerika Serikat yang bernama Frederick Cottrell (1877-1948) dan dikenal dengan metode Cottrell. Pada prinsipnya asap dari pabrik digumpalkan dengan melewatkannya pada cerobong yang dilengkapi dengan elektrode runcing bertegangan tinggi (20.000-75.000 volt). 

Ujung elektrode yang runcing menyebabkan molekul yang ada di udara mengalami ionisasi. Ion itu selanjutnya akan adsorpsi oleh partikel asap sehingga menjadi bermuatan listrik. Karena bermuatan listrik, partikel asap tertarik dan diikat oleh elektrode. Akibatnnya, asap dapat diendapkan. Pengendap Cottrell banyak dipasang dalam cerobong asap pabrik untuk mencegah polusi udara oleh limbah beracun atau memperoleh kembali debu yang berharga, misalnya debu logam. 

Jadi, penerapan sifat koloid dalam mengatasi asap pabrik yakni menggunakan sifat koagulasi (pengendapan asap pabrik).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

71

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sifat koloid dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain pada: (1) Sorot lampu bioskop yang berkabut; (2) Cara kerja obat norit; (3) Proses pencucian darah (4) Pembentukan del...

40

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia