Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan pembuatan asam sulfat dengan proses kamar timbal dan proses kontak!

Jelaskan pembuatan asam sulfat dengan proses kamar timbal dan proses kontak!space 

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pembuatan asam sulfat dengan proses kamar timbal dilakukan dalam wadah berlapis timbal dengan katalis nitrosa sedangkanproses kontak dilakukan jugadengan membakar belerang, namun menggunakan katalis vanadium pentaoksida.

 pembuatan asam sulfat dengan proses kamar timbal dilakukan dalam wadah berlapis timbal dengan katalis nitrosa sedangkan proses kontak dilakukan juga dengan membakar belerang, namun menggunakan katalis vanadium pentaoksida.

Iklan

Pembahasan

Pembuatan asam sulfat ada dua cara. 1. Pembuatan Asam Sulfat dengan Proses Bilik Timbel Proses ini dilakukan dalam wadah atau bilik berlapis timbal. Fungsinya adalah untuk menampung yang dihasilkan. Asam sulfat yang dihasilkan berkadar 77%. Belerang dibakar dengan oksigen sehingga menghasilkan , pembakaran lebih lanjut menghasilkan . Katalis yang digunakan adalah uap nitrosa (NO dan ) yang dihasilkan kembali secara terus-menerus selama proses berlangsung. Kemurnian asam sulfat yang dihasilkan dari proses ini tidak terlalu tinggi, namun peralatan yang digunakan cukup sederhana dan biaya produksi rendah. 2. Pembuatan Asam Sulfat dengan Proses Kontak Langkah pertama adalah membakar belerang untuk memperoleh belerang dioksida ( ). Senyawa yang terbentuk kemudian direaksikan dengan untuk menghasilkan dengan katalis vanadium pentaoksida. Gas yang dihasilkan kemudian dilarutkan dalam asam sulfat pekat (98-99%) sehingga dihasilkan asam pirosulfat ( ) yang disebut oleum . Selanjutnya asam pirosulfat direaksikan dengan air sehingga diperoleh asam sulfat dengan kadar 98% massa. Asam sulfat yang dihasilkan memiliki kemurnian tinggi dan jumlah yang dihasilkan cukup besar. Namun harus menggunakan peralatan khusus dan biaya proses yang tinggi. Jadi,pembuatan asam sulfat dengan proses kamar timbal dilakukan dalam wadah berlapis timbal dengan katalis nitrosa sedangkanproses kontak dilakukan jugadengan membakar belerang, namun menggunakan katalis vanadium pentaoksida.

Pembuatan asam sulfat ada dua cara.

1. Pembuatan Asam Sulfat dengan Proses Bilik Timbel

Proses ini dilakukan dalam wadah atau bilik berlapis timbal. Fungsinya adalah untuk menampung H subscript 2 S O subscript 4 yang dihasilkan. Asam sulfat yang dihasilkan berkadar 77%. Belerang dibakar dengan oksigen sehingga menghasilkan S O subscript 2, pembakaran lebih lanjut menghasilkan S O subscript 3. Katalis yang digunakan adalah uap nitrosa (NO dan N O subscript 2) yang dihasilkan kembali secara terus-menerus selama proses berlangsung. Kemurnian asam sulfat yang dihasilkan dari proses ini tidak terlalu tinggi, namun peralatan yang digunakan cukup sederhana dan biaya produksi rendah.

2. Pembuatan Asam Sulfat dengan Proses Kontak

Langkah pertama adalah membakar belerang untuk memperoleh belerang dioksida (S O subscript 2). Senyawa S O subscript 2 yang terbentuk kemudian direaksikan dengan O subscript 2 untuk menghasilkan S O subscript 3 dengan katalis vanadium pentaoksida. Gas S O subscript 3 yang dihasilkan kemudian dilarutkan dalam asam sulfat pekat (98-99%) sehingga dihasilkan asam pirosulfat (H subscript 2 S subscript 2 O subscript 7) yang disebut oleum. Selanjutnya asam pirosulfat direaksikan dengan air sehingga diperoleh asam sulfat dengan kadar 98% massa. Asam sulfat yang dihasilkan memiliki kemurnian tinggi dan jumlah yang dihasilkan cukup besar. Namun harus menggunakan peralatan khusus dan biaya proses yang tinggi.

Jadi, pembuatan asam sulfat dengan proses kamar timbal dilakukan dalam wadah berlapis timbal dengan katalis nitrosa sedangkan proses kontak dilakukan juga dengan membakar belerang, namun menggunakan katalis vanadium pentaoksida.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan proses pembuatan asam sulfat dengan cara kontak dan kamar timbel!

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia