Roboguru

Jelaskan pelaksanaan eksplotasi kekayaan Alam Jepa...

Jelaskan pelaksanaan eksplotasi kekayaan Alam Jepang lebih kejam daripada jaman Belanda meskipun lebih singkat menjajah!

Jawaban:

Meskipun sama-sama datang dengan tujuan menguasai Indonesia, Jepang terkenal "lebih sadis dan brutal" dibandingkan para Koloni.  Sejak awal kedatangannya, Jepang menggunakan strategi licik yaitu propaganda. Ia berpura-pura menjadi juru selamat bagi negara-negara di Asia. Slogannya adalah 3A: Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Cahaya Asia.  Perbedaan lain antara Kolonial dan Jepang adalah, Jepang sangat bernafsu untuk memasukkan budayanya ke Indonesia. Salah satunya seikirei yaitu  Kebiasaan orang Jepang untuk membungkukkan badan. Rakyat kita dipaksa melakukannya demi menghormati kaisar Jepang (saat itu dijabat oleh Michinomiya Hirohito), yang dianggap keturunan Dewi Matahari.  Upaya pemasukan budaya Jepang memang sangat kental. Anak-anak sekolah harus menyanyikan Kimigayo dan harus menghormati bendera Hinomaru. 

Jepang juga mengeruk sumber daya alam yang ada. Lahan-lahan perkebunan yang sebelumnya dibuat oleh Belanda, kini diganti menjadi lahan pertanian. Pada masa Jepang, lahan pertanian dipakai untuk pemenuhan kehidupan sehari-hari dan untuk kepentingan perang Jepang. Berbeda dengan Belanda yang bisa diekspor sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat.  Perintah pembayaran pajak yang tinggi juga diterapkan oleh Jepang. Alhasil, rakyat Indonesia semakin miskin sampai-sampai banyak penduduk yang terpaksa mengenakan baju dari karung goni.

Dengan demikian, Jepang mengeruk sumber daya alam yang ada di Indonesia dimana lahan perkebunan yang pada masa Belanda dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi rakyat dengan melakukan ekspor, pada masa Jepang digantikan menjadi lahan pertanian untuk mencukupi kebutuhan perang Jepang dan kebutuhan rakyat sehari-hari saja.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved