Roboguru

Jelaskan pandangan Anda mengenai globalisasi ideologi yang berdampak pada lunturnya eksistensi jati diri bangsa!

Pertanyaan

Jelaskan pandangan Anda mengenai globalisasi ideologi yang berdampak pada lunturnya eksistensi jati diri bangsa! space space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah pengaruh negatif globalisasi terhadap kehidupan masyarakat. 

Konsep pada soal terkait dengan adanya dampak negatif karena adanya globalisasi, yang mana globalisasi akan membawa banyak perubahan termasuk dampak-dampaknya. Globalisasi sendiri dapat diartikan sebagai  proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Adanya globalisasi akan membawa banyak pengaruh dalam kehidupan masyarakat, masyarakat yang semakin bebas, terbuka dengan sangat mudah kebudayaan-kebudayaan baru masuk dalam diri masyarakat. 

Keadaan masyarakat yang semakin terbuka membuat globalisasi mempengaruhi pola-pola kehidupan masyarakat sehingga muncul banyak pengaruh dari negara-negara maju yang menyebabkan melemahnya penghayatan terhadap Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan meleburkan nilai dan budaya asli bangsa. Hal ini patut diwaspadai, apalagi pengaruh-pengaruh yang dibawa asing tersebut bisa saja bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Karena adanya globalisasi masyarakat cenderung lebih memilih untuk mengikuti arus dan melupakan jati diri sebagai bangsa yang identik dengan kebudayaan dan nilai yang kental sehingga identitasnya sebagai masyarakat yang memiliki banyak kebudayaan mulai luntur dan digantikan dengan budaya-budaya barat atau mengarah pada sikap westernisasi yang cenderung membawa pengaruh negatif. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puji

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masyarakat yang gemar menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan lebih berisiko terjangkit pola hidup boros. Dampak negatif perilaku tersebut bagi kehidupan masyarakat adalah ....

Pembahasan Soal:

Masyarakat cenderung memenuhi keinginannya daripada kebutuhan pokoknya. Fenomena tersebut dikenal dengan Istilah konsumerisme. Masyarakat yang terjebak perilaku konsumtif lebih tertarik mengonsumsi barang bukan karena kebutuhan, melainkan didasarkan pada keinginan, kekinian, dan prestise.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Globalisasi yang terjadi di Indonesia dalam bidang perdagangan batu bara memberikan kesempatan kepada pemain asing membuka usaha di Indonesia. Kondisi tersebut selain memberikan dampak positif berupa ...

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan proses ketergantungan antarmasyarakat dunia dalam hal budaya,ekonomi, dan interaksi tanpa dihalangi oleh  batas-batas negara atau geografis. Masuknya perdagangan batu bara memberikan kesempatan kepada pihak asing untuk membuka usaha, yang berdampak positif terhadap investasi yang menaikkan derajat ekonomi. Akan tetapi juga berdampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat yaitu suburnya sikap materialisme karena meningkatnya penghasilan. Sikap materialisme merupakan dampak negatif dari globalisasi karena materialisme merupakan gaya hidup yang berorientasi kepada materi semata. Dengan peningkatan derajat ekonomi masyarakat dan meningkatnya penghasilan masyarakat memungkinkan munculnya dan berkembangnya sikap hidup materialisme.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Kendali ekonomi tergantung pada kepentingan asing merupakan dampak negatif dalam aspek ekonomi
  • Rusaknya kondisi alam kerena kegiatan pertambangan merupakan dampak negatif dalam aspek geografis
  • Hilangnya adat budaya setempat karena masuknya budaya asing merupakan dampak negatif dalam aspek budaya
  • Meningkatnya ras individualis yang terjadi pada masyarakat sekitar merupakan dampak negatif dalam aspek sosial, tetapi hal itu tidak sesuai dengan ilustrasi yang menjelaskan tentang naiknya derajat ekonomi dan tingkat penghasilan masyarakat.

0

Roboguru

Cara menangkal dampak negatif globalisasi adalah....

Pembahasan Soal:

Dampak negatif dari globalisasi dapat kita atasi dengan tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai agama dan nilai-nilai Pancasila yang merupakan pedoman berperilaku yang sudah disosialisasikan sejak kecil dan harus menjadi kepribadian bangsa. Tanpa adanya pedoman berperilaku maka seorang individu akan menjadi labil dan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bersifat negatif.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Dspace space

0

Roboguru

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!  Globalisasi merupakan proses terciptanya dunia yang tunggal  Dalam globalisasi diwarnai oleh terjadinya revolusi elektronik dalam berbagai proses sosial  ...

Pembahasan Soal:

Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaida baru yang sama.

Adapun karakteristik globalisasi sebagai berikut: 

  1. Perubahan konsep ruang dan waktu. Adanya penemuan baru seperti telepon, handphone, internet, dan berbagai macam lainnya yang menunjukkan bahwa komunikasi secara global terjadi secara cepat. 
  2. Globalisasi merupakan proses terciptanya dunia yang tunggal. 
  3. Pasar dan produksi ekonomi di semua negara saling ketergantungan dengan produk lainnya karena perdagangan internasional. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Pada era globalisasi saat ini memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas pariwisata ke berbagai negara di dunia. Salah satunya, yaitu aktivitas wisatawan asing yang melakukan perjalanan wisata ke ...

Pembahasan Soal:

Karakteristik globalisasi meliputi perubahan dalam konsep ruang dan waktu, ketergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara berbeda, peningkatan interaksi kultural, dan meningkatnya masalah bersama. Berdasarkan kasus di atas, globalisasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas pariwisata ke berbagai negara merupakan salah satu aktivitas yang dapat menimbulkan masalah global. Masalah global tersebut, yaitu salah satunya tragedi bom Bali yang memakan korban jiwa baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Dapat dikatakan bahwa tragedi bom Bali yang memiliki hubungan dengan aksi terorisme tersebut, merupakan salah satu bentuk masalah global yang dapat mengganggu stabilitas keamanan suatu negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved