Roboguru

Jelaskan menurut Anda, bagaimana perusahaan dapat mengatasi permasalahan dalam melakukan strategi operasi !

Pertanyaan

Jelaskan menurut Anda, bagaimana perusahaan dapat mengatasi permasalahan dalam melakukan strategi operasi !  

  1. ....  undefined

  2. ....  

Pembahasan Soal:

Strategi operasi adalah seperangkat sasaran, rencana, dan kebijakan yang menjabarkan bagaimana fungsi operasi menunjang strategi bisnis oerganisasi atau rencana tindakan organisasi untuk mencapai misi. Masalah-masalah yang harus dihadapi oleh perusahaan dalam menjalankan strategi operasi adalah perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan.

Ketika permasalahan ini terjadi maka terdapat 10 keputusan manajemen operasi  yaitu kualitas, desain barang dan jasa, desain proses dan kapasitas, pemilihan lokasi, perancangan kerja dan SDM, manajemen rantai-supply, persediaan, penjadwalan, dan perawatan.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penilaian dengan seluruh aspek yang ada dikenal dengan nama studi kelayakan usaha dan biasanya digunakan untuk proyek-proyek yang bernilai besar. Apakah aspek yang dinilai dalam studi kelayakan?

Pembahasan Soal:

Aspek-aspek yang di nilai dari studi kelayakan bisnis adalah:

  1. Aspek Manajemen: Dalam aspek manajemen ini berisi tentang penjelasan kegiatan manajemen dari perusahaan tersebut. Hal ini bisa dilihat terkait dengan kesiapan SDM-nya dan nantinya akan di analisis oleh lembaga keuangan (bank) melalui struktur organisasi dan job description dari perusahaan tersebut.

  2. Aspek Pasar dan Pemasaran: Karena di dalam aspek pasar dan pemasaran ini kita bisa tahu  bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh pengusaha dalam menghadapi persaingan bisnis yang ada, bagaimana segmentasi pasar dan pasar sasaran yang digunakan pebisnis dalam meningkatkan pangsa pasar. Dan apakah bisnis yang dijalankan ini akan menghasilkan keuntungan/ laba yang besar atau tidak.

  3. Aspek Teknis dan Operasi: Aspek ini juga harus dipertimbangkan/ dinilai sebelum memberikan pinjaman kepada pengusaha, yaitu dengan memperhatikan lokasi perusahaan, layout (tata letak) perusahaan, gambaran produk, proses produksi maupun yang lainnya.

  4. Aspek Keuangan: Dalam aspek keuangan ini menjelaskan bahwa bagaimana laporan posisi keuangan/ neraca dari perusahaan yang dirintis oleh pengusaha tersebut, pihak bank akan mempertimbangkan dengan melihat laporan arus kasnya (cash flow), sumber dananya dari mana, perkiraan kebutuhan dananya berapa, serta proyeksi laba rugi perusahaan tersebut.

  5. Aspek Sumber Daya Manusia (SDM): Kesuksesan suatu perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sebuah proyek bisnis sangat bergantung pada SDM yang solid antara manajer dengan karyawan.

  6. Aspek Lingkungan: Aspek lingkungan berkaitan dengan dampak yang ditimbulkan dari usaha yang dirintis, seperti pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan akibat adanya perusahaan tersebut.

  7. Aspek Yuridis/ Legalitas: Kita harus memperhatikan kekuatan hukum yang menjadi pedoman dalam menjalankan usaha tersebut, yaitu mencakup bentuk badan hukum yang dipakai dan jaminan yang di berikan kepada bank/ investor, entah itu berupa sertifikat maupun yang lainnya. space space

Roboguru

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam pendirian usaha yaitu teknis dan teknologi. Penerapan aspek tersebut berkaitan dengan penerapan ....

Pembahasan Soal:

Studi kelayakan bisnis aspek teknik dan teknologi yaitu untuk meyakini secara teknis dan pilihan teknologi, mengenai rencana bisnis dapat dilaksanakan secara layak atau tidak layak, baik pada saat pembangunan bisnis berjalan atau operasional secara rutin. Dalam aspek teknik terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah usaha, yaitu: Rencana Produksi, Strategi Bisnis, Proses Produksi, dan Volume Produksi. Sedangkan aspek teknologi terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah usaha, yaitu: Teknolgi perusahaan, Pemilihan Mesin dan Peralatan (Manusia atau Mesin), dan Kualitas dari Teknologi.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah A.space  

Roboguru

Dalam menerapkan strategi operasi secara global yang menjadi salah satu permasalaharnya adalah budaya dan etika. Menurut Anda, bagaimana sebaiknya perusahaan menyikapi hal tersebut?

Pembahasan Soal:

Perusahaan menjadi global didasari beberpa alasan seperti efisiensi biaya, perbaikan manajemen rantai pasokan , pemberian produk yang lebih baik, menarik pasar baru , beroperi lebih baik dan medapatkan bakat global.

Pernyataan bahwa dalam menerapkan strategi operasi secara global yang menjadi salah satu permasalaharnya adalah budaya dan etika, diartikan sebagai adanya dampak budaya dan etika dimana budaya tiap negara berbeda. Hal tersebut disikapi dengan arif agar kegiatan operasional perusahaan dapat sukses.

Perusahaan dalam hal ini perlu menyikapi dengan melakukan kebiasaan jam istirahat di negara tersebut, perlindungan terhadap hak intelektual, dan mencegah budaya korupsi.  

Roboguru

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis pendiri harus memperhatikan berbagai aspek tertentu. Semua kegiatan yang berhubungan dengan legalitas dan perizinan usaha dalam bisnis termasuk penerapan dari as...

Pembahasan Soal:

Ketika melakukan studi kelayakan bisnis terdapat banyak aspek yang harus analisis demi keberhasilan suatu bisnis. Berikut adalah beberapa aspek yang biasanya dianalisis saat melakukan studi kelayakan bisnis.

  1. Aspek Hukum atau Legalitas, yaitu segala sesuatu yang menyangkut perizinan, legalitas, dan ketentuan hukum dalam pendirian bisnis.undefined 
  2. Aspek Ekonomi dan Budaya, pada sisi budaya hal yang dianalisis berhubungan dengan pengaruh dari adat istiadat yang ada di daerah didirikannya perusahaan terhadap perusahaan. Sedangkan, dari sisi ekonomi berhubungan dengan dampak yang akan terjadi pada pendapatan per kapita wilayah tersebut saat perusahaan didirikan.undefined 
  3. Aspek Pasar dan Pemasaran, yaitu segala sesuatu mengenai produk yang akan diproduksi dan bagaimana peluangnya.undefined 
  4. Aspek Manajemen, cakupan dari aspek ini sangat luas diantaranya adalah manajemen sumber daya manusia, manajemen operasional, hingga manajemen finansial.undefined 
  5. Aspek Keuangan, yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan penganggaran dana hingga perhitungan laba dalam kegiatan perusahaan dari awal hingga akhir. Aspek keuangan menjadi sangat penting karena akan menentukan juga strategi yang akan diambil oleh perusahaan. undefined 

Jadi, kegiatan yang menyangkut legalitas ataupun perizinan bisnis termasuk pada penerapan dari aspek hukum atau legalitas.undefined 

Roboguru

Untuk mempercepat proses produksi barang mentah menjadi barang jadi, PT Langit Biru mengganti sebagian tenaga manusia dengan menggunakan mesin. Dalam studi kelayakan bisnis kegiatan produksi di PT Lan...

Pembahasan Soal:

Mengganti tenaga manusia dengan mesin dalam studi kelayakan bisnis kegiatan produksi di PT Langit Biru termasuk ke dalam aspek manajemen operasional dan teknologi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi D. space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved