Roboguru

Jelaskan mengenai tujuan ceramah bersifat persuasif!

Pertanyaan

Jelaskan mengenai tujuan ceramah bersifat persuasif!space 

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah kegiatan menyampaikan informasi, nasihat, ataupun ajakan di depan khalayak secara lisan.

Yang dimaksud tujuan ceramah bersifat persuasif adalah ceramah mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan agar keyakinan pendengar semakin bertambah untuk melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik lagi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud tujuan ceramah bersifat persuasif adalah ceramah mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan agar keyakinan pendengar semakin bertambah untuk melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik lagi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ceramah yang bertujuan untuk menghibur pembaca disebut ....

Pembahasan Soal:

Cerarnah yaitu uraian oleh seseorang di depan khalayak mengenai suatu hal, pengetahuan, dan lain sebagainya. Tujuan cerarnah yaitu sebagai berikut:

  1. lnformatif/lnstruktif, ceramah memberikan informasi kepada pendengar mengenai suatu hal sehingga pendengar dapat memahami atau mengerti isi informasi dengan jelas dan benar.
  2. Persuasif, ceramah mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan agar keyakinan pendengar semakin bertambah untuk melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik lagi.
  3. Argumentatif, ceramah bertujuan untuk meyakinkan pendengar mengenai suatu hal.
  4. Deskriptif, ceramah bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan tentang suatu keadaan.
  5. Rekreatif, ceramah bertujuan untuk menghibur atau menggembirakan pendengar agar merasa puas.
  6. Naratif, ceramah bertujuan untuk menceritakan sesuatu kepada pendengar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space 

0

Roboguru

Jelaskan tujuan ceramah yang bersifat naratif!

Pembahasan Soal:

Teks ceramah ialah karangan berisi sekumpulan paragraf yang mengandung informasi, suatu hal, atau pengetahuan untuk disampaikan kepada khalayak ramai. Tujuan ceramah terbagi menjadi enam sifat, diantaranya: bersifat informatif, persuasif, argumentatif, deskriptif, rekreatif, dan naratif. Tujuan bersifat naratif ialah untuk menceritakan sesuatu kepada pendengar.

Jadi,  tujuan ceramah yang bersifat naratif menceritakan sesuatu kepada pendengar.space 

0

Roboguru

Bacalah teks ceramah berikut!     Bapak/lbu guru yang saya hormati,     Teman-teman yang saya sayangi,     Marilah kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha kuasa. Atas berkat dan ka...

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah pembicaraan di depan umum oleh ahli suatu bidang tertentu yang berisi informasi atau pengetahuan dalam situasi tertentu untuk tujuan tertentu dan disampaikan kepada pendengar tertentu. 

a. Jenis ceramah 

Berdasarkan tujuan ceramah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ceramah umum dan ceramah khusus. Ceramah umum adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan nasihat kepada khalayak umum atau masyarakat luas. Ceramah khusus adalah ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasihat-nasihat kepada audiensi atau khalayak tertentu dan bersifat khusus secara materi. Pada teks ini, tujuan ceramah dapat dilihat pada paragraf pertama kalimat kedua, yakni "saya akan mencoba mengemukakan permasalah di sekolah kita." Kata kunci sekolah kita menunjukkan bahwa topik dan audiens dari ceramah ini khusus, maka ceramah ini dikategorikan sebagai ceramah khusus.

b. Keberadaan informasi dalam ceramah

Salah satu ciri-ciri ceramah adalah menginformasikan topik yang dapat memperluas pengetahuan. Pada bagian isi teks ceramah ini ditemukan sejumlah kalimat yang menginformasikan bagaimana cara siswa menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Dari paragraf isi ini, ditunjukkan pentingnya kebersihan terutama di lingkungan sekolah.

c. Tujuan ceramah 

Tujuan ceramah adalah memberikan informasi tentang suatu hal atau pengetahuan kepada pendengarnya. Pada teks ini, tujuan ceramah dapat ditemukan di bagian pembuka dan bagian penutup. Secara lebih jelas, tujuan ceramah pada teks ini ditemukan di paragraf penutup kalimat pertama, yakni "...saya ucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kebersihan di lingkungan sekolah kita."

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa

  • Jenis ceramah tersebut merupakan ceramah khusus
  • Dalam ceramah tersebut menjelaskan tentang pentingnya kebersihan, terutama kebersihan lingkungan sekolah.undefined 
  • Tujuan ceramah tersebut adalah memberikan informasi tentang kebersihan lingkungan sekolah. 

0

Roboguru

Tujuan yang hendak dicapai dalam teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks ceramah berisi informasi penting yang berkaitan dengan permasalahan aktual di lingkungan. Tujuan utama dari ceramah ialah mendidik dan memberi pengetahuan baru. Pada teks ceramah tersebut memuat informasi yang bertujuan mendidik dan mengimbau khalayak agar lebih selektif lagi memilah informasi agar tidak terprovokasi oleh berita-berita yang belum tentu benar di tengah pelaksanaan pesta demokrasi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space  

0

Roboguru

Sebutkan 5 tujuan ceramah!

Pembahasan Soal:

Teks ceramah ialah karangan berisi sekumpulan paragraf yang mengandung informasi, suatu hal, atau pengetahuan untuk disampaikan kepada khalayak ramai. Cermah memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. memberikan informasi kepada pendengar mengenai suatu hal sehingga pendengar dapat memahami atau mengerti isi informasi dengan jelas dan benar
  2. mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan agar keyakinan pendengar semakin bertambah untuk melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik lagi.
  3. meyakinkan pendengar mengenai suatu hal.
  4. menggambarkan atau melukiskan tentang suatu keadaan
  5. menghibur atau menggembirakan pendengar agar merasa puas

Jadi, tujuan ceramah yaitu memberikan informasi, mengajak, meyakinkan pendengar, menggambarkan keadaan, dan menghibur pendengar.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved