Roboguru

Jelaskan mengenai penyakit rakitis!

Pertanyaan

Jelaskan mengenai penyakit rakitis!space 
 

Pembahasan Soal:

Rakitis merupakan kelainan pertumbuhan tulang pada anak yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Rakitis dapat menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh, sehingga mudah patah. Rakitis biasanya terjadi pada anak-anak usia 6 bulan sampai 3 tahun.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut adalah kelainan pada sistem gerak: 1) Atrofi 2) Tetanus 3) Osteoporosis 4) Rakitis Gangguan pada rangka ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Gangguan pada rangka diantaranya adalah Osteoporosis dan Rakhitis yang secara berurutan ditunjukan oleh nomor 3 dan 4. Sedangkan Atrofi dan tetanus merupakan kelainan pada otot. Atrofi adalah kehilangan atau penurunan massa otot, sedangkan tetanus merupakan kejang otot akibat infeksi bakteri. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Perhatikan macam-macam gangguan pada sistem gerak di bawah ini! 1. atrofi 2. tetanus 3. osteoporosis 4. rakitis Gangguan pada tulang ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Atrofi dan tetanus merupakan kelainan pada otot. Atrofi adalah kehilangan atau penurunan massa otot sedangkan tetanus merupakan kejang otot akibat infeksi bakteri. Osteoporosis dan rakitis merupakan kelainan pada tulang. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Kelainan pada sistem gerak dapat terjadi pada tulang, sendi, maupun otot. Berikut ini merupakan contoh kelainan pada tulang yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Kelainan pada sistem gerak dapat terjadi pada tulang, sendi, dan otot. Kelainan yang terjadi pada tulang diantaranya yaitu osteoporosis, kelainan pada tulang belakang, rakitis, dan fraktur. Kelainan yang terjadi pada sendi diantaranya yaitu terkilir, dislokasi, dan artritis. Sementara itu, kelainan yang terjadi pada otot diantaranya yaitu kram otot, atrofi, dan polio. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Upaya yang tidak menunjukkan sikap menjaga kesehatan sistem gerak adalah ...

Pembahasan Soal:

Gangguan pada tulang dapat terjadi dimana, kondisi tulang mengalami cedera yang menyebabkan timbulnya rasa sakit. Untuk itu diperlukannya beberapa upaya yang menunjukkan sikap menjaga kesehatan sistem gerak seperti dengan memenuhi vitamin D, menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah, dan olahraga rutin. Sedangkan memakan karbohidrat tinggi bukanlah sikap menjaga kesehatan sistem gerak karena akan menambah berat badan yang akan berakibatkan pada gangguan pada tulang.

Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah D.space space

0

Roboguru

Kondisi tulang belakang bagian punggung membengkok ke belakang adalah ....

Pembahasan Soal:

Kelainan lengkungan di tulang belakang dibedakan menjadi 3 yakni sebagai berikut.

  • Kifosis, adalah kelainan di lengkungan tulang belakang yang membuat punggung bagian atas terlihat membulat atau bengkok tidak normal ke belakang.
  • Lordosis adalah kelainan di lengkungan tulang belakang yang membuat punggung bagian bawah melengkung ke dalam secara berlebihan.
  • Skoliosis adalah kelainan di lengkungan tulang belakang yang membuat tulang belakang bengkok menyamping dengan sudut yang tidak normal

Setiap orang memiliki tulang belakang yang melengkung, pada kisaran 25o-45o. Namun, pada penderita kifosis kelengkungan tulang belakang dapat mencapai 50o atau lebih. Kondisi ini yang membuat orang menjadi bungkuk.

Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah A

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved