Roboguru

Jelaskan mengenai makna subsistem konsumsi!

Pertanyaan

Jelaskan mengenai makna subsistem konsumsi!

Pembahasan Soal:

Ketahanan pangan merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem ketersediaan, distribusi, dan konsumsi.
Subsistem konsumsi merupakan suatu subsistem dalam ketahanan pangan yang berfungsi untuk mengarahkan agar pola pemanfaatan pangan secara nasional memenuhi kaidah mutu, keragaman, kandungan gizi, keamanan, dan kehalalannya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan potensi geografis Indonesia kaitannya dengan ketahanan pangan!

Pembahasan Soal:

Secara geografis Indonesia berada diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia, berada di dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik, serta berada diantara pertemuan pegunungan Sirkum Pasifik dan Mediterania. Kondisi ini sangat menguntungkan Indonesia dalam hal perdagangan dunia karena wilayahnya merupakan bagian dari jalur yang dilewati untuk perdagangan dunia. Kondisi geografis wilayah Indonesia sangat mendukung untuk berbagai kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

  • Bidang Pertanian dan perkebunan. Indonesia merupakan negara agraris yang didukung dengan kondisi iklim tropis karena letaknya berada dekat dengan garis katulistiwa sehingga memiliki intensitas curah hujan dan penyinaran matahari yang baik untuk tumbuh kembang tanaman.
  • Perikanan. Indonesia merupakan negara maritim yang mana luas lautan lebih besar dari daratan yang memungkinkan Indonesia kaya dalam bidang perikanan. Berada di zona tropis mengakibatkan penyinaran matahari yang datang menyebabkan perairan hangat (proses upwelling) dan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi mahluk perairan.
  • Peternakan. Indonesia yang merupakan negara dengan iklim tropis dan tanah yang subur akibat terbentuknya gunung api dari proses bertemunya dua sirkum mengakibatkan banyak tumbuhan yang hidup guna menunjang kebutuhan makanan ternak. Kondisi yang hangat karena berada di zona tropis memungkinkan hewan dapat dengan mudah berkembang biak.

Berdasarkan dengan potensi geografis Indonesia, secara tidak langsung Indonesia memiliki sumber daya hayati yang kaya. Dengan begitu, Indonesia memiliki sumber daya hayati yang dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan negara Indonesia.space

Roboguru

Beberapa faktor yang mengancam ketahanan pangan di Indonesia yaitu ....

Pembahasan Soal:

Ketahanan pangan adalah kondis terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Ketersediaan pangan adalah kondisi tersedianya pangan dari hasil produksi dalam negeri dan cadangan pangan nasional serta impor apabila kedua sumber utama tidak dapat memenuhi kebutuhan. Sumber utama ketehanan pangan Indoenesia adalah pertanian, jika berkurangnya atau alih fungi lahan pertanian untuk pemenuhan kebutuhan seperti permukiman, industri, fasilitas umum, dan lainnya dapat mengancam ketersediaan pangan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Roboguru

Selain ketiga faktor yang disebutkan dalam artikel, faktor apa saja yang juga menjadi tantangan ketahanan pangan Indonesia saat ini?

Pembahasan Soal:

Selain ketiga faktor tersebut, faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan adalah sarana, prasara dan teknologi yang digunakan oleh para petani. Teknologi dalam rekayasa pangan juga diperlukan dalam hal ini untuk mengembangkan varietas unggul dalam pengadaan komoditas pangan. Selain itu, faktor cuaca dan iklim juga berpengaruh. Apabila cuaca dan iklim dalam keadaan baik maka petani bisa menghasilkan produktivitas pertanian lebih dan persediaan pangan yang memadai.space

Roboguru

Mengapa ketahanan pangan di Indonesia setiap daerahnya berbeda-beda?

Pembahasan Soal:

Karena dalam ketahanan pangan memiliki 4 komponen yaitu sebagai berikut.

  1. Ketersediaan pangan, jumlah kebutuhan pangan yang dikosumsi oleh setiap daerah berbeda-beda.
  2. Stabilitas ketersediaan pangan, adalah kondisi dimana adanya peningkatan harga pangan, bertambahnya produktivitas  dari tenaga kerja yang menjadikan suatu wilayah tidak mengalami kerwanan pangan dan kondisi tersebut akan berbeda disetiap daerah.
  3. Keterjangkauan terhadap pangan diartikan sebagai kedapatan secara fisik dan ekonomi untuk memperoleh pangan yang dikaitkan dengan kedapatan berproduksi atau kedapatan membeli pangan. 
  4. Kualitas pangan adalah keadaan pangan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi daerah berbeda-beda. 
Roboguru

Penyebab kerawanan pangan?

Pembahasan Soal:

Kerawanan pangan dapat didefinisikan sebagai tidak meratanya akses pangan secara cukup jumlah dan kualitas.  Penyebab terjadinya kerawanan pangan pada suatu wilayah adalah adanya ketimpangan terhadap akses dan pemanfaatan pangan oleh masyarakat. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved