Roboguru

Jelaskan mengenai keruntuhan Uni Soviet!

Pertanyaan

Jelaskan mengenai keruntuhan Uni Soviet!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Runtuhnya Uni Soviet diawali dengan terpilihnya Mikhail Gorbachev sebagai Sekjen Partai Komunis dan Presiden Uni Soviet pada 11 Maret 1985. Mikahil Gorbachev menghadapi permasalahan seputar kemacetan di bidang ekonomi. Untuk mengatasi permaslahan tersebut, Uni Soviet melakukan pembaharuan baik di bidang politik maupun ekonomi. Program pembaharauan tersebut dikenal dengan glasnost yang berarti keterbukaan serta perestroika yang berarti restrukturisasi. Dampak dari kebijakan tersebut adalah keutuhan Uni Soviet yang tidak dapat dipertahankan lagi.

Dengan demikian keruntuhan Uni Soviet disebabkan oleh kegagalan kebijakan yang terapkan oleh MIkhail Gorbachev yang dianggap tidak sesuai dengan ideologi komunis

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan hubungan antara situasi politik yang terjadi di Uni Soviet dengan reunifikasi Jerman.

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Mengapa Uni Soviet pada akhirnya mengalami perpecahan? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Perhatikan data-data berikut ! kemajuan teknologi informasi komunisme sebagai sebuah doktrin berakhirnya persaingan dengan Amerika pembaharuan dalam bentuk glastnost dan perestroika runtuhnya Y...

Pembahasan Soal:

Uni Soviet merupakan salah satu negara adikuasa pemenang Perang Dunia II. Pada 1947-1991, Uni Soviet menjadi pusat dari aliansi negara komunis Blok Timur selama Perang Dingin. Hingga awal tahun 1991, Uni Soviet adalah negara dengan wilayah kekuasaan terbesar di dunia. Masa kejayaan Uni Soviet tidak mampu bertahan lama. Seletelah 69 taun berdiri, Uni Soviet mengalami keruntuhan pada Desember 1991. Keruntuhan Uni Soviet bermula dari kemerosotan ekonomi pada sekitar tahun 1980. Kemerosotan ekonomi tersebut berdampak negatif pada seluruh aspek kehidupan Uni Soviet. Faktor-faktor penyebab runtuhnya Uni Soviet antara lain: rakyat yang tidak memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, pemerintahan yang totaliter, kemiskinan melanda Uni Soviet, akibat komunisme yang dianggap sebagai sebuah doktrin, kebijakan Gorbachev yaitu glastnost dan perestroika yang dianggap gagal, bubarnya Pakta Warsawa.

Dengan demikian, runtuhnya Uni Soviet disebabkan oleh adanya kondisi yang ditunjukkan oleh kemiskinan melanda Uni Soviet, akibat komunisme yang dianggap sebagai sebuah doktrin dan kebijakan Gorbachev yaitu glastnost dan perestroika yang dianggap gagal.

Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan pada nomor 2 dan 4.

 

0

Roboguru

Pada tanggal 11 Maret 1985, Mikhail Gorbachev terpilih menjadi pemimpin Uni Soviet dengan usia yang termuda. Ia melakukan langkah-langkah pembaharuan yang dikenal dengan Perestroika dan Glasnots. Namu...

Pembahasan Soal:

Mikhail Gorbachev terpilih menjadi pemimpin Uni Soviet dengan usia yang termuda pada 11 Maret 1985. Ia menjabat ketika Uni Soviet mengalami krisis, sehingga ia menerapkan Perestroika atau restrukturisasi politik dan ekonomi. Kebijakan ini berusaha mengubah sistem komunis menjadi lebih demokratis dengan tiga prinsip utama. Pertama Glasnost (keterbukaan politik), kedua Democratizatisiya (demokratisasi), dan Rule of Law (supremasi hukum).
Kebijakan ini mengakibatkan terjadinya pertentangan antara kelompok moderat, konservatif, dan radikal terhadap sistem komunisme di Uni Soviet. Hal ini juga menyebabkan banyak negara bagian yang ingin memerdekakan diri. Pada 1990, kekuasaan komunis di negara-negara bagian Uni Soviet mulai melemah karena tidak dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Pada 1991 negara-negara bagian mulai melepaskan diri dari Uni Soviet yang ditandai dengan mundurnya Mikhail Gorbachev pada 25 Desember 1991 sekaligus menandai keruntuhan Uni Soviet. 

Dengan demikian, keruntuhan Uni Soviet pada masa pemerintahan Mikhail Gorbachev disebabkan oleh ketidakmampuan sistem komunis untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga menimbulkan pertentangan dan keluarnya negara-negara bagian Uni Soviet menjadi negara merdeka.

0

Roboguru

Kudeta yang terjadi pada 19 Desember 1991 terhadap Mikhail Gorbachev mengalami kegagalan. Tindakan yang dilakukan oleh Gorbachev untuk mempertahankan kekuasaan dari kudeta adalah ….

Pembahasan Soal:

Konsep kebijakan Perestroika dan Glasnost yang dikeluarkan oleh Mikhail Gorbachev mendapatkan reaksi yang pro dan kontra dari berbagai kelompok. Kelompok yang kontra terhadap kebijakan Perestroika ini mengadakan kudeta kepada Gorbachev pada 19 Desember 1991 dan mengalami kegagalan. Dampak dari kegagalan tersebut, Mikhail Gorbachev membubarkan Partai Komunis di Uni Soviet. Pembubaran ini dianggap sah karena Gorbachev menganggap bahwa banyak tokoh partai yang terlibat dalam upaya kudeta terhadap dirinya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved