Roboguru

Jelaskan mengenai Dwi Dharma kabinet Ampera!

Pertanyaan

Jelaskan mengenai Dwi Dharma kabinet Ampera!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pemerintah Orde Baru membentuk sebuah kabinet baru yang diberi nama Kabinet Ampera yang merupakan singkatan dari Kabinet Amanat Penderitaan Rakyat yang selanjutnya diberi tugas untuk menciptakan stabilitas politik dan ekonomi sebagai persyaratan dalam melaksanakan pembangunan nasional. Tugas ini dikenal dengan sebutan ”Dwi Darma Kabinet Ampera”.

Dengan demikian, Dwi Dharma Kabinet Ampera merupakan program untuk menciptakan stabilitas politik dan ekonomi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam bulan April 1965, pemerintah Orde Baru mengeluarkan pernyataan yang menjadi landasan kebijakan ekonomi pemerintah, diantaranya sebagai berikut, kecuali...

Pembahasan Soal:

Kebijakan nasionalisasi ekonomi merupakan program yang dilakukan oleh pemerintahan Orde Lama Presiden Soekarno terhadap perusahaan asing sebagai usaha untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan memberikan kesempatan bagi pengusaha lokal untuk mendapatkan aset dalam waktu yang lebih cepat. Salah satu diantara perusahaan asing yang dinasionalisasi adalah De Javasche Bank  yang kemudian berubah nama menjadi Bank Indonesia, dan berfungsi sebagai bank sentral.


Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah B

0

Roboguru

Bagaimana usaha pemerintah Orde Baru dalam melaksanakan politik bebas aktif Indonesia? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan Soal:

Pemerintahan Orde Baru berupaya menjaga stabilitas politik salah satunya dengan politik luar negeri bebas aktif. Kebijakan politik luar negeri bebas aktif yang diterapkan menjadikan Indonesia mengakhiri konfrontasi dengan Malaysia, kembalinya aktif dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 28 September 1966, dan turut menginisiasi berdirinya Associaton of Southeast Asian Natioan (ASEAN) bersama Malaysia, Singapura, Thailad, Filipina 8 Agustus 1967 di Bangkok.

Dengan Demikian usaha pemerintah Orde Baru dalam melaksanakan politik bebas aktif Indonesia yaitu mengakhiri konfrontasi dengan Malaysia, kembalinya aktif dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), turut menginisiasi berdirinya Associaton of Southeast Asian Natioan (ASEAN).space space

0

Roboguru

Sebagai pemegang mandat Supersemar, Letjen Suharto membentuk Kabinet Ampera sebagai respons terhadap aksi Tritura. Salah satu aspek Tritura yang berkaitan dengan tindakan Letjen Suharto tersebut adala...

Pembahasan Soal:

Tritura adalah tiga tuntutan yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) kepada pemerintahan Orde Lama. Seruan yang dilakukan pada tanggal 12 Januari 1966 ini dilakukan sebagai dampak dari Peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) atau G30S/PKI. Tiga tuntutan dalam Tritura tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya.
  • Perombakan kabinet Dwikora.
  • Turunkan harga pangan.

Situasi politik dan ekonomi yang tidak stabil pada masa Orde Lama dengan banyaknya demonstrasi yang dilakukan mahasiswa dan rakyat membuat Presiden Sukarno untuk mengeluarkan surat perintah pada tanggal 11 Maret 1966. Surat perintah yang selanjutnya disebut sebagai Supersemar ini ditujukan untuk Letjen Suharto. Dalam surat perintah tersebut, Presiden Sukarno memberikan instruksi pada Letjen Suharto untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi sitausi pada saat itu. 

Penunjukan Letjen Suharto sebagai pemegang mandat Supersemar mendorong dirinya untuk membentuk kabinet baru yang bernama Kabinet Ampera I (Amanat Penderitaan Rakyat) pada tanggal 25 Juli 1966. Pembentukan kabinet ini dilakukan sebagai respons terhadap salah satu tuntutan dari Tritura, yaitu perombakan Kabinet Dwikora. Sebelumnya, Letjen Suharto sudah mencopot beberapa menteri dari Kabinet Dwikora yang dituduh terlibat dalam peristiwa G30S/PKI. Ketua dari Kabinet Ampera I adalah Letjen Suharto yang sekaligus menjadi menteri utama bidang pertahanan dan keamanan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Berikut yang tidak termasuk dampak negatif dari menguatnya peran negara dalam bidang politik adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Dampak negatif dari kuatnya peran pemerintah dalam bidang politik Golkar menjadi satu-satunya kekuatan politik yang dominan, presiden memiliki kekuatan besar dalam mengatur pemerintahan dilaksanakannya otonomi daerah menimbulkan banyak gerakan separatis,  pemerintah daerah tidak memiliki kekuasaan untuk mengatur daerahnya sendiri.

0

Roboguru

Apa langkah-langkah yang ditempuh pemerintahan Orde Baru dalam bidang ekonomi?

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia, yang berlangsung dari tahun 1966-1998. Dimana pada awal pemerintahannya, Presiden Soeharto bertekad untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Begitupun dengan membuat berbagai kebijakan maka merujuk kepada cita-cita tersebut. Dalam pemerintahannya masa Orde Baru kebijakan berupakan upaya untuk menata kehidupan politik dan perbaikan kehidupan ekonomi. Kehidupan ekonomi masa awal pemerintahan ini mewarisi kemerosotan ekonomi yang ditinggalkan oleh pemerintahan sebelumnya. Oleh karena itu langka/program dalam bidang ekonomi antara lain:

  1. Program pendek berdasarkan TAP MPRS No. XXIII/MPRS/1966 berkaitan dengan penekanan laju inflasi di Indonesia saat itu. 
  2. Bergabung kembali dengan IMF sehingga Indonesia memperoleh aliran dana dari dunia.
  3. Menerapkan Rencana pembangunan lima tahun (Repelita).
  4. Menerapkan  Revolusi Hijau yakni berkaitan dengan pengembangan teknologii budidaya pertanian

Dengan demikian langkah-langkah yang ditempuh oleh pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi, diantaranya dengan membuat regulasi tentang penekanan laju inflasi, kembali bergabung dengan IMF, menerapkan Repelita dan Revolusi Hijau. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved