Roboguru

Jelaskan mengapa wilayah nomor 1 disebut sebagai wilayah persebaran hewan khas Asiatis dan berikan 3 contoh jenis hewan di wilayah tersebut!

Pertanyaan

Jelaskan mengapa wilayah nomor 1 disebut sebagai wilayah persebaran hewan khas Asiatis dan berikan 3 contoh jenis hewan di wilayah tersebut!

undefined   undefined  

Pembahasan Soal:

Nomor 1 merupakan fauna Indonesia bagian Barat atau tipe Asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Bagian barat Indonesia memang dahulunya menyatu dengan daratan benua Asia sehingga jenis fauna diwilayah tersebut akan sama dengan jenis fauna yang ada di Asia. Contoh jenis hewannya diantaranya Gajah, Tapir, Badak bercula satu, Orang utan dan lainnya.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kawasan fauna oriental memiliki flora dan fauna beraneka ragam. Kondisi berikut yang mendukung kenyataan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kondisi lingkungan fisik wilayah Oriental cukup bervariasi, sebagian besar beriklim tropis sehingga banyak terdapat hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Beberapa fauna khas yang hidup di wilayah Oriental antara lain : Harimau, gajah, gibbon, orang utan, bekantan, monyet, badak bercula satu, menjangan, antelop, tapir, babi rusa.

Jadi, jawaban ynag tepat adalah B

 

Roboguru

Berdasarkan pembagian wilayah biogeografi dunia, hewan yang ada di Indonesia termasuk dalam wilayah fauna ....

Pembahasan Soal:

Alfred Russel Wallace mengelompokkan persebaran fauna di dunia menjadi enam wilayah, yaitu daerah paleartik, neartik, neotropik, etiopia, oriental, dan australis. Pengelompokkan tersebut berdasarkan persamaan dan perbedaan karakteristik pada wilayah tersebut. Adapun pengelompokkan wilayahnya adalah sebagai berikut.

  1. Paleartik, meliputi wilayah-wilayah Benua Eropa, Rusia, Pantai Pasifik Barat bagian utara termasuk Jepang, Laut Mediteran, dan Benua Afrika bagian utara.
  2. Neartik, meliputi wilayah-wilayah Greenland dan Amerika Utara sampai bagian tengah Meksiko.
  3. Neotropik, meliputi sebagian wilayah Meksiko terutama bagian selatan, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan kepulauan-kepulauan di Hindia Barat.
  4. Etiopia, meliputi wilayah-wilayah Benua Afrika sebelah selatan Pegunungan Atlas, kawasan Gurun Sahara, dan ujung selatan Arab Saudi.
  5. Oriental, meliputi Australia dan Asia Tenggara yaitu India, Indocina, Malaysia, dan Indonesia bagian barat.
  6. Australis, meliputi wilayah-wilayah Pulau Papua, Benua Australia, dan Pulau Tasmania.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Roboguru

Sebutkan contoh fauna wilayah oriental!

Pembahasan Soal:

Zona oriental atau zona asiatik tersebar di kawasan Asia, khususnya Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Zona oriental melingkupi wilayah yang memiliki iklim tropis, dan terdapat banyak hutan hujan tropis. Contoh fauna yang hidup pada wilayah oriental adalah harimau, gajah, badak bercula satu, beruang madu, dan orang utan. 

Roboguru

Fauna Indonesia yang tergolong Asiatis, meliputi Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali, berada di ....

Pembahasan Soal:

Persebaran fauna di Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi iklim, geologi, fisografis dan juga makhluk hidup. Kawasan Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, berdasarkan sejarah geologinya mengakibatkan fauna yang terdapat di Indonesia dipengaruhi atau memiliki kesamaan dengan yang terdapat di dua kawasan tersebut. Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan salah satu wilayah yang mempunyai tatanan geologi dan pola tektonik yang komplek dimuka Bumi ini. Berdasarkan tinjauan zoologi, Indonesia mempunyai perbedaan jenis fauna antara bagian barat (Tipe Asiatis), tengah (Tipe Peralihan), dan timur (Tipe Australis). Bersamaan dengn itu, di wilayah Indonesia juga menunjukan adanya perbedaan perkembangan tektonik yang menonjol antara Indonesia bagian  barat dan bagian timur. Wilayah barat termasuk ke dalam Paparan Sunda, wilayah tengah termasuk Paparan Antara, dan wilayah timur termasuk ke dalam Paparan Sahul.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

Roboguru

Nama-nama hewan : (1) gajah (2) banteng (3) komodo (4) rusa (5) orang utan Hewan asli di wilayah Indonesia bagian barat (Asiatis) terdapat pada angka ….

Pembahasan Soal:

Pembagian zona persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga zona, sebagai berikut :

  • Indonesia bagian barat meliputi daerah Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, contoh hewannya adalah: orang utan, badak bercula satu, gajah, harimau sumatra, banteng.
  • Indonesia bagian tengah meliputi daerah Sulawesi, contoh hewannya adalah: anoa, komodo, babi rusa, burung maleo.
  • Indonesia bagian timur meliputi daerah Papua, dan sekitarnya, contoh hewannya adalah: burung kasuari, koala, kangguru, tikus berkantung.

Oleh karena itu jawaban yang tepat sesuai pembagian zona diatas adalah pernyataan (1), (2), dan (5).

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved