Roboguru

Jelaskan mengapa penggunaan zat kimia kolkisin dapat menyebabkan mutasi!

Pertanyaan

Jelaskan mengapa penggunaan zat kimia kolkisin dapat menyebabkan mutasi!space

Pembahasan Soal:

Kolkisin merupakan alkaloid yang mempunyai makrotubula, sehingga salah satu efeknya adalah menyebabkan penggandaan jumlah kromosom tanaman (terbentuk tanaman poliploidi) sehingga menyebabkan mutasi kromosom. Penggunaan kolkisin pada buah-buahan dapat menghambat kerja mikrotubulus pada waktu pemisahan kromatid di anafase. Kromatid terbawa ke salah satu kutub dan terbentuk poliploidi sehingga buah-buahan tersebut memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dan meningkatkan efektivitas dalam bercocok tanam.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Biji jambu batu yang direndam dalam kolkisin mengalami perubahan jumlah kromosom yang berlipat ganda disebut ....

Pembahasan Soal:

Kolkisin merupakan senyawa kimiawi yang dapat menghambat pembentukan benang spindel, jika selama pembelahan tidak terbentuk benang spindel maka akan menyebabkan kromosom mengalami gagal berpisah. Gamet yang mengalami gagal berpisah akan menghasilkan sel anakan 2n dan 0. Jika gamet 2n disilangkan dengan tanaman normal, hasil anakannya adalah individu 3n, atau triploid. Tanaman triploid hingga poliploid mengalami pertumbuhan lebih tinggi dari biasanya seperti ukuran tanamannya yang lebih besar, tetapi fertilitasnya berkurang.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Bagaimanakah cara membuat tanaman buah-buahan poliploid?

Pembahasan Soal:

Poliploid merupakan organisme yang memiliki lebih dari sepasang set kromosom (3n, 4n, 5n, 6n, dst). Tanaman poliploid dapat dibuat dengan cara:

  1. Induksi kolkisin, yang dapat menghalangi pembentukan gelendong pembelahan dan menghambat terjadinya anafase, sehingga kromosom yang telah mengganda tidak berpisah ke kutub yang berlawanan.
  2. Pemaparan suhu tinggi pada tanaman jagung.
  3. Dekapitasi atau pemotongan tunas pada tanaman tomat.
  4. Mengawinkan tanaman tersebut dengan tanaman dari spesies lain sehingga menghasilkan hibrida (alopoliploid). space 

0

Roboguru

Keadaan sel yang memiliki jumlah kromosom lebih dari dua set disebut ....

Pembahasan Soal:

Poliploidi merupakan keadaan organisme yang memiliki perangkat kromosom lebih dari dua, misalnya: tetraploidi, heksaploidi, oktaploidi, dan sebagainya. Triploidi merupakan keadaan kromosom organisme yang memiliki 3 perangkat kromosom (3n) dalam sel somatisnya. Individu triploidi bersifat steril. Tetraploidi, yaitu bila organisme memiliki 4 perangkat kromosom (4n) dalam sel somatiknya. Individu tetraploidi biasanya bersifat fertil (subur atau mampu menghasilkan keturunan). 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Saat ini, banyak dipasarkan buah-buahan yang berukuran lebih besar, tanpa biji, dan rasanya lebih manis. Buah-buahan tersebut merupakan hasil mutasi buatan yang menyebabkan perubahan jumlah kromosom y...

Pembahasan Soal:

Poliploid merupakan suatu kondisi di mana makhluk hidup tertentu memiliki lebih dari dua perangkat kromosom. Buah poliploid merupakan salah satu contoh hasil mutasi buatan yang menguntungkan bagi manusia. Contoh buah poliploid antara lain semangka tanpa biji dan anggur tanpa biji yang dibuat dengan cara merendam benih yang akan ditanam dengan cairan kolkisin. Kolkisin ini akan menghalangi pembentukan benang spindle saat proses pembelahan sel sehingga hasil pembelahan sel tersebut mengalami kelipatan jumlah kromosom atau dapat disebut sebagai poliploid.

Tanaman poliploid memiliki kromosom lebih banyak tetapi ukuran kromosom lebih kecil. Tanaman tampak lebih kekar, ukuran sel lebih besar, bagian-bagian tanaman lebih besar, stomata lebih besar, daun menjadi lebih tebal dengan warna lebih hijau, ukuran bunga lebih besar tetapi waktu berbunga menjadi lebih lama, daya fertilitas berkurang, serta kurang tahan terhadap serangan penyakit dan perubahan lingkungan.

Buah poliploid umumnya berbentuk lebih besar dan tanpa biji. Bagi petani, buah ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Namun disisi lain, buah tanpa biji ini merugikan bagi tumbuhan itu sendiri karena tidak dapat melakukan reproduksi generative dengan biji karena tidak terbentuknya biji di dalam buah. Buah poliploid ini aman untuk dikonsumsi oleh manusia karena tidak ada penyisipan genetik yang membuat manusia yang mengkonsumsi buah ini mengalami alergi seperti yang terjadi pada kasus buah transgenik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Biji semangka yang direndam larutan kolkisin mengalami perubahan kromosom yang berlipat ganda. Perubahan jumlah kromosom ini disebut ....

Pembahasan Soal:

Individu yang memiliki set kromosom 3n ke atas lebih sering disebut poliploid. Pada poliploid, mutagen yang sering digunakan yaitu kolkisin, digitonin, dan sinar radioaktif. Tumbuhan dengan poliploid sering hidup sehat bahkan  ada yang memiliki karakter unggul (superior) daripada tanaman normal (diploid).  Dengan demikian, perubahan jumlah kromosom tersebut disebut poliploid.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah A.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved