Roboguru

Jelaskan mekanisme sistem ekskresi pada insekta!

Pertanyaan

Jelaskan mekanisme sistem ekskresi pada insekta!

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi pada insekta melibatkan trakea, usus, dan pembuluh malpighi. Trakea melakukan ekskresi dengan mengeluarkan karbon dioksida. Pembuluh malpighi adalah pembuluh yang pangkalnya menempel pada usus. Mekanisme ekskresi yang melibatkan pembuluh malpighi dimulai dari masuknya cairan dan zat zat seperti sampah nitrogen dari hemolimfa ke dalam pembuluh malpighi. Zat ini lalu diteruskan hingga masuk ke usus, pada usus terjadi penyerapan ulang air dan zat yang masih dapat digunakan, sisanya diendapkan menjadi kristal asam urat yang di ekskresikan bersama feses. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

P. Santika

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan dengan seksama informasi yang terkandung di gambar berikut ini.    Berdasarkan informasi yang tertera pada gambar di atas, sistem ekskresi tersebut dimiliki oleh hewan ...

Pembahasan Soal:

Proses pengeluaran zat sisa metabolisme, seperti urea, CO2, dan ion Na+ dinamakan sistem ekskresi. 

Hewan invertebrata yang organ ekskresinya lebih sederhana. Dibanding vertebrata yang punya banyak organ ekskresi, invertebrata hanya punya satu organ ekskresi. Selain itu, organ ekskresi antara invertebrata satu dengan lainnya juga berbeda. Kalau punya organ ekskresi yang berbeda, pasti proses ekskresi yang dilakukannya juga berbeda. Salah satu hewan invertebrata yang akan dibahas adalah belalang.

Organ ekskresi pada belalang adalah pembuluh malpighi. Organ ini berbentuk seperti kumpulan benang halus yang berwarna putih kekuningan dan melekat pada dinding usus. Proses ekskresi pada belalang dimulai ketika hemolimfa, yaitu cairan untuk keperluan sirkulasi melewati pembuluh malpighi.

Saat itu pula, terjadi proses pemindahan urea, sampah nitrogen, ion K, Cl, dan air dari hemolimfa ke pembuluh malpighi. Selanjutnya, air dan zat yang masih berguna bagi tubuh, seperti ion K, Cl, dan air diserap kembali di rektum untuk diedarkan ke seluruh tubuh oleh hemolimfa, sedangkan zat yang mengandung sampah nitrogen akan diendapkan sebagai kristal asam urat yang nantinya akan dikeluarkan bersama feses melalui anus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah Eundefined 

Roboguru

Tubulus malpighi pada serangga berfungsi sebagai alat . . . .

Pembahasan Soal:

Alat ekskresi serangga adalah tubulus malpigh. Tubulus malphigi merupakan tabung kecil dan panjang yang berfungsi sebagai alat pengeluaran seperti ginjal pada vertebrata, jumlahnya berkisar dari dua sampai beberapa ratus. Tubulus malpighi ditemukan di daerah posterior serangga, tubulus malpighi bekerja dengan kelenjar dalam rektum untuk mengeluarkan limbah dan menjaga keseimbangan osmotik. Tubulus Malpighi menghilangkan limbah dari serangga dengan memproduksi urin dan limbah nitrogen padat, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Mengapa sisa nitrogen pada insecta tidak dikeluarkan semua dari tubuh?

Pembahasan Soal:

Nitrogen merupakan salah satu zat metabolisme yang dibuang dari tubuh serangga melalui organ ekskresi.  Organ ekskresi serangga berupa pembuluh malphigi. Pada saat proses ekskresi, tidak seluruh nitrogen dikeluarkan dari tubuh serangga. Sebagian nitrogen akan diserap kembali untuk membentuk kitin pada eksoskeleton dan dikeluarkan pada saat proses pengelupasan atau molting.undefined 

Roboguru

Di bawah ini adalah hewan yang mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam bentuk asam urat, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Kelompok hewan yang mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam bentuk asam urat adalah serangga, reptil, dan aves. Pada ekskresi serangga, nitrogen yang merupakan zat sisa akan diubah ke dalam bentuk asam urat oleh tubulus Malphigi dan dikeluarkan dalam bentuk pasta putih melalui tubuh serangga. Hewan kelompok reptil juga mengekskresikan asam urat sebagai limbah nitrogen utama. Ekskresi pada aves mirip dengan ekskresi pada serangga, yaitu mengeluarkan limbah nitrogen dalam bentuk asam urat dan dikeluarkan dalam bentuk pasta putih. Berdasarkan pilihan diatas, hewan yang tidak termasuk dalam ketiga kelompok hewan tersebut adalah tikus. Tikus merupakan hewan kelompok mamalia.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Berikut adalah organ ekskresi belalang! Pernyataan yang tepat mengenai bagian X adalah …

Pembahasan Soal:

Organ ekskresi belalang adalah tubulus malphigi yang bersambungan dengan sistem pencernaan belalang di bagian midgut. Bagian yang diberi tanda X adalah tubulus malphigi yang merupakan tempat menyaring hemolimfa. Hasil penyaringan hemolimfa adalah urin primer yang mengandung ion K+, ion negatif, air, glukosa, asam amino, dan ion urat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved