Roboguru

Jelaskan mekanisme peredaran darah pada manusia!

Pertanyaan

Jelaskan mekanisme peredaran darah pada manusia!undefined 

Pembahasan Soal:

Sistem peredaran darah manusia termasuk peredaran darah tertutup artinya darah dialirkan melalui pembuluh darah. Peredaran darah manusia disebut dengan sistem peredaran darah ganda artinya darah mengalir/beredar di seluruh tubuh dengan melewati jantung sebanyak 2 kali. Sehingga terdapat 2 aliran darah yaitu:

  1. Sistem Peredaran Darah Kecil. Sistem peredaran darah dari jantung ke paru-paru kembali lagi ke jantung. Darah kaya karbon dioksida dipompa melalui bilik kanan jantung kemudian dialirkan melalui arteri pulmonalis ke paru-paru untuk pertukaran gas oksigen. Darah yang kaya oksigen kembali ke jantung melalui vena pulmonalis ke serambi kiri.
  2. Sistem Peredaran Darah Besar. Sistem peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh kembali lagi ke jantung. Darah kaya oksigen dari bilik kiri jantung dialirkan melalui pembuluh aorta ke seluruh tubuh manusia. Darah yang kaya oksigen berubah menjadi kaya karbon dioksida, kemudian kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan.

 undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Putri

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar peredaran darah berikut! Urutan aliran darah yang mengandung banyak karbon dioksida pada tubuh manusia ditunjukkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Darahnya banyak mengandung karbon dioksida. Umumnya terletak dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis. Pada gambar tersebut pembuluh vena digambarkan dengan aliran berwarna biru. Maka aliran yang tepat 6 - 1 - 2 - 5 dan 7 - 1 - 2 - 5 yang membawa karbondioksida.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space space   

0

Roboguru

Urutan peredaran darah yang benar adalah ...

Pembahasan Soal:

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsinya masing-masing. Sistem organ ini memiliki tugas utama untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh. Adapun mekanisme sebagai berikut : bilik kiri - serambi kiri - paru-paru - bilik kanan - serambi kanan - seluruh tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

 

0

Roboguru

Sistem peredaran darah ganda pada manusia dan mamalia lainnya dibagi menjadi 2, yaitu...

Pembahasan Soal:

Pada manusia sistem peredaran darahnya bersifat ganda. Hal ini karena darah beredar didalam pembuluh darah dan dalam satu kali beredar darah melewati jantung sebanyak 2 kali. Sistem peredaran darah ganda dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan arah aliran darahnya, yaitu sistem peredaran darah kecil atau pulmonalis dan juga ada peredaran darah besar atau sistemik. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Jelaskan proses peredaran darah yang terjadi pada tubuh manusia!

Pembahasan Soal:

Sistem peredaran darah pada manusia adalah sistem peredaran darah tertutup dan rangkap. Peredaran darah tertutup, artinya darah mengalir atau beredar melalui pembuluh darah di dalam tubuh manusia. Peredaran darah rangkap berarti dalam satu kali peredarannya, darah melalui jantung dua kali. Sistem peredaran darah rangkap terdiri atas peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.undefined 

  • Peredaran darah kecil: Jantung (bilik kanan) → arteri pulmonalis → paru-paru → vena pulmonalis → jantung (serambi kiri).
  • Peredaran darah besar: Jantung (bilik kiri) → arteri besar (aorta) → seluruh tubuh → vena cava inferior dan superior → jantung (serambi kanan).

1

Roboguru

Apa perbedaan antara sistem peredaran darah kecil dengan sistem peredaran darah besar?

Pembahasan Soal:

Terdapat perbedaan antara sistem peredaran besar dan kecil, diantaranya, pertama, Aliran darah sistem peredaran besar menuju ke seluruh tubuh, sedangkan peredaran darah kecil menuju paru-paru. Kedua, yang bertugas memompa darah pada peredaran darah besar adalah bilik kiri, sedangkan pada peredaran kecil adalah bilik kanan. Ketiga, dalam peredaran darah besar, darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kanan, sedangkan dalam peredaran kecil darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kiri.undefined  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved