Roboguru
SD

Jelaskan mekanisme pembentukan urin pada manusia!

Pertanyaan

Jelaskan mekanisme pembentukan urin pada manusia!

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ginjal tersusun atas unit-unit penyaring darah yang disebut nefron, terletak pada korteks ginjal. Ginjal juga memiliki saluran keluar dan masuknya darah dan satu saluran yang membawa urin hasil pemrosesan ke kandung kemih. Tahapan proses ekskresi yang terjadi dalam ginjal adalah sebagai berikut:

  1. Pembuluh kapiler membawa darah masuk ke dalam glomerulus, kemudian sebagian plasma darah berdifusi menuju kapsula Bowman. Struktur glomerulus yang dilingkupi kapsula Bowman ini disebut badan Malphigi, dan prosesnya disebut filtrasi. Beberapa molekul penting yang masih dapat dipakai seperti glukosa dan asam amino masih bisa lolos, akan tetapi molekul berukuran besar seperti protein tidak lolos. Urin yang dihasilkan dari proses filtrasi disebut urin primer
  2. Urin primer mengalir menuju tubulus kontortus proksimal untuk melalui tahapan reabsorbsi senyawa-senyawa yang masih dapat digunakan seperti asam amino dan glukosa. Pada tahapan ini mineral dan air juga dapat diserap kembali.
  3. Urin sekunder masih melewati tahapan augmentasi zat-zat sisa dan mineral serta penambahan air di tubulus kontortus distal yang lokasinya kembali di korteks ginjal. Hasil augmentasi tersebut disebut urin sesungguhnya atau urin final. Tahapan osmoregulasi ini juga diatur oleh hormon antidiuretik.
  4. Urin final dikumpulkan ke duktus kolektivus yang tertambat pada bagian pelvis ginjal untuk dialirkan ke kandung kemih (vesika urinaria).undefined 

89

4.7 (7 rating)

Pertanyaan serupa

Gambarlah struktur ginjal manusia dan berilah keterangan nama bagian - bagiannya. Jelaskan pula pada bagian - bagian mana terjadi proses pembentukan urine!

812

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia