Roboguru

Jelaskan manfaat pembelahan sel secara mitosis dan meiosis!

Pertanyaan

Jelaskan manfaat pembelahan sel secara mitosis dan meiosis!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Manfaat sel secara mitosis adalah untuk membentuk sel autosom. Sel autosom yang rusak akan diganti melalui pembelahan secara mitosis. Selain itu juga pertumbuhan yang berkaitan dengan volume, tinggi, dan massa memerlukan pembelahan sel secara mitosis. Sedangkan manfaat meiosis yaitu untuk membentuk sel gamet sebagai awal mula perkembangan suatu makhluk hidup.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pembelahan sel berikut! Pembelahan mitosis   Pembelahan meiosis   Lengkapi tabel tentang 5 perbedaan pembelahan mitosis dengan pembelahan meiosis di bawah ini!

Pembahasan Soal:

 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan pembelahan sel mitosis dan meiosis!

Pembahasan Soal:

Perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis, yaitu:

Pembelahan mitosis terjadi di sel tubuh/ autosom, bertujuan untuk pertumbuhan, regenerasi dan penutupan luka, menghasilkan 2 sel anakan, sifat sel anakan persis dengan induknya (2n), pembelahan berlangsung satu kali dengan tahapan interfase - profase - metafase - anafase - telofase - kembali interfase.

Pembelahan meiosis terjadi di sel gamet/ kelamin, bertujuan untuk mengurangi jumlah kromosom pada sel kelamin sehingga individu keturunan memiliki jumlah kromosom yang tetap, menghasilkan 4 sel anakan, sifat sel anakan setengah dari induknya (n), pembelahan berlangsung dua kali dengan tahapan interfase - profase I - metafase I - anafase I - telofase I - inter kinesis -  profase II - metafase II - anafase II - telofase II.space space 

5

Roboguru

Sebutkan macam pembelahan sel!

Pembahasan Soal:

Pembelahan sel terbagi menjadi pembelahan langsung (amitosis) dan pembelahan tidak langsung (mitosis dan meiosis). Pembelahan langsung merupakan pembelahan sel tanpa melalui tahap-tahap pembelahan. Pembelahan langsung disebut juga dengan pembelahan amitosis. Contoh amitosis yaitu pembelahan binner pada bakteri. Pembelahan tidak langsung merupakan pembelahan sel melalui tahap-tahap pembelahan. Pembelahan langsung terdiri atas meiosis dan mitosis. Pembelahan meiosis merupakan pembelahan untuk pembentukan sel gamet misalnya pada proses pembentukan ovum dan sperma. Sedangkan pembelahan mitosis merupakan pembelahan yang terjadi pada sel tubuh yang bertujuan untuk pertumbuhan, regenerasi dan penutupan luka.space space 

0

Roboguru

Pembentukan sel-sel kelamin pada Mammalia jantan melalui pembelahan sel secara. . . .

Pembahasan Soal:

Proses spermatogenesis terjadi dalam beberapa tahapan yang melibatkan pembelahan secara mitosis dan meiosis. Pembelahan mitosis terjadi ketika spermatogonium (sel germinal) membelah membentuk spermatosit primer. Spermatosit primer kemudian mengalami pembelahan meiosis sampai akhirnya dihasilkan spermatid. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan E.

0

Roboguru

Pembentukan sel-sel kelamin pada Mammalia jantan melalui pembelahan sel secara ....

Pembahasan Soal:

Pembentukan sel kelamin jantan disebut sebagai spermatogenesis. Spermatogenesis pada mamalia jantan biasanya terjadi pada testis. Proses spermatogenesis terjadi melalui dua tahapan pembelahan yaitu secara mitosis dan meiosis. Pembelahan mitosis terjadi ketika spermatogonium membelah untuk membentuk spermatosit primer. Sedangkan pada pembelahan meiosis, terjadi pembentukan spermatid dari spermatosit primer. 

Dari informasi tersebut, diketahui bahwa pembentukan sel-sel kelamin pada mammalia jantan terjadi melalui pembelahan sel secara mitosis dan meiosis. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved