Roboguru

Jelaskan Manfaat Ozon Untuk Kehidupan ....

Pertanyaan

Jelaskan Manfaat Ozon Untuk Kehidupan ....  

Pembahasan Soal:

Lapisan ozon merupakan bagian dari lapisan stratosfer yang memiliki beberapa fungsi untuk bumi. Lapisan ozon memiliki peran yang sangat penting, salah satunya adalah menyaring sinar ultraviolet yang berbahaya untuk makhluk hidup di bumi jika berlebihan. 

Ada empat fungsi lapisan ozon untuk kehidupan di bumi, yaitu:

  1. Membantu keseimbangan suhu di bumi untuk mengurangi pemanasan global.
  2. Menyerap radiasi sinar ultraviolet penyebab kanker kulit pada manusia dan hewan. Lapisan ozon dapat menyerap sekitar 98%.
  3. Mencegah sinar ultraviolet ke permukaan bumi agar tidak berlebihan. Sinar UV yang berlebihan dapat membahayakan kehidupan di bumi.
  4. Melindungi bumi dari benda-benda langit. Komet dan meteor dapat jatuh ke mana saja termasuk bumi. Atmosfer yang di dalamnya juga ada lapisan ozon, berfungsi untuk membakar benda langit tersebut agar tidak jatuh ke permukaan bumi secara utuh.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ozon  terdapat di atmosfer pada lapisan...

Pembahasan Soal:

Lapisan Ozon berada pada Lapisan Stratosfer bumi, tepatnya di ketinggian 15-30 km. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bumi dengan menyerap dan menyaring radiasi matahari yang datang ke bumi. Lapisan ozon tersusun atas molekul-molekul bold O subscript bold 3. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet matahari terhadap molekul-molekul oksigen.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Lapisan Stratosfer.

0

Roboguru

Apa pengaruh menipisnya lapisan ozon bagi kehidupan di bumi? Jelaskan

Pembahasan Soal:

Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20-35 km diatas permukaan bumi yang mengandung molekul ozon. Lapisan ozon sangat penting bagi kehidupan karena dapat menyerap radiasi ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi makhluk hidup di bumi. Dampak yang ditimbulkan jika lapisan ozon menipis diantaranya global warming, lapisan ozon yang tipis akan berdampak panas matahari akan lebih banyak masuk ke bumi sehingga akan mengakibatkan mencairnya es di kutub. Lapisan ozon juga melindungi bumi dari radiasi matahari penipisan lapisan ozon mengakibatkan lebih banyak radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya masuk ke permukaan bumi dampaknya akan meningkatkan angka kejadian kanker kulit, penyakit katarak, dan penerunan kekebalan tubuh. space 

0

Roboguru

Lapisan atmosfer ini banyak mengandung ozon yang dapat berfungsi untuk menyaring sinar ultraviolet matahari, disebut lapisan

Pembahasan Soal:

Lapisan ozon sendiri merupakan wilayah konsentrasi tinggi ozon di stratosfer, jaraknya 15 hingga 35 km di atas permukaan Bumi. Ozon adalah lapisan melindungi kita dari radiasi ultraviolet (UV) berbahaya yang dipancarkan matahari. Sebanyak 90% konsentrasi Ozon terdapat di stratosfer di ketinggian 35 - 45 km diatas permukaan bumi.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Letak lapisan ozon yaitu di lapisan …

Pembahasan Soal:

Atmosfer dapat diartikan sebagai selubung gas atau lapisan udara yang menyelubungi bumi. Atmosfer tersusun dari berbagai lapisan, yaitu

  • Troposfer. Lapisan yang paling dekat dengan permukaan bumi, tempat terjadinya fenomena cuaca dan iklim.
  • Stratosfer. Terdapat lapisan ozon yang bermanfaat melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang berlebihan.
  • Mesosfer. Merupakan lapisan yang melindungi bumi dari meteor.
  • Termosfer. Lapisan ini merambatkan atau mereflesikan gelombang radio.
  • Eksosfer. Lapisan terluar dari atmosfer.undefined 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Efek rumah kaca adalah kejadian di mana panas matahari terperangkap di Bumi karena terhalang oleh gas emisi, seperti karbon dioksida pada atmosfer. Gas emisi tersebut sebagian besar berasal dari asap ...

Pembahasan Soal:

Efek rumah kaca merupakan peristiwa alam yang secara normal dapat membuat suhu bumi menjadi hangat dan layak untuk kehidupan. Namun, seiring bertambahnya aktivitas manusia dalam penggunaan bahan bakar fosil menyebabkan kandungan gas berbahaya di atmosfer meningkat, sehingga menyebabkan terganggunya sistem pada efek rumah kaca. Terganggunya sistem pada efek rumah kaca tersebut menyebabkan panas dari matahari yang masuk ke Bumi terperangkap dan tidak dapat dipantulkan ke luar angkasa. Hal tersebut berakibat pada berkurangnya ketebalan lapisan ozon (O3) yang terdapat pada atmosfer bumi. Sebanyak 90% konsentrasi ozon terdapat di lapisan stratosfer dengan ketinggian 35-45 km di atas permukaan bumi, sedangkan sisa 10% terdapat di lapisan troposfer. Lapisan ozon memiliki fungsi untuk mengatur jumlah sinar ultraviolet yang masuk ke Bumi. Jika lapisan ozon ini menipis, maka Bumi akan menerima banyak sinar UV dan dapat meningkatkan suhu pada Bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved