Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan maksud dari pernyataan, "Renaisans Sumeria"?

Jelaskan maksud dari pernyataan, "Renaisans Sumeria"?

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

istilah Renaissannce (bahasa Prancis) berasal dari kata rinascita (bahasa Italia) yang artinya kelahiran kembali. Era kebangkitan Sumeria ( Sumerian Renaissance ) mengacu kepada Mesopotamia kembali dikuasai oleh penduduk asli mereka,yaitu Bangsa Sumeria.

istilah Renaissannce (bahasa Prancis) berasal dari kata rinascita (bahasa Italia) yang artinya kelahiran kembali. Era kebangkitan Sumeria (Sumerian Renaissance) mengacu kepada Mesopotamia kembali dikuasai oleh penduduk asli mereka,yaitu Bangsa Sumeria.

Iklan

Pembahasan

Peradaban kuno di Mesopotamia selatan, pada masa kini di selatan Irak, selama masa Chalcolithic dan Abad Perunggu Awal. Meskipun spesimen-spesimen terawal di daerah ini tidak lebih jauh dari sekitaran tahun 2500 SM, sejarahwan-sejarahwan modern berpendapat bahwa Sumer ditinggali secara permanen dari sekitaran tahun 5500 hingga 4000 SM oleh orang orang non Semit yang berkomunikasi menggunakan Bahasa Sumeria (yang menggunakan nama kota-kota, sungai-sungai, pekerjaan, dsb. Sebagai bukti orang orang prasejarah yang penuh dugaan tersebut dewasa ini disebut sebagai "orang proto-Efrat" atau "Orang Ubaid",yang diduga berevolusi dari kebudayaan Samarradari Mesopotamia Utara (Assyria). Orang-orang Ubaid ini (meskipun tidak pernah disebut oleh orang Sumeria sendiri) menurut asumsi cendikiawan modern adalah peradaban yang kokoh perdana di daerah Sumer, mengeringkan rawa-rawa untuk keperluan bercocok tanam, mengembangkan perdagangan, dan membangun industri, termasuk diantaranya tenunan, kerajinan kulit, besi, pertukangan batu dan kerajinan tembikar Dengan demikian, istilah Renaissannce (bahasa Prancis) berasal dari kata rinascita (bahasa Italia) yang artinya kelahiran kembali. Era kebangkitan Sumeria ( Sumerian Renaissance ) mengacu kepada Mesopotamia kembali dikuasai oleh penduduk asli mereka,yaitu Bangsa Sumeria.

Peradaban kuno di Mesopotamia selatan, pada masa kini di selatan Irak, selama masa Chalcolithic dan Abad Perunggu Awal. Meskipun spesimen-spesimen terawal di daerah ini tidak lebih jauh dari sekitaran tahun 2500 SM, sejarahwan-sejarahwan modern berpendapat bahwa Sumer ditinggali secara permanen dari sekitaran tahun 5500 hingga 4000 SM oleh orang orang non Semit yang berkomunikasi menggunakan Bahasa Sumeria (yang menggunakan nama kota-kota, sungai-sungai, pekerjaan, dsb. Sebagai bukti orang orang prasejarah yang penuh dugaan tersebut dewasa ini disebut sebagai "orang proto-Efrat" atau "Orang Ubaid", yang diduga berevolusi dari kebudayaan Samarradari Mesopotamia Utara (Assyria). Orang-orang Ubaid ini (meskipun tidak pernah disebut oleh orang Sumeria sendiri) menurut asumsi cendikiawan modern adalah peradaban yang kokoh perdana di daerah Sumer, mengeringkan rawa-rawa untuk keperluan bercocok tanam, mengembangkan perdagangan, dan membangun industri, termasuk diantaranya tenunan, kerajinan kulit, besi, pertukangan batu dan kerajinan tembikar

Dengan demikian, istilah Renaissannce (bahasa Prancis) berasal dari kata rinascita (bahasa Italia) yang artinya kelahiran kembali. Era kebangkitan Sumeria (Sumerian Renaissance) mengacu kepada Mesopotamia kembali dikuasai oleh penduduk asli mereka,yaitu Bangsa Sumeria.

Latihan Bab

Peradaban Mesopotamia

Peradaban Mesir Kuno

Peradaban Yunani Kuno

Peradaban India Kuno

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Istilah Kebangkitan Kembali Sumeria (Sumerian Renaissance) mengacu pada kenyataan berikut, yaitu . . . .

2rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia