Roboguru

Jelaskan makna yang ada dalam puisi tersebut!

Pertanyaan

Jelaskan makna yang ada dalam puisi tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Setiap puisi mengandung berbagai makna dan maksud yang sengaja dituangkan oleh penulis melalui kata-kata yang indah. Pada bait pertama di puisi tersebut menggambarkan sebuah kebahagiaan yang hilang berganti menjadi kenangan dan memuat saran sekaligus larangan agar kiranya kita tidak berlarut dalam kesedihan yang begitu lama karena kebahagiaan akan selalu datang. Sedangkan, pada bait kedua hampir sama dengan isi bait sebelumnya yaitu perihal kepedihan yang segera ingin ditinggalkan dan harapan agar kebahagiaan segera datang.

Dengan demikian, puisi tersebut memiliki makna agar kita tidak larut dalam kesedihan karena kebahagiaan akan selalu datang.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan simpulan isi pantun tersebut!

Pembahasan Soal:

Pantun merupakan salah satu bentuk puisi lama Indonesia yang tiap bait biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak a-b-a-b.

Isi pantu terletak pada bari ketiga dan keempat yaitu:

Jadi orang jangan suka dengki

Nanti kamu dijauhi teman.

Simpulan pantun di atas adalah kita tidak boleh merasa dengki kepada orang lain, karena jika suka dengki kepada orang lain maka teman-teman akan menjauhi kita.

Dengan demikian, dapat disimpulkan simpulan isi pantun tersebut adalah kita tidak boleh merasa dengki kepada orang lain, karena jika suka dengki kepada orang lain maka teman-teman akan menjauhi kita.space 

Roboguru

Larik-larik puisi tersebut menggunakan kalimat…

Pembahasan Soal:

Larik-larik puisi di atas menggunakan kalimat larangan. Kalimat larangan merupakan sebuah kalimat larangan kepada seseorang agar tidak melakukan sesuatu. Kalimat larangan biasanya ditandai dengan kata janganlah, hindari. Kalimat larangan yang terdapat pada larik di atas adalah larangan untuk jangan menunda pekerjaan dan menyia-nyiakan waktu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Perhatikan kutipan puisi rakyat berikut! Tanah liat bisa jadi bejana Bisa juga dibuat jadi gelas Janganlah mengejar Fatamorgana Seharusnya kejarlah yang jelas   Saat bertemu teman ucapkan salam Agar s...

Pembahasan Soal:

Puisi rakyat di atas terdiri atas dua bait. Kedua bait puisi rakyat di atas memuat kalimat larangan. Kalimat larangan adalah kalimat yang berisi larangan agar orang lain tidak melakukan suatu perbuatan. Kalimat larangan yang terdapat pada kedua bait di atas berjumlah dua, yakni pada larik ketiga bait pertama dan larik ketiga pada bait kedua. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Jelaskan pesan yang terkandung dalam kutipan syair di atas!

Pembahasan Soal:

Jenis puisi lama yang berasal dari Persia adalah syair. Syair masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya agama Islam ke Indonesia. Istilah atau kata syair berasal dari bahasa Arab, yaitu syi’ir atau syu’ur yang mempunyai arti “perasaan yang menyadari”.

Ciri-ciri syair, yaitu:

  1. Dalam setiap bait terdiri dari 4 baris.
  2. Dalam setiap baris terdiri dari 8-14 suku kata.
  3. Syair bersajak a-a-a-a.
  4. Dalam setiap baris adalah isi.
  5. Bahasa yang digunakan biasanya berupa bahasa kiasan.

Pesan yang terkandung dalam syair di atas adalah hadapilah sesuatu sewajarnya baik itu kesedihan, kebahagiaan, maupun cobaan karena Tuhan memberikan sesuatu sesuai dengan kemampuan kita.

Dengan demikian, pesan yang terkandung dalam syair di atas adalah hadapilah sesuatu sewajarnya baik itu kesedihan, kebahagiaan, maupun cobaan karena Tuhan memberikan sesuatu sesuai dengan kemampuan kita.space 

Roboguru

Perhatikan kutipan puisi rakyat berikut! Tanah liat bisa jadi bejana Bisa juga dibuat jadi gelas Janganlah mengejar Fatamorgana Seharusnya kejarlah yang jelas Kalimat larangan pada bait di atas terda...

Pembahasan Soal:

Kalimat larangan adalah kalimat yang berisi larangan agar orang lain tidak melakukan suatu perbuatan. Kalimat larangan ditandai oleh kata jangan dan hindari. Kalimat larangan pada bait di atas terdapat pada larik ketiga, yakni Janganlah mengejar Fatamorgana. Kalimat di atas merupakan kalimat larangan yang ditandai dengan kata janganlah. Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved