Roboguru

Jelaskan lima lembaga dasar dalam masyarakat yang kompleks!

Pertanyaan

Jelaskan lima lembaga dasar dalam masyarakat yang kompleks! 

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial adalah seperangkat norma (aturan/tata cara) yang mengatur perilaku/tindakan individu dalam kehidupan bermasyarakat. Seperangkat norma dimaksud dibentuk oleh masyarakat sendiri sehingga dapat dipertahankan dan diubah tergantung kebutuhan masyarakat itu sendiri. Norma-norma tersebut pada dasarnya tersusun dengan saling terkait dan mempengaruhi satu sama lainnya guna mempertahankan fungsionalitas dan stabilitas keseluruhan masyarakat.

Terdapat beberapa jenis lembaga sosial yang memiliki peran masing-masing. Setiap lembaga sosial memiliki tugas dan aturan yang berbeda. Beberapa lembaga sosial diantaranya sebagai berikut:

  1. Lembaga Keluarga. Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial paling mendasar yang membentuk peradaban kehidupan manusia. Lembaga keluarga memiliki tiga fungsi utama dalam masyarakat yaitu fungsi reproduksi, afeksi dan sosialisasi. 
  2. Lembaga Pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan sebuah lembaga yang memiliki fokus terhadap pendidikan. Lembaga ini menjadi sarana dan tempat belajar mengajar yang anggotanya dididik untuk menjadi seorang individu yang lebih baik. Interaksi antar anggota yang terjadi dalam lembaga pendidikan membuat lembaga tersebut berperan secara baik. 
  3. Lembaga Ekonomi. Lembaga ekonomi adalah lembaga yang mengatur berjalannya proses produksi, distribusi dan konsumsi. Lembaga ekonomi memiliki fungsi yang sangat krusial bagi keberlangsungan hidup manusia. Salah satu fungsi utama dari lembaga ekonomi yaitu memastikan terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat secara luas.
  4. Lembaga Agama. Lembaga agama merupakan bagian dari praktik kepercayaan masyarakat yang terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan peradaban. Adapun fungsi utama dari keberadaan lembaga agama bagi masyarakat yaitu sebagai pedoman hidup yang mengatur tata cara hubungan manusia dengan sesamanya, manusia dengan lingkunganya serta manusia dengan Tuhan-nya.
  5. Lembaga Politik. Lembaga politik merupakan lembaga yang secara khusus memiliki wewenang untuk menjalankan kekuasaan pada wilayah tertentu. Dalam hal ini, pemerintah merupakan salah satu alat lembaga politik yang secara sah dapat menjalankan wewenangnya. Tujuan dari keberadaan lembaga politik diantaranya yaitu menegakkan kedaulatan dan keadilan serta memastikan pelayanaan sosial bagi para warganya. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bertalian dengan keluarga sebagai lembaga sosial, dalam prosesnya melalui pernikahan (perkawinan). Larangan perkawinan yang dimiliki oleh semua agama dan adat istiadat masyarakat Indonesia adalah apab...

Pembahasan Soal:

Perkawinan tidak boleh dilangsungkan apabila terjadi perkawinan sumbang yang disebut incest,yaitu perkawinan sedarah antara kakak beradik, atau orangtua dengan anaknya. Larangan perkawinan ini berlaku secara umum, baik secara adat istiadat maupun secara biologis dapat beresiko pada tumbuh kembang anak kelak. space space

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Pemikiran John Lewis Gillin dan John Philip Gillin mengenai tipe-tipe lembaga sosial lahir dari ketertarikan terhadap kajian manusia dan aturan hukum.

Pembahasan Soal:

John Lewis Gillin adalah sosiolog Amerika yang tertarik pada bidang kriminologi dan penologi, yaitu ilmu tentang kejahatan sebagai gejala sosial dan ilmu tentang hukuman tindak pidana kejahatan. Berbeda dengan ayahnya, John Philip Gillin dikenal sebagai antropolog pernah menjadi kontributor pada kemajuan teori budaya untuk pemahaman yang lebih baik tentang perilaku manusia. Ketertarikan mereka terhadap kajian manusia dan aturan hukum telah membawa mereka untuk mencetuskan pemikirannya mengenai tipe-tipe lembaga sosial. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Sebutkan jenis-jenis lembaga sosial!

Pembahasan Soal:

Jenis-jenis Lembaga Sosial :

  • Lembaga keluarga : Dapat dikatakan bahwa yang paling dasar ialah lembaga keluarga yang terdiri dari keluarga inti dengan anggotanya ayah, ibu dan anak-anak.keluarga merupakan suatu lembaga sosial pertama yang akan dimasuki tiap-tiap orang sejak lahir.
  • Lembaga pendidikan : Lembaga ini merupakan suatu lembaga yang berorientasi pada pendidikan, tempat belajar dan juga mengajar, dimana anggotanya dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi
  • Lembaga Agama : Lembaga ini merupakan suatu lembaga yang berkaitan dengan agama tertentu serta juga anggotanya mempunyai keyakinan terhadap agama yang sama.
  • Lembaga Kesehatan : Lembaga ini berorientasi kepada pelayanan kesehatan serta tujuannya iialah untuk menjadikan seluruh masyarakat itu dapat selalu sehat secara mental maupun fisik.
  • Lembaga politik : Lembaga politik biasanya merupakan lembaga di dalam masyarakat yang berkaitan dalam menangani masalah yang berhubungan dengan tata tertib, aturan serta juga administrasi tertentu.
  • Lembaga budaya : Lembaga ini di masyarakat termasuk kedalam lembaga yang penting disebabkan karena membantu masyarakat untuk dapat mengembangkan serta melestarikan budaya yang ada, seni serta lingkungan yang ada di sekitarnya.
  • Lembaga ekonomi : Lembaga ekonomi merupakan lembaga dalam masyarakat yang berhubungan dengan masalah ekonomi serta mempunyai tujuan supaya kebutuhan ekonomi dalam masyarakat itu dapat terpenuhi dengan baik.
  • Lembaga hukum : Lembaga hukum merupakan suatu lembaga yang mengatur mengenai tata tertib dalam masyarakat serta juga memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan.undefined 
Roboguru

Salah satu aspek pranata budaya adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam sudut pandang sosiologi pranata dapat ditelusuri melalui kerangka kelembagaan. Pranata ini erat kaitannya dengan kondisi suatu lokalitas. Artinya pranata budaya daerah A tentunya akan berbeda dengan daerah B. Adapun definisi budaya itu sendiri merupakan hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Budaya ini diartikan sebagai sesuatu yang kompleks mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, adat istiadat dan lain sebagainya. Biasanya pranata budaya ini dianggap sebagai sesuatu yang penting dan dijalani

 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Pada masa sekarang, peranan lembaga-lembaga politik, ekonomi dan pendidikan semakin berkembang, sementara peranan keluarga semakin menurun. Deskripsikan pendapat kalian mengenai hal tersebut!

Pembahasan Soal:

    Lembaga sosial adalah suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting, atau secara formal, lembaga adalah sekumpulan kebiasaan dan tata kelakuan yang berkisar pada suatu kegiatan pokok manusia.

    Peran lembaga sosial adalah aktivitas yang dilakukan berdasarkan status masing-masing yang dimiliki seorang individu atau kelompok, dalam suatu sistem hubungan sosial yang terorganisir atau teratur yang memperlihatkan adanya nilai-nilai, norma, peraturan, peran-peran dan caracara berhubungan satu sama lain, yang diatur bersama guna memenuhi kebutuhan manusia dalam suatu masyarakat tertentu, yang tujuannya untuk bisa melakukan kontrol terhadap setiap anggota.

    Dalam masyarakat Indonesia yang heterogen terdapat berbagai jenis lembaga sosial yang saling berhubungan dan saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Lembaga sosial tumbuh karena kebutuhan masyarakat untuk tujuan mendapatkan keteraturan kehidupan bersama. Jika tidak ada lembaga sosial maka kehidupan di masyarakat akan mengalami kekacauan. Di dalam kehidupan masyarakat terdapat berbagai macam lembaga sosial, antara lain lembaga pendidikan, lembaga keluarga, lembaga politik, lembaga ekonomi dan lainnya.

Jadi, berbagai lembaga sosial di masyarakat memiliki peran atau fungsi masing-masing dalam mengatur kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, lembaga sosial tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. 
 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved