Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan lima lembaga dasar dalam masyarakat yang kompleks!

Jelaskan lima lembaga dasar dalam masyarakat yang kompleks!space space 

Iklan

A. Mutiara

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Lembaga sosial adalah seperangkat norma (aturan/tata cara) yang mengatur perilaku/tindakan individu dalam kehidupan bermasyarakat. Seperangkat norma dimaksud dibentuk oleh masyarakat sendiri sehingga dapat dipertahankan dan diubah tergantung kebutuhan masyarakat itu sendiri. Norma-norma tersebut pada dasarnya tersusun dengan saling terkait dan mempengaruhi satu sama lainnya guna mempertahankan fungsionalitas dan stabilitas keseluruhan masyarakat. Terdapat beberapa jenis lembaga sosial yang memiliki peran masing-masing. Setiap lembaga sosial memiliki tugas dan aturan yang berbeda. Beberapa lembaga sosialdiantaranya sebagai berikut: Lembaga Keluarga. Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial paling mendasar yang membentuk peradaban kehidupan manusia. Lembaga keluarga memiliki tiga fungsi utama dalam masyarakat yaitu fungsi reproduksi, afeksi dansosialisasi. Lembaga Pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan sebuah lembaga yang memiliki fokus terhadap pendidikan. Lembaga ini menjadi sarana dan tempat belajar mengajar yang anggotanya dididik untuk menjadi seorang individu yang lebih baik. Interaksi antar anggota yang terjadi dalam lembaga pendidikan membuat lembaga tersebut berperan secara baik. Lembaga Ekonomi. Lembaga ekonomi adalah lembaga yang mengatur berjalannya proses produksi, distribusi dan konsumsi. Lembaga ekonomi memiliki fungsi yang sangat krusial bagi keberlangsungan hidup manusia. Salah satu fungsi utama dari lembaga ekonomi yaitu memastikan terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat secara luas. Lembaga Agama. Lembaga agama merupakan bagian dari praktik kepercayaan masyarakat yang terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan peradaban. Adapun fungsi utama dari keberadaan lembaga agama bagi masyarakat yaitu sebagai pedoman hidup yang mengatur tata cara hubungan manusia dengan sesamanya, manusia dengan lingkunganya serta manusia dengan Tuhan-nya. Lembaga Politik. Lembaga politik merupakan lembaga yang secara khusus memiliki wewenang untuk menjalankan kekuasaan pada wilayah tertentu. Dalam hal ini, pemerintah merupakan salah satu alat lembaga politik yang secara sah dapat menjalankan wewenangnya. Tujuan dari keberadaan lembaga politik diantaranya yaitu menegakkan kedaulatan dan keadilan serta memastikan pelayanaan sosial bagi para warganya.

Lembaga sosial adalah seperangkat norma (aturan/tata cara) yang mengatur perilaku/tindakan individu dalam kehidupan bermasyarakat. Seperangkat norma dimaksud dibentuk oleh masyarakat sendiri sehingga dapat dipertahankan dan diubah tergantung kebutuhan masyarakat itu sendiri. Norma-norma tersebut pada dasarnya tersusun dengan saling terkait dan mempengaruhi satu sama lainnya guna mempertahankan fungsionalitas dan stabilitas keseluruhan masyarakat.

Terdapat beberapa jenis lembaga sosial yang memiliki peran masing-masing. Setiap lembaga sosial memiliki tugas dan aturan yang berbeda. Beberapa lembaga sosial diantaranya sebagai berikut:

  1. Lembaga Keluarga. Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial paling mendasar yang membentuk peradaban kehidupan manusia. Lembaga keluarga memiliki tiga fungsi utama dalam masyarakat yaitu fungsi reproduksi, afeksi dan sosialisasi. 
  2. Lembaga Pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan sebuah lembaga yang memiliki fokus terhadap pendidikan. Lembaga ini menjadi sarana dan tempat belajar mengajar yang anggotanya dididik untuk menjadi seorang individu yang lebih baik. Interaksi antar anggota yang terjadi dalam lembaga pendidikan membuat lembaga tersebut berperan secara baik. 
  3. Lembaga Ekonomi. Lembaga ekonomi adalah lembaga yang mengatur berjalannya proses produksi, distribusi dan konsumsi. Lembaga ekonomi memiliki fungsi yang sangat krusial bagi keberlangsungan hidup manusia. Salah satu fungsi utama dari lembaga ekonomi yaitu memastikan terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat secara luas.
  4. Lembaga Agama. Lembaga agama merupakan bagian dari praktik kepercayaan masyarakat yang terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan peradaban. Adapun fungsi utama dari keberadaan lembaga agama bagi masyarakat yaitu sebagai pedoman hidup yang mengatur tata cara hubungan manusia dengan sesamanya, manusia dengan lingkunganya serta manusia dengan Tuhan-nya.
  5. Lembaga Politik. Lembaga politik merupakan lembaga yang secara khusus memiliki wewenang untuk menjalankan kekuasaan pada wilayah tertentu. Dalam hal ini, pemerintah merupakan salah satu alat lembaga politik yang secara sah dapat menjalankan wewenangnya. Tujuan dari keberadaan lembaga politik diantaranya yaitu menegakkan kedaulatan dan keadilan serta memastikan pelayanaan sosial bagi para warganya.space space 

Latihan Bab

Mengapa Kita Membutuhkan Lembaga Sosial

Tipe Lembaga Sosial

Lembaga Keluarga

Lembaga Pendidikan

410

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada masa sekarang, peranan lembaga-lembaga politik, ekonomi dan pendidikan semakin berkembang, sementara peranan keluarga semakin menurun. Deskripsikan pendapat kalian mengenai hal tersebut!

829

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia