Roboguru

Jelaskan latar belakang terjadinya perlawanan Ternate !

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang terjadinya perlawanan Ternate !

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Setelah berhasil menguasai Malaka pada 1511, Bangsa Portugis melanjutkan perjalanan ke Maluku. Tujuan utamanya menguasai rempah-rempah di Ternate atau Maluku. Awalnya kedatangan Bangsa Portugis disambut hangat oleh raja dan rakyat Ternate. Bahkan Portugis diberi kesempatan mendirikan benteng dan hak monopoli perdagangan cengkeh. Keserakahan Portugis dan ketentuan harga cengkeh yang terlalu rendah, membuat rakyat Ternate atau Maluku sengsara. Permusuhan antar keduanya pun tidak dapat dihindarkan. Di Ternate, terjadi pertempuran antara tentara Portugis melawan tentara Sultan Hairun dari tahun 1550. Pada tahun 1570, Sultan Hairun dibunuh oleh Portugis. Akibatnya, pengganti Sultan Hairun, yaitu Sultan Baabullah, bersumpah akan terus memusuhi Portugis dan mengepung benteng Portugis di Ternate. Benteng ini berhasil bertahan selama empat tahun, hingga akhirnya tentara Sultan Baabullah berhasil menjebol pertahanan benteng. Portugis tidak dapat mengirim bala bantuan karena Malaka sedang dikepung oleh Kesultanan Aceh.undefined

Dengan demikian, latar belakang terjadinya perlawanan Ternate adalah karena keserakahan Portugis dalam menguasai perdagangan rempah-rempah dan tindakan Portugis yang berbuat sewenang-wenang terhadap rakyat Ternate, disamping itu terdapat sebab khusus perlawanan yaitu terbunuhnya Sultan Hairun oleh Portugis yang mengakibatkan kemarahan dari Sultan Baabullah.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada 1570 perlawanan rakyat Maluku terhadap Portugis semakin menguat. Kondisi ini disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Pembunuhan Sultan Hairun yang dilakukan oleh orang-orang Portugis menjadikan rakyat Ternate semakin marah setelah tindakan monopoli yang dilakukan oleh bangsa tersebut. Untuk menghimpun persatuan melawan Portugis, rakyat mesti memiliki pemimpin yang bisa mengatur rakyat. Maka, Dewan Kerajaan atas dukungan dari rakyat pun memilih Pangeran Baabullah, anak Sultan Hairun yang selanjutnya bergelar Sultan Baabullah Datu Syah, sebagai pemimpin. Kemudian, perang jihad pun diumumkan diseluruh Nusantara Timur. Suku-suku yang berbeda akarnya dipersatukan dengan melupakan persaingan diantara kerjaaan-kerajaan di Indonesia Timur. Hal ini dilakukan semata-mata demi persatuan dalam melawan Portugis.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.space space

Roboguru

Terjadinya perlawanan rakyat Ternate dipimpin oleh Sultan Burhanudin Baabullah melawan Portugis menyebabkan Portugis harus meninggalkan Ternate. latar belakang dari perlawanan tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Setelah berhasil menguasai Malaka pada 1511, Bangsa Portugis melanjutkan perjalanan ke Maluku. Tujuan utamanya menguasai rempah-rempah di Ternate atau Maluku. Awalnya kedatangan Bangsa Portugis disambut hangat oleh raja dan rakyat Ternate. Bahkan Portugis diberi kesempatan mendirikan benteng dan hak monopoli perdagangan cengkeh. Keserakahan Portugis dan ketentuan harga cengkeh yang terlalu rendah, membuat rakyat Ternate atau Maluku sengsara. Permusuhan antar keduanya pun tidak dapat dihindarkan. Di Ternate, terjadi pertempuran antara tentara Portugis melawan tentara Sultan Hairun dari tahun 1550. Pada tahun 1570, Sultan Hairun dibunuh oleh Portugis. Akibatnya, pengganti Sultan Hairun, yaitu Sultan Baabullah, bersumpah akan terus memusuhi Portugis dan mengepung benteng Portugis di Ternate. Benteng ini berhasil bertahan selama empat tahun, hingga akhirnya tentara Sultan Baabullah berhasil menjebol pertahanan benteng. Portugis tidak dapat mengirim bala bantuan karena Malaka sedang dikepung oleh Kesultanan Aceh.

Dengan demikian, latar belakang terjadinya perlawanan Ternate adalah karena keserakahan Portugis dalam menguasai perdagangan rempah-rempah dan tindakan Portugis yang berbuat sewenang-wenang terhadap rakyat Ternate, disamping itu terdapat sebab khusus perlawanan yaitu terbunuhnya Sultan Hairun oleh Portugis yang mengakibatkan kemarahan dari Sultan Baabullah.
 

Roboguru

Ceritakan sejarah perlawanan rakyat Ternate dalam melawan penjajahan Portugis!

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1522 Ternate bersekutu dengan Portugis. Sultan memberi Portugis hak mendirikan benteng dan memonopoli perdagangan cengkeh. Kemudian pada tahun 1529, Ternate berhasil mengalahkan Tidore dengan bantuan tentara Portugis. Yang kemudian naik tahta pada tahun 1540 adalah Sultan Khairun. Awalnya Sultan melakukan hubungan persahabatan dengan Portugis. Penandatanganan persahabatan pun dilaksanakan pada 1565. Namun kemudian, sikap kasar gubernur Portugis yang bernama Tritoa de Altaida, membuat Sultan Khairun memutuskan untuk menyerang Portugis. Benteng Portugis di Ternate berhasil diduduki untuk sementara, sebelum akhirnya dapat direbut kembali oleh Portugis setelah bala bantuan dari pasukan cadangan Portugis dari Malaka. Perlawanan Sultan Khairun dapat dipadamkan oleh Portugis pada 1570. Mereka menipu Sultan Khairun agar datang ke benteng Portugis. Sultan yang tidak menaruh curiga datang pada tanggal 28 Februari dan di sanalah ia ditikam oleh pengawal gubernur Portugis hingga wafat. Sultan Khairun digantikan Sultan Baabullah dan ia melanjutkan perjuangan Khairun. Pada 1575 benteng Portugis di Ternate dapat direbut oleh pasukan Baabullah. Dan dapat mengusir Portugis. 

Dengan demikian perlawanan rakyat Ternate terhadap Portugis dilatarbelakangi oleh tindakan sewenang-wenang dan monopoli perdagangan bangsa Portugis di Maluku sehingga terjadi perlawanan dari Sultan Khairun yang kemudian diteruskan oleh Sultan Baabullah hingga pada akhirnya Portugis terusir dari Ternate.

Roboguru

Jelaskan perlawanan rakyat selama penjajahan Portugis di daerah disertai nama tokoh pahlawannya ...

Pembahasan Soal:

Kedatangan Portugis ke Pulau Banda, Maluku, pada tahun 1512 untuk berdagang pada awalnya disambut baik oleh masyarakat, terlebih dua Kesultanan Islam besar waktu itu yakni Ternate dan Tidore sedang berseteru, sehingga datangnya Portugis seperti angin segar terutama untuk Ternate sehingga bisa membantunya dalam perseteruan dengan Tidore.
Pada masa Sultan Bayanullah, karena telah berjasa membantu Ternate, Portugis diberikan hak untuk memonopoli perdagangan rempah di Maluku. Akan tetapi, selepas wafatnya Sultan Bayanullah pada 1521, Portugis begitu berambisi untuk terus menancapkan kuku kekuasaan politik dan ekonomi mereka, bahkan Portugis telah masuk ke dalam urusan internal kesultanan, terutama dalam pemilihan sultan yang dianggap dapat memberi keuntungan dan dapat diajak kerja sama. Urusan mencampuri politik internal ini, kelak mendapatkan perlawanan keras dari Sultan Khairun. Setelah wafat karena difitnah dan dibunuh pada tahun 1570, anak dari Sultan Khairun yakni Sultan Baabullah yang berambisi besar untuk membalas kematian ayahnya sekaligus mengusir Portugis dari Maluku dan ia berhasil. Tepat pada tahun 1575, kekuatan tempur Sultan Baabullah yang berasal dari seluruh Maluku dan Makassar berhasil menutup akses benteng Portugis dan kemenangan gemilang berhasil didapatkan. 
Setelah peperangan berakhir, pada akhirnya kekuatan Portugis di Maluku melemah. Banyak pasukan Portugis yang melarikan diri ke wilayah lain seperti Pulau Timor dan sisa pasukannya telah bercerai-berai. Hingga akhirnya, kekuasaan Portugis di Maluku hilang sama sekali ketika kehadiran Belanda di Maluku pada tahun 1605, sementara Kesultanan Ternate pun melemah semenjak wafatnya Sultan Baabullah pada tahun 1583.

Dengan demikian, salah satu perlawanan terhadap Portugis adalah Perlawanan Ternate yang mencapai kemenangan gemilangnya di tangan Sultan Baabullah.

Roboguru

Penyebab terjadinya perlawanan terhadap bangsa Portugis adalah ....

Pembahasan Soal:

Portugis mengawali kedatangannya ke Nusantara pada tahun 1511 di Malaka. Kemudian, bangsa Portugis melanjutkan perjalanan ke Maluku. Tujuan utamanya menguasai daerah penghasil rempah-rempah disana. Sikap Portugis yang memaksakan sistem monopoli perdagangan mendapat perlawanan dari rakyat Maluku. Kedudukan Portugis juga semakin mengganggu kedaulatan kerajaan-kerajaan yang ada di Maluku. Pada tahun 1565 muncul perlawanan rakyat Ternate di bawah pimpinan Sultan Hairun.

Dengan demikian, penyebab terjadinya perlawanan terhadap bangsa Portugis adalah sikap mereka yang memaksakan  monopoli perdagangan rempah-rempah.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved